Septictank Berpengaruh pada Kesehatan dan Keuangan Penghuni Rumah, Begini Feng Shui Mengatur Peletakannya

Jumat, 06 Agustus 2021 | 21:52

Ilustrasi pipa udara pada septictank.

IDEAOnline-Mengapa septictank menjadi sangat penting dalam Feng Shui?

Mas Dian, MRE, konsultan dan pengamat Feng Shui mengatakan, letak septictank yang tidak tepat seringkali merusak tatanan Feng Shui yang sudah betul, sehingga malah akan menimbulkan banyak masalah, khususnya dalam hal kesehatan dan keuangan.

Letak septictank dan penempatan saluran yang salah tidak saja merusak atmosfer Feng Shui, tetapi dapat pula merusak nilai-nilai ekologi lainnya, misalnya mencemari air sumur karena letaknya saling berdekatan.

Penempatan yang salah, menurut Feng Shui akan merusak seluruh desain Feng Shui yang seharusnya sudah baik menjadi buruk, sehingga bisa memberi masalah yang rumit dalam kehidupan penghuni.

Seperti diketahui, septictank adalah wadah untuk menampung kotoran manusia yang berasal dari saluran WC.

Wadah ini ditanam dalam tanah pada posisi tertentu dan lahan sebuah bangunan.

Letaknya sangat bervariasi, bergantung pada sejumlah faktor, di antaranya berdasarkan ketersediaan lahan, mempertimbangkan kemudahan pada saat penyedotan, atau memperhitungkan jarak dengan sumber air minum atau sumur resapan.

Baca Juga: Jika Tak Ingin Dibilang Tak Punya Adab, Lakukan 5 Etika Bertoilet Ini

Ilustrasi pipa saluran pada septictank.

Pada masa lalu, letak sentictank umumnya ada di bagian belakang bangunan, karena pada umurmnya letak WC juga di bagian belakang.

Menurut Feng Shui, sebetulnya letak septictank dan WC lebih tepat di bagian belakang, karena konsep ini sesuai dengan rumusan alam tentang hubungan makrokosmos dan mikrokosmos yang mengidentikkan WC/kamar mandi dengan dubur dalam tubuh manusia.

Pindah ke Depan

Sejalan dengan perkembangan desain arsitektur zaman sekarang, septictank mulai banyak diposisikan di bagian depan rumah.

Tujuannya agar mudah ketika ingin menyedotnya dan juga baunya tidak menyebar ke dalam rumah saat penyedotan berlangsung.

Ketka setiap orang bebas membuat dan menempatkan septictank sesuai kebutuhan mereka sendiri, maka urusan limbah dan septictank sering menjadi kendala dalam tata lingkungan.

Jangan heran, kata Mas Dian, bila letak septictank lita ternyata bersebelahan dengan letak sumur tetangga.

Jangankan memerhatkan dan memikirkan dampak keberadaan septictank kita terhadap tetangga. Keberadaan septictank milik kita sendiri pun kadang-kadang melanggar “aturan” dalam Feng Shui.

Misalnya saja, kita kadang-kadang menambah bangunan kamar tidur di ruang terbuka yang temyata berada di atas septictank, membuat septictank di bawah dapur, dan sebagainya.

Baca Juga: Inovasi Pipa Air Buangan Kedap Suara, Solusi Atasi Berisik saat Flushing di Toilet

99.co

Ilustrasi pembuatan septictank.

Masalah ini sering diabaikan atau lepas dari perhatian, padahal dampaknya sangat merugikan penghuni.

Syarat Posisi Septictank

Berdasarkan penelitian menggunakan pendekatan ilmu Feng Shui dalam perkembangan arsitektur zaman sekarang, ada beberapa poin tentang letak septictank yang sebaiknya masih tetap perlu diperhatikan.

Untuk septictank yang berada di depan rumah, posisinya jangan tepat di depan pintu masuk rumah. Posisi ini akan menghalau haw rezeki yang akan masuk ke rumah, sehingga berpotensi mendatangkan kemiskinan.

Letak septictank sebaiknya dijauhkan dari. lokasi pintu masuk agar bau dan virus penyakit yang berasal dari limbah kotoran tdak mudah masuk ke dalam rumah.

Apapun alasannya, sebaiknya posisi septictank jangan berada di dalam dapur, atau di bagian tengah rumah. Posisi ini biasanya berpotensi mendatangkan musibah dan sakit bagi seluruh penghuni rumah.

Septictank jangan masuk ke dalam ruang kamar tdur. Komposisi buruk seperti ini akan membuat penghuni kamar terkena sakit berat atau sakit yang tak kunjung sembuh.

Kamar tidur sebaiknya steril dari saluran kotoran dan penempatan septictank.

Letak septictank sebaiknya dijauhkan dari rumah induk/kamar tidur dan tempatnya terbuka sehingga terkena sinar matahari, seperti taman atau carport.

Baca Juga: Sumur Resapan Modern, Cara Praktis Menabung Air Hujan di Area Rumah

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti