Bapak-bapak Pasti Nyesel Baru Tahu, Ternyata Ada Cara Agar Perabot Tetap Terlindung dari Karat!

Jumat, 17 September 2021 | 12:30
AZ Rust

Cara hilangkan karat pada perabot logam

IDEAonline - Meskipun memilih material anti-korosi adalah salah satu cara untuk menghindari karat, strategi itu tidak selalu menjadi pilihan paling tepat.

Ada alasan mengapa kita menggunakan baja dan besi sebagai material untuk furnitur kita; besi dan baja adalah logam yang jauh lebih kuat.

Sebab itu, sudah tidak mungkin kita tidak menggunakan perabot yang terbuat dari logam sama sekali.

Namun, ada cara agar perabot tetap terlindung dari karat.

Cobalah salah satu dari metode di bawah ini!

Baca Juga: Berhasilkan Harumkan Bangsa di Olimpiade Tokyo 2020, Grid Network Mengapresiasi Atlet dan Ofisial Kontingen Indonesia

Baca Juga: Mulai Sekarang Bedakan Lampu Kamar Tidur dari Ruang Lainnya, Simak Alasannya!

1. Pilih Logam Berlapis

Setelah curah hujan dan cuaca buruk berkompromi untuk mengikis lapisan pada logam, maka karat lambat laun akan muncul pada perabot.

Memilih logamIDEA lovers dengan bijak adalah pencegahan terbaik.

IDEA lovers akan mendapatkan umur lebih panjang dari produk yang permukaannya dilapisi enamel atau dilapisi coating.

Dibandingkan dengan logam yang dicat atau dipernis dengan murah, produk yang sudah dilapisi coating ini jauh lebih rentan terhadap pengelupasan.

Meskipun pada awalnya lebih mahal, logam dengan lapisan superior memang sepadan dengan biaya dalam jangka panjang karena mereka benar-benar bertahan selama bertahun-tahun.

Pilihan lainnya adalah mengecat barang-barang logam IDEA lovers dengan cat luar ruangan yang dirancang untuk logam.

Baca Juga: Terlahir Pria, Artis yang Berhati Malaikat Ini Sukses Jadi Presenter Kondang Hingga Bisa Dirikan Sekolah Gratis untuk Anak Yatim, Luas Lengkap dengan Kolam Renang!

Baca Juga: Berhasilkan Harumkan Bangsa di Olimpiade Tokyo 2020, Grid Network Mengapresiasi Atlet dan Ofisial Kontingen Indonesia

2. Logam Galvanis

Salah satu cara untuk melindungi baja dan besi dari karat adalah dengan melapisinya dengan logam yang tahan karat: seng.

Paku dan lembaran logam galvanis yang IDEA lovers temukan di toko perlengkapan rumah dilapisi dengan seng cair, sehingga cocok untuk penggunaan di luar ruangan.

Produk-produk ini dibuat dengan mencelupkan baja ke dalam seng cair.

Untuk cara lebih muda, senyawa galvanisasi dingin yang tersedia dalam kaleng semprot aerosol di sebagian besar toko perlengkapan rumah bisa menjadi alternatif.

Meskipun mungkin tidak tahan lama seperti logam galvanis panas, ini adalah pilihan yang baik untuk melindungi struktur baja atau logam besi yang tidak memerlukan banyak penanganan, seperti pagar.

3.Gunakan Teknik Bluing

Salah satu pilihan untuk melindungi baja dari karat adalah dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai bluing, sebuah proses yang biasa digunakan di kalangan pemilik senjata sebagai pencegahan korosi.

Proses ini mengoksidasi permukaan baja, menciptakan lapisan pelindung yang mencegah karat terbentuk di atasnya.

Metode yang paling umum adalah bluing dingin dan bluing panas. Hot bluing adalah metode rumit yang mengharuskan seseorang untuk memanaskan logam dalam campuran bahan kimia.

Bluing dingin jauh lebih mudah dan melibatkan penggunaan larutan yang sudah dicampur sebelumnya yang digosokkan pada logam untuk membuat lapisan pelindung.

Metode ini sangat ideal untuk melindungi barang-barang yang lebih kecil, seperti perkakas dan peralatan makan, dan akan bekerja dengan logam besi atau paduan apa pun kecuali baja tahan karat.

Perlu diingat bahwa, sesuai namanya, bluing mengubah warna logam dengan meninggalkan warna biru yang khas.

Baca Juga: Mulai Sekarang Bedakan Lampu Kamar Tidur dari Ruang Lainnya, Simak Alasannya!

Baca Juga: Ada Kejanggalan pada Kasus Bocah Mengambang di Dalam Tangki Air, Tetangga Akui Sang Anak Sering Ditampar dan Dipukul

4.Menjaga Perabot Tetap Bersih dan Terawat

Memiliki furnitur logam di luar ruangan memiliki tantangan tersendiri.

Agar furnitur IDEA lovers awet, biasakan melakukan rutinitas mudah ini.

Setidaknya dua kali setiap tahun, periksa meja dan kursi logamIDEA lovers secara menyeluruh.

Bersihkan perabot menggunakan campuran penghilang karat dari air hangat dan deterjen cair seharusnya berhasil.

Oleskan larutan dengan spons; ambil sikat gigi bekas untuk menggosok area yang sulit dijangkau.

Gunakan selang untuk membilas semua sisa deterjen, lalu keringkan logam dengan lap; dan biarkan kering di bawah sinar matahari.

Selain itu, tindakan sederhana seperti mendentingkan dua permukaan logam bersama-sama dapat membuat satu atau kedua bagian terkelupas, dan menyeret kursi atau kaki meja dapat menyebabkan goresan yang membuat furnitur rentan terhadap karat.

Ambil tindakan pencegahan, angkat furnitur dari tanah saat memindahkannya.

Baca Juga: Tak Hanya Enak untuk Sambal, Ternyata Buah Asal Maluku Ini Buat Perubahan Ajaib pada Kamar Mandi yang Kotor, Sisihkan 10 Menit Saja!

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Bobvila