Vancouver House Dinobatkan jadi Gedung Tinggi Terbaik Dunia 2021, Konsepnya Brilian, menurut Juri!

Selasa, 25 Mei 2021 | 16:15
Kompas.com

Vancouver House, Kanada

IDEAOnline-Setelah beberapa hari lalu mengumumkan nominasi gedung bangunan tinggi terbaik dunia, Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH) akhirnya menobatkan pemenangnya.

Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH) menobatkan Vancouver House sebagai gedung tinggi terbaik di dunia tahun 2021.

Baca Juga: Campurkan Air Perasan Lemon Saat Mencuci Baju, Siapa Sangka Bisa Atasi Bau Apek pada Pakaian!

Baca Juga: CTBUH International Award 2021 Menominasikan 2 Proyek Crown Group sebagai Bangunan Tinggi Terbaik Dunia

Gedung ini meraup 29 kategori penghargaan sekaligus yang diberikan oleh juri dalam ajang bergengsi tahunan tersebut.

"Konsepnya sangat brilian untuk menyempurnakan lingkungannya dari situs pengembangan yang tampaknya mustahil," kata Ketua Juri Gedung Tinggi Terbaik Karl Fender dikutip dari Tallinnovation.com, Senin (24/05/2021).

Karl mengungkapkan, Vancouver House diakui karena konsep massa terbalik inventifnya, yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke Vancouver, dan keterlibatannya dengan komunitas melalui podium yang diprogram dengan baik.

Bangunan dengan fungsi hunian ini sangat statergis karena terletak di pintu masuk utama ke Vancouver.

Untuk menuju gedung ini terdapat jembatan utama yang terhubung dengan gedung berbentuk segitiga tersebut.

Kompas.com
tallinnovation.com

Vancouver House, Kanada

Lokasinya juga dinilai cocok karena berjarak 30 meter dari area sibuk atau padat lalu lintas.

Artinya melalui gedung ini penghuni dapat menikmati pemandangan bebas dari kebisingan kendaraan.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jauhkan Obat Nyamuk, 9 Tanaman Ini Bisa Cegah Penyakit yang Sebabkan Hotman Paris Terbaring Lemah!

Baca Juga: PenPlace Kantor Pusat Amazon di Virginia AS, Menyatukan Fungsi Kantor dan Ruang Publik

Paparan sinar matahari merata menyinari gedung ini. Selain itu, bentuk atap hijau dan miring hingga campuran warna dan material yang sejuk dan hangat, eksterior dan interior menara dinamas dengan gerakan, menciptakan kehidupan seimbang perkotaan.

Selain Vancouver House, gedung lain yang mendapat apresiasi adalah DUO Tower (Singapura) untuk Urban Habitat Award, Eastern Yards (New York City) untuk Urban Habitat Award dan Skala Distrik atau Rencana Induk.

Selanjutnya, Rainier Square Tower (Seattle) untuk Penghargaan Konstruksi, UTS Central (Sydney) untuk Penghargaan Desain Interior, dan Kantor Pusat Hanwha (Seoul) untuk Penghargaan Renovasi.

Penghargaan Teknik termasuk Lakhta Center (St. Petersburg) untuk Penghargaan Teknik Façade, Menara CITIC (Beijing) untuk Penghargaan Rekayasa Kebakaran & Risiko, Hotel Claridge (London) untuk Penghargaan Rekayasa Geoteknik, Museum Tower Kyobashi (Tokyo) untuk MEP Engineering Award, dan Vancouver House (Vancouver) untuk Penghargaan Teknik Struktural.

Kompas.com
allinnovation.com

Tangga melingkar yang turun ke lobi ekspresikan palet bahan yang hangat yang digunakan di seluruh situs.

Burj Khalifa (Dubai) juga menerima Penghargaan 10 Tahun untuk penyelesaian 2010, dan 1 Bligh Street (Sydney) untuk penyelesaian 2011.

Penghargaan inovasi jatuh ke tangan Baker Brace.

Secara keseluruhan, pemenang kategori dipilih dari sekelompok lebih dari 160 Pemenang Penghargaan Keunggulan yang mewakili lebih dari 40 negara.

Program penghargaan tahunan CTBUH mengakui proyek dan individu yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi kemajuan gedung-gedung tinggi dan lingkungan perkotaan, yang mencapai keberlanjutan di tingkat tertinggi dan terluas.

Program penghargaan ini juga memberikan pandangan yang komprehensif dan canggih dari bangunan, ruang, dan teknologi penting ini, sambil menganjurkan peningkatan di setiap aspek kinerja, terutama yang memiliki pengaruh terbesar pada pengguna sehari-hari mereka. Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul Ini Gedung Tinggi Terbaik di Dunia Tahun 2021

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya