Berdampak Negatif dan Bisa Nyandu, Stop Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan Cara Ini!

Jumat, 16 Juli 2021 | 14:07
Komaps.com

Pekerjaan menumpuk saat deadline jika kebiasaan menunda pekerjaan dilakukan.

IDEAOnline-Tugas jadi menumpuk dan produktivitas pun menurun, adalah sebagian dari dampak negatif menunda pekerjaan.

Sering memilih mengerjakan tugas di detik-detik terakhir menuju deadline?

Lalu pada akhirnya, membiarkan tugas menumpuk karena terlalu sering menunda-nunda?

Menunda pekerjaan punya istilah lain, yaitu prokrastinasi.

Apapun sebutannya, menunda pekerjaan adalah pola perilaku yang negatif.

Baca Juga: PPKM Buat Males Gerak, Jangan Khawatir, 4 Solusi Ini Bisa Buat Rumah Tampak Rapi dalam Sekejap!

Baca Juga: Jangan Buang Tenaga dan Waktu untuk Bersihkan Dapur, Kenali 3 Jenis Noda yang Ternyata Harus Dibersihkan dengan Cara Berbeda-beda

Sekali dilakukan, kamu akan sulit menghentikannya.

Hal ini sangat buruk bagimu karena menunda pekerjaan punya banyak dampak negatif.

Audrey Maximillian Herli, CEO dari aplikasi konseling psikologi online Riliv, menjelaskan kerugian menunda-nunda pekerjaan.

“Terlalu sering procrastinate itu merugikan. Kalau sering menunda pekerjaan, produktivitas akan menurun. Bersamaan dengan itu, hasil kerja kita juga tidak maksimal.”

Lebih lanjut, Maxi juga mengajak siapapun supaya tidak sering menunda pekerjaan.

Kompas.com
Shutterstock

Tetapkan deadline khusus untuk diri sendiri, cara menyetop kebiasaan menunda pekerjaan.

“Kalau kita punya banyak waktu untuk mengerjakan tugas dengan maksimal, kenapa harus mengerjakan tugas saat mepet deadline? Bayangkan kalau kita bisa selesai mengerjakan tugas di awal waktu, waktu yang tersisa bisa kalian gunakan untuk mengerjakan hal lain yang bermanfaat.”

Tidak perlu khawatir lagi. Jika kamu ingin berhenti menunda-nunda pekerjaan, kamu bisa mengikuti 5 tips berikut ini.

Baca Juga: Hanya Bermodalkan Campuran Air Lemon, Siapa Sangka Kemeja Putih Bisa Kembali Cemerlang! Ibu-ibu Mesti Coba

Baca Juga: Biar Keuangan Tak Jebol, Yuk Menghemat Pemakaian Lampu, Ini Caranya!

1. Menetapkan deadline khusus untuk diri sendiri

Kamu mungkin menunda-nunda pekerjaan karena merasa deadline yang diberikan masih panjang.

Jika selalu berpikir begini, pada akhirnya kamu akan kerepotan bekerja saat deadline mepet.

Supaya tidak menunda lagi, kamu bisa menetapkan deadline untuk diri sendiri lebih cepat dari deadline yang sebenarnya.

Misalnya jika batas waktu pekerjaan kamu adalah hari Jumat, kamu bisa memberikan batas waktu lebih awal, yaitu hari Kamis atau hari lainnya.

Kompas.com
Shutterstock

Membagi tugas besar menjadi tugas kecil-kecil, cara menyetop kebiasaan menunda pekerjaan.

2. Membagi tugas besar menjadi tugas-tugas kecil

Tugas besar seringkali terlalu menakutkan untuk dikerjakan.

Baca Juga: Hanya Bermodalkan Campuran Air Lemon, Siapa Sangka Kemeja Putih Bisa Kembali Cemerlang! Ibu-ibu Mesti Coba

Baca Juga: Desain Furnitur Kantor Pasca Pandemi, Terapkan di Rumah Dukung WFH

Biasanya, penyebabnya adalah karena kamu takut salah dan tidak tahu harus mulai mengerjakan dari mana.

Cara mengatasinya cukup mudah, kamu bisa memecah tugas besar tersebut menjadi tugas-tugas kecil yang lebih spesifik.

Sebagai contoh jika kamu memiliki tugas membuat proposal ide bisnis, kamu bisa menjabarkan hal-hal kecil yang menyusun sebuah proposal ide bisnis.

3. Menghilangkan gangguan saat bekerja

Apa yang mengganggumu saat bekerja? Apakah itu handphone, televisi, atau hal lainnya?

Kalau hal-hal tersebut mengganggu, kamu bisa menyingkirkannya terlebih dahulu sebelum bekerja. Matikan handphone dan televisi agar kamu bisa mulai bekerja secara maksimal.

Kompas.com
Shutterstock

Memberi self-reward salah satu cara mencegah keinginan menunda pekerjaan.

4. Memberi self-reward sebagai apresiasi

Kamu bisa memberi self-reward tiap kali berhasil mengerjakan tugas.

Cara ini akan membantu kamu berhenti menunda-nunda karena kamu jadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas berikutnya.

Baca Juga: Pantas Saja Mati Terus, Begini Cara Merawat Kaktus Anti Gagal, Ketahui Ciri-cirinya Agar Tetap Subur!

Baca Juga: Begini Cara Arsitek Menyiasati Lahan Memanjang Menghadap Barat untuk Ciptakan Rumah Tropis Hemat Energi

Menurut psikolog Alexander Rozental, strategi terbaik dalam memberi self-reward adalah dengan memberi hadiah-hadiah kecil, bukan hadiah besar.

Contohnya, kamu bisa menghadiahi diri kamu sebungkus cokelat jika sudah mengerjakan satu tugas.

5. Memulai pekerjaan dalam hitungan 5 detik

Mel Robbins, seorang entrepreneur dan motivator terkenal dari Amerika Serikat, menggunakan aturan 5 detik untuk membantunya berhenti menunda-nunda.

Setiap kali ia merasa enggan mengerjakan suatu tugas, ia akan berhitung sampai 5.

Tepat setelah hitungan kelima, ia akan bangkit dari rasa malas dan mulai mengerjakan tugas tersebut. Sama seperti Mel Robbins, kamu juga bisa menggunakan cara ini jika merasa ingin menunda-nunda pekerjaan.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya