Follow Us

Disinfeksi Virus dan Bakteri di Lingkungan Kantor dengan Sinar UV-C, Jangan Salah Pilih Produk dan Penerapannya!

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 02 Desember 2020 | 09:00
Luminer UV-C upper air dipasang di plafon kantor sebagai disinfektan udara. (Signify)

Luminer UV-C upper air dipasang di plafon kantor sebagai disinfektan udara. (Signify)

IDEAOnline-Wabah virus corona yang masih terjadi saat ini, belum diketahui kapan pastinya akan berakhir, namun roda perekonomian harus tetap bergulir.

Perkantoran dan beberapa faslitas umum mulai dibuka kembali, meski dengan pembatasan tertentu dan berbagai aturan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, seiring dengan berbagai upaya pencegahan penularan virus corona penyebab Covid-19, penambahan kasus baru infeksi virus corona di Indonesia dalam beberapa hari belakangan ini disebutkan salah satunya berasal dari aktivitas perkantoran.

Ditulis di laman Kompas.com (16/10/20), berdasarkan data yang tercatat dalam corona.jakarta.go.id, setidaknya terdapat 27 klaster penularan Covid-19 yang terjadi di kantor kementerian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengakui bukti bahwa virus corona dapat menyebar melalui udara, terutama di ruangan tertutup.

Oleh karena itu, selain karyawan yang mulai beraktivitas di kantor diharapkan ketat melaksanakan protokol kesehatan, pengelola perkantoran pun diminta waspada dan meningkatkan keamanan kantornya dari ancaman terpapar virus ketika karyawan bekerja.

Perlunya Disinfektan

Begitu banyak penyakit menular di sekitar kita yang disebabkan oleh mikroorganisme dari unsur non virus seperti cacing, bakteri, jamur, protozoa, dan virus. Semua ini menimbulkan berbagai penyakit termasuk Covid-19 yang saat ini telah menyebar ke lebih dari 216 negara.

“Disinfektan berperan penting membantu mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme,” ujar Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS., Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dalam diskusi virtual bertajuk: “Sinar UV-C Kawan atau Lawan? Pemanfaatan Teknologi UV-C yang Aman untuk Perlindungan Masyarakat dari Mikro-organisme”, yang diadakan oleh Signify (26/8/20).

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus, 3 Hal Mesti Diwujudkan pada Desain Kantor Masa Kini

Ilustrasi kantor bank, mendesinfeksi ruang dengan tenolpgi lampu UV-C.
sygnify

Ilustrasi kantor bank, mendesinfeksi ruang dengan tenolpgi lampu UV-C.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest