Agar Sembuh dan Cegah Penularan ke Anggota Keluarga Lain, Lakukan Ini saat Isoman di Rumah

Kamis, 08 Juli 2021 | 07:45
Kompas.com

Pakai masker dengan benar agar dapat mencegah penularan Covid-19 saat isoman.

IDEAOnline-Ada 6 hal yang mesti secara disiplin dilakukan oleh pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah.

Pasien Covid-19 yang tanpa gejala atau bergejala ringan, dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah untuk mengurangi beban rumah sakit yang kapasitasnya tak mencukupi dengan kenaikan kasus Covid-19 yang meningkat tajam.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Termakan Hoax yang Beredar, Ternyata Ini Fakta yang Boleh Dilakukan Saat Sebelum dan Setelah Divaksin!

Baca Juga: Meniti Karir Jadi Komedian, Narji Kini Banting Stir Jadi Petani, Siapa Sangka Bisa Bangun Rumah Mewah Hingga Punya Taman Pribadi!

Banyak pasien positif terkonfirmasi Covid-19 yang kini dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Umumnya, isolasi mandiri biasanya diberlakukan bagi pasien yang terinfeksi yang tidak bergejala sama sekali atau hanya bergejala ringan seperti batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

Berikut enam hal yang harus dilakukan selama masa isolasi mandiri, agar pasien terinfeksi Covid-19 cepat sehat kembali.

1. Pakai masker

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Utara, dr M Irfan SpPD mengatakan, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah harus selalu menggunakan masker.

"Ini penting ya, karena kalau kita lepas masker, kita juga bisa menularkan ke orang lain. Termasuk dengan keluarga sendiri," kata Irfan, seperti dirilis oleh Kompas.com.

Irfan juga menegaskan, bahwa anggota keluarga yang serumah dengan pasien Covid-19 juga harus menggunakan masker saat berada di dekat pasien tersebut.

Selain itu, masker juga berguna melindungi pasien Covid-19 menjelang brakhirnya masa isolasi, untuk mencegah penularan jika ternyata ada anggota keluarga lain yang tanpa gejala.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Tanda kalau Daya Tahan Tubuh Kamu sedang Turun

Baca Juga: Warga Se-Indonesia Tak Perlu Khawatir Lagi, Kini Virus Corona Varian Delta Bisa Dilumpukan dengan Vaksin Satu Ini!

Langkah cuci tangan 4-6 menurut WHO

2. Jaga jarak dan selalu cuci tangan

Kendati sudah terinfeksi Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri di kamar sendiri, pasien Covid-19 juga masih tetap harus menjaga jarak dan selalu cuci tangan.

Anggota keluarga lain juga harus menjaga jarak 1.5 centimeter hingga 2 centimeter dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap kali merawat pasien, seperti mengantar makanan atau kebutuhan pasien lainnya.

"Kalau bisa tidur terpisah dengan anggota keluarga yang lain, kalau memungkinkan. Kalau tidak memungkinkan, cari kamar yang paling tidak bisa berjarak sejauh 2 meter," ujarnya.

3. Berjemur 15 menit

Irfan mengingatkan untuk berjemur kira-kira 10-15 menit pada jam 9 pagi atau di atas jam 3 sore.

Pasalnya, berjemur akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin D pasien Covid-19. Seperti dikutip dari Live Science, satu studi yang telah diterbitkan 3 September di JAMA Network Open, menemukan bahwa risiko infeksi Covid-19 pada orang dengan kekurangan vitamin D hampir dua kali lebih tinggi daripada orang dengan tingkat vitamin D yang cukup.

Sementara itu, studi lain, yang diterbitkan pada 27 Oktober di The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menemukan bahwa pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki kadar vitamin D yang rendah dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Percuma Saja Pakai Masker jika Salah Caranya, 8 Hal Ini Contohnya!

Baca Juga: Jangan Putus Asa jika Kamar Mandi Sempit, Cara Ini Bisa Membuatnya Dua Kali Lebih Luas

Dok. IDEA

Ilustrasi kamar tidur jadi ruang sanctuary untuk berjemur.

4. Buka ventilasi kamar

Umumnya, selama isolasi mandiri, 90 persen kegiatan yang dilakukan pasien Covid-19 adalah di dalam ruangan kamar.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu membuka ventilasi udara di dalam kamar.

"Ventilasi di kamar sebaiknya sesekali dibuka untuk adanya pertukaran udara yang baik," jelasnya.

5. Konsumsi gizi seimbang

Baca Juga: Tak Hanya Modal Sabar, Emak-emak Coba Lakukan Hal Ini Saat Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Baca Juga: Takut Terinfeksi Corona, Nagita Slavina Tegas Berlakukan Kedisiplinan di Rumah Hingga Raffi Pilih Menginap di Rumah Sang Ibunda, ‘Udah Enggak Sayang Lagi’

Seperti diketahui, sangat penting mengonsumsi makanan bergizi seimbang dalam kondisi apapun.

Terlebih lagi bagi kamu yang sedang dalam kondisi tidak sehat dan terinfeksi Covid-19. Makanan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan adalah menu wajib yang harus ada di menu makanan sehari-hari selama melakukan isolasi mandiri.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen dan juga obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

6. Berpikiran positif

Selain melakukan berbagai aktivitas fisik, pasien Covid-19 juga harus berupaya berpikiran positif, agar upaya kesembuhan bisa optimal.

"Yang paling penting adalah selalu berpikiran positif untuk sembuh, selain itu juga berdoa dan selalu beribadah," tegasnya. Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul 6 Hal yang Harus Dilakukan Selama Isolasi Mandiri agar Sembuh dari Covid-19

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya