Kebocoran di Dalam Rumah Harus Diatasi Maksimum 24-48 Jam, Ini Alasannya!

Sabtu, 22 Mei 2021 | 14:33

Kebocoran pada pipa saluran air dapat merusak dindingdan bikin rumah lembap.

IDEAOnline-Beberapa hal dapat memicu kelembapan di dalam rumah. Yaitu, kerusakan instalasi air dan atap yang bocor atau kurangnya ventilasi di dalam rumah sehingga tak memungkinkan cahaya masuk.

Jika terjadi hal ini, semestinya segera diperbaiki dalam kurun waktu 24-28 jam agar dampaknya tak meluas dan mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Menunda-nunda perbaikan kebocoran akan memicu pertumbuhan jamur. Tak segera membersihkan bagian-bagian yang terkena serangan jamur akan menyebabkan spora jamur menyebar dan beterbangan ke seluruh ruang.

Baca Juga: Hanya Butuh 10 Menit, Noda Kuning di Bagian Ketiak Pakaian Hilang Selamanya, Begini Cara Membersihkannya!

Baca Juga: Retak Rambut Picu Jamur dan Bikin Rumah Tak Indah, Atasi dengan Ini!

Serangan jamur di rumah tidak hanya merusak perabot dan elemen rumah lainnya sehingga berkurang dan bahkan menghilangkan keindahannya, tetapi juga mengancam kesehatan penghuni rumah.

Menunda mengatasi kebocoran dan membersihkan jamur, sporanya bisa menyebar.

Spora jamur yang beterbangan di udara dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui jalur pernapasan. Serangan jamur yang kronis dapat menimbulkan infeksi paru juga gatal-gatal pada kulit.

Kunci utama mengontrol pertumbuhan jamur di dalam rumah adalah dengan mencegah kelembapan dengan mengatasi kerusakan-kerusakan akibat kebocoran.

Baca Juga: Jor-joran Beli Rumah hingga 3 Properti Sekaligus, Harry Styles Jadi Sorotan Usai Miliki Rumah Megah dan Lapang Ini, Nilainya Enggak Main-main!

Baca Juga: Mulai Nampak Rembesan Air di Dinding saat Hujan? Periksa Sumbernya!

Selain tembok yang lembap karena kebocoran atau rembes, tanah dalam pot dan sampah organik (kompos) juga dapat menjadi sumber spora jamur.

Meletakkan perabot (khususnya yang terbuat dari kayu) menempel pada dinding dapat juga memicu kelembapan karena perabot tak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Begitu pun mengisi lemari pakaian terlalu padat.

Idea.Grid.Id

Ventilasi di kamar mandi jadi solusi mencegah lembap, antisipasi jika ada kebocoran.

Kamu bisa mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan hingga mencapai kisaran 30 - 60% untuk mencegah pertumbuhan jamur, antara lain dengan cara: memberi ventilasi pada kamar mandi, menggunakan de-humidifiers, menambah jumlah bukaan pada rumah dan menggunakan exhaust fan sehingga tercipta pengudaraan yang baik.

Baca Juga: Hanya Butuh 10 Menit, Noda Kuning di Bagian Ketiak Pakaian Hilang Selamanya, Begini Cara Membersihkannya!

Baca Juga: Ubah Jalur Pipa Saluran Air karena Ada Kebocoran? Ini Langkahnya!

Pengudaraan ruang yang baik selain dapat memberikan kenyamanan, juga baik untuk kesehatan, karena dapat mengurangi uap air dalam udara yang berlebih dan memperbanyak jumlah oksigen pada ruang.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya