Suhu Pengaruhi Suasana Hati, Ada Korelasi antara Musim Kemarau dengan Kebahagiaan, Kok Bisa?

Jumat, 01 Oktober 2021 | 11:30
Pexels.com

Suhu dan cuaca dapat pengaruhi kondisi hubungan dengan pasangan

IDEAonline - Seperti yang kita tahu, warna biru selalu diasosiasikan dengan suasana hati yang santai atau sedih.

Di sisi lain, warna ini juga sering dikaitkan dengan musim hujan atau suhu dingin.

Sebaliknya, warna merah kian dikaitkan dengan semangat tinggi atau sifat agresif. Merah juga merupakan warna yang menggambarkan suhu panas.

Apakah hal ini merupakan suatu kebetulan, atau apakah benar kita dapat merasakan perbedaan pada suasana hati kita ketika merasa kedinginan atau kepanasan?

Penelitian mengatakan bahwa memang benar ada hubungan antara suhu dengan suasana hati seseorang.

Perubahan suasana hati kita tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga pada hubungan atau relasi kita dengan orang yang penting bagi kita.

Oleh karena itu, bagaimana cara menjaga suasana hati kita tetap stabil melalui berbagai cuaca? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Cara Aman Menonton TV agar Tak Memicu Penyakit dan Tips Penempatannya

Argumen yang “Panas”

Menurut penelitian, kebanyakan orang menunjukkan bahwa mereka lebih bahagia saat cuaca panas dibandingkan dengan cuaca yang lebih dingin. Namun, apa korelasi antara musim kemarau dan kebahagiaan?

Faktanya, sinar matahari sangat berpengaruh terhadap rasa lelah. Ini dapat memengaruhi suasana hati seseorang dengan mengubah tingkat serotonin.

Naiknya tingkat serotonin akan mengangkat suasana hati kita. Hubungan kita mungkin menjadi lebih hangat dan dipenuhi dengan banyak momen menyenangkan.

Perjalanan saat musim kemarau dengan orang yang kita cintai akan menjadi sangat menyenangkan!

Namun, salah satu bahayanya adalah bagaimana suhu panas juga mendorong seseorang untuk menjadi agresif dengan temperamen tinggi.

Baca Juga: Rahasia Atasi Bocor dan Rembes di Area Cuci Dapur, Fokus ke 3 Sumber Masalah Ini!

Ketika semuanya baik-baik saja, kita tidak perlu terlalu khawatir. Akan tetapi, jika kita sedang berada dalam tahap emosional kita, luangkan waktu untuk menenangkan diri sebelum berinteraksi dengan orang lain di tengah suhu yang panas.

Kapan pun IDEA Lovers merasakan panas luar biasa yang memengaruhi pikiran, tarik napas dalam-dalam. Minuman segar atau es krim akan membantu menenangkan diri.

Jika tidak bisa mengendalikan diri, IDEA Lovers mungkin akan terlibat dalam perdebatan sengit. Ini mungkin tidak berakhir dengan baik.

Dingin dan Kesepian

Suhu rendah dapat memengaruhi suasana hati kita dengan cara yang berlawanan dengan suhu tinggi.

Kita akan cenderung merasa lebih tenang tanpa kemarahan yang menguasai pikiran kita. Ini akan mengubah dinamika hubungan kita.

Kita akan merasa lebih santai dan menikmati suasana nyaman bersama pasangan.

Penelitian mengungkapkan bahwa keinginan seseorang untuk menonton film romantis lebih kuat ketika mereka merasa kedinginan karena mereka akan mencari kehangatan fisik untuk membuat dirinya merasa nyaman.

Namun, suasana hati yang tenang dan santai ini terkadang menyebabkan interaksi yang lebih sedikit. Ini mungkin membuat kita merasa kekurangan kehangatan fisik atau mental. Dengan demikian, kita lebih mudah merasa kesepian.

Jika tidak ada di antara IDEA Lovers yang melakukan langkah pertama untuk menghangatkan suasana, hubungan Anda akan terasa membosankan.

Pada hari-hari hujan, banyak getaran negatif menyebar di media sosial. Ini mungkin memicu seseorang untuk merasa sedih. Itu akan membawa masalah pada hubungan kita.

Baca Juga: Ingin Memanfaatkan Lampu dalam Tata Interior? Pahami Dulu Jenis-Jenisnya

Persiapkan Diri

Seperti yang disebutkan di atas, suhu memiliki dampak signifikan pada suasana hati kita. Mengontrol cuaca hampir tidak mungkin, tetapi kita dapat mengontrol suhu rumah kita dengan suhu AC yang tepat.

Pada hari-hari cerah, terutama di musim kemarau, IDEA Lovers akan membutuhkan suhu yang lebih dingin untuk menjernihkan pikiran dan memberi getaran yang menyegarkan.

Saat musim hujan tiba, kita akan membutuhkan suhu ruangan yang lebih tinggi agar terasa sedikit lebih hangat.

Namun, ini bukan satu-satunya persiapan yang bisa IDEA Lovers lakukan. Pemasangan lampu dengan warna yang dapat disesuaikan juga akan membawa dampak positif pada suasana hati.

Hal ini karena cahaya dapat mengontrol kadar serotonin dalam pikiran kita. Meningkatkan suasana hati dengan jumlah cahaya yang tepat akan menciptakan getaran yang menyenangkan bahkan di tengah musim hujan.

Di musim panas, suhu hangat akan mendorong banyak orang untuk merasa energik dan terkadang menjadi agresif. Namun di musim hujan, kita akan tergoda untuk menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur.

Musim tidak hanya memengaruhi diri kita sendiri, tetapi juga orang penting di sekitar kita. Dengan demikian, dinamika hubungan kita juga akan berubah.

Cahaya dengan warna hangat dan dingin, layaknya suhu, juga memiliki pengaruh terhadap suasana hati kita.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Seru agar Tetap Produktif meski Hanya di Rumah Saja

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Sumber: cielowigle.com

Editor : Johanna Erly Widyartanti