Perubahan Desain Coworking Space dan Perkantoran karena Pandemi dan Tren Teknologinya

Kamis, 30 September 2021 | 14:00
WeWork

Wework Coworking Space.

IDEAOnline-Perubahan di segala bidang terjadi akibat pandemi Covid-19 tak terkecuali pada konsep desain ruang di coworking space dan perkantoran.

Jika dulunya coworking space umumnya didesain kompak dan ringkas, kini perencanaan desain akan menyesuaikan dengan penerapan protocol kesehatan yang menyarankan agar ada jarak antar-orang.

Diktuip dari Kompas.com, General Manager WeWork Australia dan Asia Tenggara Balder Tol, menyampaikan, pengembangan ruang kerja yang fleksibel harus dikolaborasikan dengan kemampuan beradaptasi untuk mengatasi pandemi.

Menurutnya, banyak pemimpin bisnis, di tengah situasi ini akan dituntut untuk lebih memastikan kesehatandankeselamtan karyawannya.

Di sisi lain, perusahaan kecil juga memilih pengaturan ruang kerja yang lebih fleksibel daripada berkomitmen terhadap ruang kerja tradisional.

Baca Juga: Bikin Nyaman Kerja dari Rumah, Desain Ruang Kerja dengan Cara Ini Yuk!

Diketahui, WeWork telah bekerja sama dengan para pelanggan sepertiperusahaan start-up, perusahaan kecil dan menengah hingga perusahaan besar untuk membantu mereka berkembang dengan lebih disiplin.

"Sebagai perusahaan global, pembeda utama kami terletak pada jaringan, keberadaan, dan pengalaman. WeWork telah berkecimpung dalam bisnis ini lebih dari 10 tahun sehingga tak perlu lagi diragukan kualitasnya," pungkas Balder.

Baca Juga: Bikin Asri, 5 Ruang Ini Paling Pas Dihiasi Tanaman, Cek Inspirasinya!

Selain para pengelola coworking space, untuk mengakomodasi tuntutan kesehatan ini beberapa perusahaan juga telah mendesain ruangan kerja baru mereka dengan penerapan jarak sosial antarkaryawan, memperluas area koridor ruang kantor agar karyawan merasa lebih aman ketika melakukan mobilisasi.

Selain desain, pemanfaatan teknologi canggih seperti teknologi automasi, virtual reality (VR), dan teknologi yang mendukung kolaborasi minim sentuhan lainnya bakal banyak diterapkan di perkantoran masa depan.

Baca Juga: Pemilik Usaha Wajib Tahu, Bangunan Kantor Bersertifikat Hijau Bisa Tingkatkan Kinerja Karyawan

Ilustrasi coworking space.

Contohnya, teknologi nirsentuh. Ini akan diterapkan di beberapa areakantor seperti pintu, lift, maupun toilet.

Pekerja tidak perlu menyentuh pintu kantor, tombol lift, dan keran toilet saat ingin menggunakan.

Beberapa teknologi lain pun diterapkan, seperti teknologi pelacakan untuk membaca pergerakan pekerja saat di dalam kantor. Bahkan ini diprediksi jadi tren di perkantoranmasa depan.

Dengan teknologi ini, pekerja akan diingatkan bila melanggar protokol kesehatan di area kantor.

Selanjutnya, teknologi automasi. Selain mengurangi kontak fisik, teknologi ini juga menjadi salah satu elemen terpenting untuk mendukung transformasi digital di setiap industri.

Baca Juga: Disinfeksi Virus dan Bakteri di Lingkungan Kantor dengan Sinar UV-C, Jangan Salah Pilih Produk dan Penerapannya!

Salah satu teknologi automasi yang dikenal adalah robotic process automation (RPA).

Saat ini, teknologi tersebut mulai banyak digunakan berbagai perusahaan karena bisa membantu kerja karyawan dengan mengurangi pekerjaan yang repetitif.

Penggunaan teknologi automasi juga dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi kesalahan, dan menghemat biaya.

Di masa depan, pengaplikasian teknologi ini akan lebih masif.

dok. Signify

Luminer UV-C upper air dipasang di plafon kantor sebagai disinfektan udara.

Kemudian, teknologi VR atau realitas virtual.

VR merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan melalui komputer.

Biasanya, teknologi ini digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan desain dan arsitektur.

Beberapa fungsi teknologi VR adalah untuk membuat maket desain awal (mock up), kolaborasi proyek antar-stakeholder, dan finalisasi desain bangunan.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, teknologi VR membantu dan bahkan mempercepat kerja desainer serta arsitektur.

Selain beberapa jenis teknologi di atas, teknologi pencahayaan juga diterapkan dengan penggunaan pencahayaan UV-C yang mampu mendesinfeksi ruangan kantor sehingga tetap dalam keadaan steril.

Penerapan teknologi pencahayaan UV-C dilakukan oleh pihak yang kompeten dengan persyaratan pemasangan sesuai aturan agar aman bagi pekerja.

Baca Juga: Ingin Tetap Bekerja Tanpa ke Kantor Pasca-pandemi? Simak Tips Berikut

#BerbagiIDEA #BerbagiCerita #Gridnetwork

Editor : Johanna Erly Widyartanti