Seberapa Lama Freezer Dapat Menyimpan Daging? Agar Tak Salah Kaprah, Lihat Dulu Penjelasannya!

Jumat, 04 Juni 2021 | 08:00
iStockphoto

Menyimpan makanan di dalam freezer sesuai dengan batas waktunya

IDEAonline -Kulkasjadi salah satu perabotan rumah tangga yang nyaris selalu ada di dapur.

Tak lain fungsi kulkas dipakai untuk menyimpan bahan makanan agar tetap terjaga keawetannya.

Ditambah lagifreezeryang dikhususkan untuk menyimpan daging, ikan, ataupun potongan ayam.

Namun,seberapa lamafreezertersebut dapat menyimpan daging?

Baca Juga: Tekankan Tak Ada Orang Ketiga, Kalina Ocktaranny Justru Ketahuan Tak Lagi Tinggal Satu Atap dengan Suami, Ini Fakta Terbarunya!

Baca Juga: Miliki Karir Moncer hingga Bisa Beli Rumah Mewah nan Instagramable, Siapa Sangka Kakek Marshanda Pemilik Hotel Ternama di Ibu Kota

Mengutip Nakita.ID,Chef Bara Pattiradjawane sempat menjelaskan dalam wawancaranya di acara 'Bercita Rasa di Ubud Food Festival' pada Jumat (23/3/2018) di Jakarta Selatan.

Ia menegaskan, "Daging sangat tidak disarankan untuk disimpan di kulkas. Jika sudah disimpan selama 24 jam itu sebenarnya sudah tidak boleh digunakan, karena bakterinya sudah mulai tumbuh."

IDEA lovers juga perlu mengenalfreezerseperti apa yang ada di dalam lemari pendingin, karena menurut Chef Bara,freezerada tingkatan-tingkatannya, yang memengaruhi seberapa lama daging dapat disimpan.

"Kalau difreezerpun tergantung (lama penyimpanannya).Freezeritu seperti jenderal, ada bintang 4, 3, 2, dan 1," terangnya.

Sajian Sedap

Agar Daging Tak Cepat Busuk, Pahami Kemampuan Freezer di Kulkas

"Freezerbintang 4 dan 3 itu memiliki suhu sampai dengan -18 derajat Celcius. Dan suhu ini bisa menyimpan makanan apapun, baik mentah ataupun yang sudah jadi, selama setahun lebih, dan makananya akan tetap aman (dikonsumsi)," jelasnya.

Baca Juga: Tekankan Tak Ada Orang Ketiga, Kalina Ocktaranny Justru Ketahuan Tak Lagi Tinggal Satu Atap dengan Suami, Ini Fakta Terbarunya!

Baca Juga: Jangan Salah Sangka, Ternyata Begini Alasan Tak Ada Lampu di Freezer Kulkas, Kecuali Pas Dibuka!

Chef Bara melanjutkan, "Kalau kita bicara tentangfreezerbintang 2, itu berarti suhunya ada di -12 derajat Celcius. Suhu ini mungkin paling lama (dapat menyimpan daging) antara 3-6 bulan."

Sementara, untuk kulkas-kulkas kecil yang memiliki freezer di dalam, menurut Chef Bara, termasuk dalamfreezer bintang 1.

"Freezer bintang 1 itu (hanya bisa menyimpan makanan) tidak lebih dari sebulan, karena dia hanya memiliki suhu paling dingin di -6 derajat Celcius," tambahnya.

Baca Juga: Pantas Selama Ini Kita Salah, Terungkap Perbandingan Antara Pendingin Ruangan dan Kipas Angin, Mana yang Lebih Sehat?

Baca Juga: Jangan Salah Sangka, Ternyata Begini Alasan Tak Ada Lampu di Freezer Kulkas, Kecuali Pas Dibuka!

Ia juga menambahkan, penting bagi seseorang untukmempelajaricara penyimpanan, pengolahan, dan bagaimana memperlakukan bahan makanan dengan baik dan benar.

Karena, menurutnya lagi, memperlakukan bahan makanan dengan baik adalah makna dari mengonsumsi makanan sehat.

"Sebenarnya makanan sehat itu bukan berarti tidak memakan lemak. Tetapi bagaimana cara kita memperlakukan bahan makanan sebelum diolah menjadi makanan," jelasnya.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya