Sudah Lewati Setiap Tantangan Zaman, Majalah Intisari Akhirnya Rayakan Usia ke-58 Tahun dengan Wajah Baru

Selasa, 17 Agustus 2021 | 07:00
INTISARI

Sampul majalah INTISARI edisi April-Agustus 2021, tersedia juga dalam majalah elektronik.

IDEAonline-IDEA lovers ada yang masih ingat dengan MajalahINTISARI?

Bulan ini, 58 tahun silam. Majalah INTISARI terbit perdana tepat pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Majalah mungil ini terbit monokrom, tanpa sampul—tetapi tidak telanjang. Tebalnya, 128 halaman. Bertiras 10.000 eksemplar dan ludes!

Harga edisi perdana itu Rp60 untuk Jakarta dan sekitarnya, sedangkan Rp65 untuk luar kota. Bahkan untuk beberapa edisi awal, harga itu sudah termasuk sumbangan pembangunan Tugu Monumen Nasional.

IDEA lovers patut berbangga bahwa pembaca senior majalah ini turut berpartisipasi dalam pembangunan monumen kebanggaan Indonesia.

Jakob dan Ojong memiliki latar guru. Keduanya pendidik yang mumpuni. Keduanya, jurnalis yang idealis. Keduanya juga memiliki minat pada histori.

Jakob pernah menyusun buku profil biografi tokoh-tokoh nasional. Sementara, seri buku Perang Dunia Kedua karya Ojong masih diburu dan dicari di toko-toko buku sampai hari ini.

Sejak April tahun ini, INTISARI mengajak pembaca untuk melihat kembali histori, biografi, dan tradisi yang dikemas populer dengan sudut pandang minat insani.

Baca Juga: Dicap Sebagai Tempat Perkumpulan Freemason Pertama di Asia, Begini Asal-usul Mengapa Gedung Bapenas Dikatakan Gedung Setan!

Baca Juga: Mengenal Sistem DAKU pada Pembuatan Taman Atap, Porositas Sangat Baik dan Bisa untuk Atap Datar maupun Miring

Misinya, menemukan kembali keasyikan sebagai manusia Indonesia melalui kisah berlatar sejarah dan budaya. Kisah itu akan hadir melalui berbagai platform, baik majalah, web, maupun media sosial.

INTISARI

INTISARI Edisi Agustus 2021, bertajuk editorial 'Cerita di balik Perang'. Ada cerita manusia dalam setiap pusaran perseteruan.

Histori—Kisah bergenre sejarah populer tentang peristiwa atau kejadian masa silam tetapi selalu dikaitkan dengan situasi kininya.

Baca Juga: Sempat Dipersiapkan Sebagai Kebutuhan Dasar, Ini Alasan Warga China Butuh Selimut Api

Baca Juga: Awalnya Dikenal sebagai Opus Francigenum, Inilah 4 Ciri Khas Arsitektur Gotik yang Banyak Digunakan oleh Gereja Roma Katolik

Biografi—Tokoh segala bidang yang menginspirasi Indonesia, atau pemikiran atau karyanya memengaruhi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Tradisi—penjelajahan budaya dari gastronomi sampai candi, sebagai kecerlangan Nusantara. Pelestarian kesenian atau tradisi yang nyaris punah, dan seni sebagai bagian keseharian masyarakat.

Boleh dibilang, kini, setiap bulan majalah INTISARI menyajikan ‘edisi khusus’. Setiap bulan sajian kisah-kisahnya bertumpu pada cerita di balik sampul. Majalah ini tidak sekadar menyajikan cerita fakta, tetapi juga bertumpu pada narasi manusianya. Setiap edisinya menjadi layak dikoleksi.

Peristiwa-peristiwa yang terjadi hari ini tidak terlepas dari peristiwa dan pelakunya pada masa silam. Kebenaran terendah adalah kebenaran kata-kata, sedangkan kebenaran tertinggi adalah moral cerita.

Majalah ini memilih setiap cerita yang bisa mewakili pelajaran dan teladan untuk kehidupan sekarang. Bahkan, cerita kematian pun mengajarkan kehidupan.

Sepanjang tahun ini INTISARI mengajak para pembacanya untuk tetap bersemangat dalam #KitaDigdaya. Aktivitas di media sosial ini mengungkap kembali kejeniusan sejarah dan budaya kita. Tujuannya, membangun kepercayaan diri dan kebesaran jiwa untuk bangkit dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Baca Juga: Sempat Tempuh S1 Seni Rupa, Pantas Saja Komedian Ini Niat Banget Dandanin Rumahnya Bak Galeri Seni Rupa! Cara Pajang Sepedanya Bisa Dicontek!

Baca Juga: Pantas Saja Dicap Berhasil di Usia Muda, Calon Istri Rizky Billar Ini Mampu Bangun Rumah Gedong Berlantai Dua, Begini Perbandingan Sebelum Direnovasi!

INTISARIberharap semua sajian ini mampu membangkitkan kembali daya literasi Indonesia.

INTISARIberharap terdapat perubahan pemahaman tentang kebinekaan—budaya, manusia, dan bentang alam—sehingga kita lebih mengenali riwayat yang membentuk Indonesia.

INTISARIberharap pula tentang pemahaman kita yang lebih baik dalam memandang isu-isu global, yang sejatinya turut memengaruhi kehidupan di Indonesia.

Kini, INTISARI menjadi salah satu media nasional tertua di Indonesia. Lebih dari tiga dekade silam, Jakob Oetama pernah menerawang tentang media-media yang mampu bertahan hidup dalamPerspektif Pers Indonesia. “Kata kunci di sini adalah bahwa media cetak bertahan hidup bahkan akan tetap berkembang sekalipun menghadapi saingan media elektronis,” ungkapnya, “asalkan tanggap akan perubahan dan mampu menyesuaikan serta menguasai perubahan. Inovasi dan adaptasi!”

Perjalanan kita telah menembus lorong waktu. Selamat ulang tahun ke-58 untuk INTISARI dan KG Media!KitaDigdaya

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya