360 Panel Surya dan Mini Forest di Pabrik, Konsistensi Sharp Indonesia Jalankan Aktivitas Ramah Lingkungan Diapresiasi di Hari Bumi

Sabtu, 24 April 2021 | 20:15
DOK. SHARP

Ilustrasi-Panel surya Sharp, salah satu pemanfaatan energi alternatif matahari.

IDEAOnline-Melalui peringatan Hari Bumi, 22 April 2021, seluruh dunia diingatkan kembali akan komitmennya untuk mengapresiasi apa yang sudah bumi berikan demi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Berbagai kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan pun dilaksanakan oleh berbagai pihak, tak terkecuali penganugerahan awards sebagai bentuk apresiasi, diberikan kepada siapapun yang sudah berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

Apresiasi itu juga diterima oleh Sharp Indonesia atas konsistensinya melakukan kegiatan positif terkait pelestarian lingkungan melalui serangkaian program CSR-nya.

Pun upaya mewujudkan komitmen ramah lingkungan di pabriknya yang berlokasi di Karawang International Industrial City ( KIIC), dengan memasang 360 solar panel (panel surya) yang menghasilkan energi listrik sebesar 66.000 watt, setara dengan kebutuhan energi 148 rumah tangga.

Panel surya berkapasitas sekitar 185 Wp, ini sudah dipasang sejak 2016 untuk memenuhi kebutuhan energi listrik untuk main office di Karawang yang punya total luas 31 HA.Panel surya ini dapat menyuplai daya sekitar 60% kebutuhan listrik di kantor SEID Karawang ini.

Baca Juga: Mau Pakai Panel Surya Biar Hemat, Mesti Siap Risikonya Juga, Cek Yuk!

dok. Sharp

Penerimaan penghargaan Indonesia Green Award 2021.

Selain surya panel, desain atap juga mengaplikasikan skylight sehingga dapat mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Untuk kondisi atap pabrik yang tinggi, pemasangan skylight memang lebih ke kebutuhan pencahayaan di siang hari dan tidak mengakibatkan panas di area di bawahnya.

Sharp Indonesia pun melakukan Zero Waste Managementdi area pabrik dengan melakukan pengolahan limbah organik dan B3, serta pemanfaatan barang sisa produksi.

Di bawah payung besar CARES untuk kegiatan CSR-nya, Sharp Indonesia menjalankan 4 strategi Eco-Positive dalam hal: teknologi, produk, operasional, dan keterlibatan dalam masyarakat (relationships).

Atas pencapaian ini, Sharp Indonesia mendapatkan 2 kategori penghargaan Top CSR Awards 2021.

Komitmen PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) dalam melaksanakan 3 aspek utama strategi bisnis perusahannya yaitu tingkat adopsi CSR perusahaan terhadap ISO 26000, keselarasan program dengan strategi perusahaan, dan prinsip Good Corporate Governance (GCG) melandasi program-progoram CSR dinilai cukup baik dan diberi predikat bintang 4.

Baca Juga: Hari Bumi, Jadi Ingat Ancaman Polusi di Dalam Rumah, 4 Hal Pemicunya!

dok. Sharp

Membentuk komunitas generasi muda pecinta lingkungan Sharp Greenerator.

Di penghargaan ini, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka pun berhasil memboyong penghargaan sebagai Top Leader on CSR Commitment 2021 atas komitmennya yang tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan.

Melibatkan stakeholder, Sharp Indonesia juga membentuk komunitas generasi muda pecinta lingkungan Sharp Greenerator, yang aktif menyuarakan kampanye hijau pelestarian lingkungan yang di dukung oleh beragam yayasan nirlaba dalam bidang lingkungan.

Melalui program "Aksi Kolaborasi Kampanye Hijau Keanekaragam Hayati Indonesia", PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) pun kembali berhasil meraih penghargaan Indonesia Green Award 2021 untuk kategori ‘Mengembangkan Keanekaragaman Hayati’.

Sebagai penyelenggara awards, La Todi School of CSR menilai, apa yang dilakukan Sharp Indonesia memberikan dampak positif bagi lingkungan dan diharapkan dapat menjadi contoh perusahaan lain dalam melakukan pelestarian keanekaragaman hayati.

Baca Juga: Bersama Nadine Chandrawinata dan Ramon Y. Tungka, Sharp Greenerator Ajak Gen Z Lakukan Aksi Nyata Pelestarian Alam

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti