Jangan Letakkan WC di Depan Ruang Tamu, Dampak Buruknya Enggak Main-main!

Sabtu, 24 April 2021 | 08:00
jan bitter/design boom

Toilet

IDEAonline –WC yang diletakkandekat ruang tamumemang sangatpraktis. Tetapiapa posisi ini jugadipandang baikmenurut Feng Shui?

Dewasa ini, desainrumah modern sering menempatkanWC dan kamar mandi di bagian depanrumah. WC ini sengaja disiapkan untuktamu yang berkunjung, agar saat tamuakan ke toilet, ia tidak perlu masuklebih dalam ke rumah.

Ini karenabagian sesudah ruang tamu seringdikonsepkan sebagai ruang pribadiyang tidak untuk dimasuki pihak luar.

Baca Juga: Pernikahannya Sempat Tak Direstui, Terungkap Orang Terdekat yang Mengirim Tanah Kuburan ke Rumah Artis Cantik Ini, Biar Karir Redup!

Baca Juga: Kantongi Ratusan Juta Sekali Manggung, Mantan Luna Maya Ungkap Pernah Khilaf Gelontorkan Uang untuk Berburu Gundam di Jepang, Huniannya Jadi Saksi Bisu Pundi-pundinya

Dilansir dariTabloid RUMAH edisi 95,Dari segi fungsi, rancangan inibisa dibenarkan karena praktis sekali. Tetapi dari pandangan Feng Shui, inisulit diterima.

Rancangan ini dianggapburuk dan dapat menimbulkankerugian bagi kehidupan penghuni, khususnya yang berkaitan masalahrezeki dan karier.

Apapun alasannya, meletakkan WC di bagian depan rumahmerupakan Feng Shui yang buruk. Apalagi kalau posisi pintu WC tersebutterletak di ruang tamu dan posisi ruangWC lebih maju dari pintu utama.

Tidak Nyaman

Kalau mau dirasakan dengan lebihpeka, pintu WC yang berada di ruangtamu sangat tidak etis, dan memberirasa tidak nyaman bagi orang yangduduk di ruang tamu maupun orangyang berada dalam WC tersebut.

Contohnya sebagai berikut. Bagaimana tidak akan kehilanganselera, jika saat duduk di ruang tamu, orang harus melihat kloset karenapintu WC tersebut tidak rapat ditutup, misalnya?

Baca Juga: Pantas Saja Penghuninya Kabur, Bangunan Apartemen Ini Disusun Mirip Lego, Pasang Pengisap Asap di Dapur Saja Susah

Baca Juga: Jangan Lagi Lakukan 3 Kebiasaan Ini Saat Menyajikan Makanan di Meja Makan, Penting!

Dari segi etika, komposisiWC yang menyatu dengan ruang tamubukan pilihan yang tepat.

Bagaimana tidak menyebalkan, saat bertamu, orang harus menghirupudara yang tidak sedap dari ruang WC? Dari segi kesehatan, udara di ruangtamu sedikit banyak akan tercemar bauyang diproduksi dari WC.

Bagaimana tidak meresahkan, kalauharus duduk di ruang tamu sementara ada orang yang sedang menggunakantoilet?

Demikian pula sebaliknya, ketidaknyamanan tersebut juga akandirasakan oleh pengguna WC.

Agar Qi Singgah

Selain itu, ilmu Feng Shui mengulaslebih banyak lagi dampak yangditimbulkan karena komposisi tersebut.

Di mana pun posisinya, pintu utamaselalu diartikan sebagai sarana yangdapat mengalirkan energi Qi lingkungan (sering diterjemahkan sebagai hawarezeki) agar singgah dan masuk kedalam rumah.

Baca Juga: Sempat Bikin Pangling Usai Tampilannya dengan Hijab, Kini istri Atta Halilintar Kadatangan Tamu di Rumahnya Hingga Diberikan Kado Super Mewah

Energi Qi sangat peka terhadapberbagai kondisi.

Qi akan menjadi energyproduktif saat berada dalam lingkupFeng Shui yang benar, tetapi ia bisaberubah menjadi Sha Qi atau hawapembunuh apabila berada dalam kondisistagnan atau berada di bawah pengaruhkondisi alam yang tidak baik.

Qi yang masuk ke rumah palingbaik mendapat dukungan yangmenghidupkan, seperti ruang yangbersih, cukup cahaya, dan memiliki tataruang yang benar.

Ini dimaksudkan agarQi bisa lama singgah di rumah.

Pintu WC Menghadap Ruang Tamu

Bertemu Energi Jahat

Boleh saja pintu terletak disudut yang benar dengan sifatmagnetik lahan yang dapat dan cepatmengundang Qi singgah ke rumah.

Tetapi kondisi tersebut akan sia-siaapabila Qi yang sudah benar masuk keruang tamu kemudian dipertemukandengan Sha Qi yang berasal dari WC.

Baca Juga: Pantas Saja Anak Belum Mau Makan Sendiri di Meja Makan, Pasti Belum Coba Trik Ini

Baca Juga: Mengintip Kembali Rumah Sederhana Milik Sprinter Indonesia yang Kini Masuk Daftar Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Dulu Rusak Banget!

Komposisi ini akan merusak kualitasQi dan mengubahnya menjadi energyburuk. Dengan demikian, seluruhatmosfer yang ada di rumah tersebutakan berubah menjadi buruk.

Dampak yang terjadi darikomposisi buruk tersebut antara lainsebagai berikut.

  • Karier penghuni akan mengalamibanyak gangguan karena rasa iridari pihak luar.
  • Penghuni banyak kehilangankesempatan, karena tidak bisaberkomunikasi dengan baik.
  • Penghuni sering diterpa berbagaibentuk fitnah atau isu yangmenyudutkan, menyebabkan posisijabatan selalu dalam kondisi yangtidak aman.
  • Tidak bisa menikmati ketentramandi dalam rumah.
Agar TidakBermasalah

Setiap ada kondisi yangkurang menguntungkan, pasti adapembenahannya menurut FengShui. Solusi yang disarankan adalahsebagai berikut.

  • Kalau letak WC sejajaratau lebih maju dari dinding luar, sebaiknya WC tersebut dipindah kebagian belakang rumah.
  • Kalau letak WC tidak lebihmaju atau di sudut agak belakangdari ruang tamu, sebaiknya di dekatpintu WC yang menyatu denganruang tamu dibuatkan penyekatmasif, agar kedudukan WC seolahberada sesudah ruang tamu.
#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya