Pantas Masih Ada yang Terinfeksi, Mulai dari Sekarang Cuci Bersih Mesin Cuci Usai Membersihkan Pakaian Orang Sakit, Wajib Dicoba!

Minggu, 30 Mei 2021 | 08:30
freepik.com

Jadi Salah Satu Penyebab Asma Berat, Siapa Sangka Pelembut Pakaian Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan!

IDEAonline - IDEA lovers,membersihkan pakaian orang sakit memang harusekstra hati-hati.

Belum lagi terpikir bagaimana jikakuman dan virus yang ada masih menempel di mesin cuci?

Tak cuma pakaian, mesin cuci yang digunakan untuk mencuci pakaian bekas orang sakit juga harus dijaga kebersihannya agak bakteri, virus, dan kuman hilang.

Selain deterjen yang digunakan untuk membersihkan pakaian, kondisi mesin cuci juga berdampak signifikan terhadap kebersihan pakaian yang dicuci.

Baca Juga: Jangan Langsung Tergiur Beli Pendingin Ruangan, Coba 5 Cara Berikut Ini di Rumah, Auto Adem!

Baca Juga: 22 Tahun Hidup Bersama Teddy Syach, Siapa Sangka Ini Salah Satu Penyebab Penyakit yang Renggut Rina Gunawan, Coba Ringankan dengan Air Purifier!

Perawatan rutin biasanya termasuk menghilangkan serat setelah mencuci, serta pembersihan secara berkala, harus dilakukan setidaknya setiap beberapa bulan sekali.

Namun, beberapa kondisi dan situasi, pembersihan yang lebih ekstensif untuk memastikan bahwa peralatan mesih cuci bersih ketika digunakan dibutuhkan.

Dilansir Wiken.id dari The Spruce, Senin (8/2/2021), membersihkan mesin cuci setelah mencuci pakaian terlebih lagi yang sedang sakit dapat menghilangkan beberapa bakteri dan penyakit yang terkontaminasi oleh cairan tubuh orang itu.

Cara membersihkannya

grid.id

ilustrasi mesin cuci

Untuk membersihkan mesin cuci dan, IDEA lovers membutuhkan beberapa alat seperti sarung tangan karet, sikat, kain pembersih, handuk, ember, pemutih klorin, minyak pinus, disinfektan, dan air.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Penyebab Asma Berat, Siapa Sangka Pelembut Pakaian Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan!

Baca Juga: Sudah Menjadi Rahasia Rumah Makan, Ternyata Begini Cara Agar Microwave dan Kulkas di Rumah Enggak Buat Listrik Bengkak!

Penumpukan kontaminan, sisa deterjen, dan apelembut kain dapat menjebak bakteri dan kotoran lainnya di mesin cuci. Ini dapat berpindah kembali ke pakaian IDEA lovers serta menyebabkan bau dan berpotensi menyebarkan penyakit.

Namun, IDEA lovers bisa menghilangkan dengan pembersihan khusus menggunakan pemutihan klorin.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan mesin cuci adalah menyetel suhu air untuk mesin cuci ke pengaturan terpanas, pastikan mesin cuci dalam keadaan kosong.

Kemudian, tambahkan satu cangkir pemutih klorin ke drum mesin cuci kotor (baik model bukaan depan atau atas), dan jangan letakkan satu pakaian apapun.

Selanjutnya, atur mesin cuci ke siklus penuh dengan bilas air panas, jika tersedia, jika tidak gunakan air suhu normal.

Baca Juga: Justru Malah Berubah Menjadi Racun, Jangan Lagi Simpan Obat dengan Asal, Begini Cara Menyimpannya!

Baca Juga: Rajin Ganti Sarung Bantal Bisa Buat Rambut Kusam Jadi Makin Berkilau, Begini Penjelasannya!

Biarkan mesin cuci berjalan sesuai siklus.

Saat siklus putaran mesin cuci selesai, periksa bagian dalam mesin cuci, periksa segel karet serta bagian dalam pintu untuk melihat tanda-tanda penumpukan residu atau jamur. Juga, periksa dispenser deterjen atau pelembut kain.

Campurkan larutan seperempat cangkir pemutih klorin dan 1 liter air.

Celupkan kain atau sikat berbulu lembut ke dalam larutan, dan gosok area ini untuk menghilangkan penumpukan.

Selanjutnya, atur mesin cuci ke siklus bilas atau pemerasan dan biarkan bekerja untuk memastikan semua pemutih sudah dikeluarkan sebelum mencuci pakaian.

Terakhir, bersihkan bagian luar mesin cuci bagian atas, depan, dan samping dengan mengelapnya menggunakan larutan pemutih klorin dan air panas. Bilas dengan air bersih, dan keringkan dengan kain lembut.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya