Follow Us

Ingin Memanfaatkan Lampu dalam Tata Interior? Pahami Dulu Jenis-Jenisnya

Fathia Yasmine - Kamis, 30 September 2021 | 12:19
Ilustrasi lampu dalam hunian
Dok. Shutterstock

Ilustrasi lampu dalam hunian

Idea-Online.com - Sebuah ruang, baik dalam hunian pribadi maupun ruang kerja di kantor, akan terasa lebih nyaman jika tata interiornya sempurna.

Meski demikian, tidak jarang pencahayaan kerap terlupakan saat melakukan renovasi atau mendesain ruangan.

Padahal, pencahayaan dalam ruangan tidak hanya berguna sebagai media penerangan, tetapi juga mampu memengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan siapa saja yang beraktivitas di dalamnya.

Berdasarkan studi berjudul Lighting in the Home and Health yang dirilis Juni 2021, diketahui bahwa pencahayaan alami dapat berperan dalam mencegah penyebaran penyakit di dalam bangunan.

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Detail Bangunan melalui Pilihan Material yang Tepat

Tidak hanya itu, laman ArchDaily juga menyebut, pencahayaan ruang yang tepat juga mampu memengaruhi jam internal tubuh.

Apabila cahaya cukup terang, tubuh akan lebih mudah fokus. Sebaliknya, jika pencahayaan redup, tubuh akan otomatis menyadari bahwa waktu istirahat sudah tiba.

Alhasil, pencahayaan ruangan cenderung lebih redup saat pagi atau siang hari, tubuh menjadi malas untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk menyiasati kebutuhan cahaya di pagi dan siang hari, mendesain ruang dengan banyak bukaan agar sinar matahari mudah masuk bisa dilakukan. Namun, bagi Anda yang memiliki ruangan dengan sedikit area untuk membuat banyak bukaan seperti jendela, pemanfaatan lampu dapat menjadi solusi.

Baca Juga: MFPI 2021 Tawarkan Cara Mudah, Aman, dan Nyaman Beli Rumah Tanpa Keluar Rumah dengan Bunga KPR Spesial 2,3%

Lampu juga dapat menambah kesan estetik dalam ruang. Penempatan lampu dan pemilihan rona cahaya yang kreatif dapat membuat kesan tertentu sehingga penghuni merasa nyaman dan bangga dengan ruangan yang ditempatinya.

Editor : Sheila Respati

Latest