Warga Se-Indonesia Jangan Lagi Letakkan Kompor dan Wastafel di Dapur Sembarangan, Kalau Tak Mau Merasakan Hal Ini!

Kamis, 01 Juli 2021 | 18:00
Alex Hayden/House Beautiful

Jangan Letakan Kompor dan Wastafel Sembarangan, Ini Faktanya Menurut Fengshui

IDEAonline -Jangan lagi asal meletakkan wastafel hingga kompor di dapur, hal ini dapat mengganggu rezeki hingga kesehatan pemillik rumah. Apakah benar?

Merancang rumah tanpa menyediakan dapur sebagai fasilitas primer akan dianggap tidak memenuhi standar kelayakan sebagai rumah tinggal, bahkan bisa dianggap aneh dan salah.

Menurut Feng Shui, besar kecilnya ukuran dapur tidaklah masalah, yang penting dapur mutlak ada.

Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan!

Baca Juga: Jangan-jangan Selama Ini Kita Salah, Begini Cara Memilih Keramik Granit untuk di Rumah, Cek Sebelum Beli!

Baca Juga: Diawali dari Psikiater yang Alami Kejiwaan, Rumah Sakit Ini Tak Beroperasi Lagi dan Dicap Sebagai Bangunan Paling Berhantu di Dunia, Isinya Bikin Merinding

Letak Kompordan Tempat Cucian

Mengutip Tabloid RUMAH edisi 203,Penempatan kompor dalam dapur merupakan tema paling populer dalam ulasan Feng Shui, karena sering dikaitkan dengan masalah rezeki dan kesehatan.

Itulah sebabnya pengaturan letak kompor dalam ruang dapur sering dijabarkan.

Mengatur ruang dapur yang benar berdasarkan Feng Shui adalah seni mengatur elemen air dan api. Air diwakili oleh sink/tempat cucian dan instalasi saluran, sedangkan api diwakili oleh kompor. Air merupakan simbol keberuntungan/rezeki dan api identik dengan semangat kehidupan.

Air berunsurYin/negatif dan api berunsurYang/positif. Kedua elemen tersebut bersifat kontradiktif sehingga harus diatur sedemikian rupa agar komposisinya selalu harmonis dan tidak bertabrakan/kontradiktif.

Kebanyakan para praktisi Feng Shui hanya mengamati kompor sebagai satu-satunya objek yang patut diteliti dalam ruang dapur. Mereka sering mengabaikan penelitian tentang letak sink/tempat cuci piring yang sebenarnya juga sangatlah penting.

Baca Juga: Kini Bisa Ditemukan di Bali dan Lampung, Yello Hotel Perluas Jaringan di Indonesia!

Baca Juga: Terbongkar Cara Hindari Covid-19 dengan Mudah, Rajin Membersihkan Tempat Tidur Terutama Seprai!

Sebab, letak sink yang salah akan mengganggu kesehatan yang pada akhirnya mengganggu keberuntungan penghuni juga.

Seperti sudah kita ketahui, kompor berunsur api sedangkansinkberunsur air. Elemen air dan api bertentangan, artinya saling merusak dan tidak saling mendukung.

Oleh sebab itu, desain untuk tata ruang dapur berdasarkan Feng Shui paling pantang bila penempatan kompor dansinksaling bersebelahan atau berhadapan langsung, karena akan berdampak pada ketidakharmonisan bagi penghuninya.

Letak Saluran Air

Pengamatan terhadap posisi saluran air bersih dan kotor dalam ruang dapur sering dianggap tidak penting, sehingga sering diabaikan oleh banyak kalangan.

Sepintas memang tampak tidak terlalu penting, tetapi jika terjadi kesalahan akan menyebabkan sakit. Jadi, justru tata letak saluranlah yang paling penting.

Baca Juga: Kini Bisa Ditemukan di Bali dan Lampung, Yello Hotel Perluas Jaringan di Indonesia!

Baca Juga: Angka Kasus Covid-19 di Ibu Kota Mengkhawatirkan, Pemerintah Jadikan Hotel Cik's Mansion Sebagai Tempat Isolasi Warga Jakpus

Saluran air bersih maupun kotor letaknya jangan berada di bawah atau di atas kompor.

Penempatan yang salah ini akan merusak atmosfer keberuntungan penghuni, karena unsur api sebagai faktor semangat dan keberuntungan akan mudah padam karena dilewati elemen air.

Letak Saluran Air

Ventilasi Udaradan Cahaya

Definisi dapur yang baik tidak bisa lepas dari masalah ventilasi, yaitujendela yang berfungsi untuk jalur sirkulasi sinar matahari dan udara.

Membuat dapur tanpa ventilasi akan dianggap salah, walaupun sebenarnya kita bisa menggunakan lampu sebagai penerang dan kipas angin untuk membuang udara kotor.

Seperti kita ketahui bersama, filosofi Feng Shui menciptakan sinergi yang baik antara rumah dan lingkungan sehingga orang yang menempatinya bisa mendapat atmosfer keberuntungan.

Ruang dapur yang tidak memiliki ventilasi secara benar akan memiliki kelembapan yang cukup tinggi yang menyebabkan kuman mudah berkembang biak.

Uap masakan yang tidak bisa bersirkulasi dengan benar akan menyebabkan sesak nafas dan penyakit lainnya yang ujungnya akan memboroskan uang untuk pengobatan.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya