5 Tren Menghidupkan Kembali Ruang Makan dengan Sentuhan Kontemporer

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:01
decoist.com

Ruang makan terbuka dengan partisi rak buku

IDEAonline - Salah satu perubahan terbesar dalam tata letak rumah yang kita perhatikan dalam dekade terakhir adalah bagaimana ruang makan menjadi area yang makin tidak signifikan.

Mungkin sebagian dari kita masih mengingat masa-masa di mana kita berkumpul bersama keluarga di sekitar meja makan untuk makan malam bersama.

Namun saat ini, ruang makan menjadi jauh lebih jarang digunakan karena banyak keluarga yang mulai tidak melaksanakan tradisi makan bersama.

Selain itu, banyak pula yang memiliki kebiasaan makan di kamar tidur atau ruang keluarga.

Jadi, apakah ruang makan sudah ketinggalan zaman?

Ruang makan tradisional mungkin sudah ketinggalan zaman, tetapi itu tidak berarti IDEA Lovers tidak dapat memberikan sentuhan modern untuk memastikan bahwa itu masih merupakan bagian yang relevan dari rumah.

Dengan penerapan ide-ide kontemporer yang tepat, IDEA Lovers dapat mengubahnya menjadi perpanjangan ruang hidup.

Dari integrasinya ke dalam ruang tamu terbuka, hingga partisi cerdas, berikut adalah 5 tren yang memastikan bahwa fungsi ruang makan tidak sepenuhnya tenggelam, dilansir dari decoist.com.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamar Mandi Terasa Suram dan Gelap, Ini Solusinya!

Ruang Tamu Terbuka

Sebagian besar orang cenderung menambahkan ruang makan ke rumah modern mereka dengan memanfaatkan ruang terbuka.

Ruang makan terbuka terasa seperti perpanjangan dari ruang tamu dan duduk sebagai zona transisi antara ruang tamu dan dapur.

Karya seni warna-warni, credenza di latar belakang, karpet, dan desain langit-langit palsu dapat digunakan untuk menggambarkan ruang makan tanpa memberikan gaya yang berbeda dari ruang tamu.

Tetap cantik, pembagian ruang jelas, dan sempurna untuk keluarga urban modern, sebagian besar ruang makan masih tetap relevan menggunakan open floor plan.

Baca Juga: 7 Hal Pantang Dilewatkan saat Mendesain Dapur, Salah bisa Fatal!

Partisi Cerdas

Menggunakan setengah dinding, rak buku kecil yang berfungsi sebagai pembatas ruangan, sekat, atau bongkahan kayu adalah cara yang bagus untuk memberikan identitas berbeda pada ruang makan kecil dan modern tanpa harus bergantung pada dinding.

Pendekatan untuk menggambarkan ruang ini memungkinkan kita untuk mengubah denah lantai dengan mudah dan juga memungkinkan ruang makan dan dapur menjadi bagian dari aktivitas ruang tamu.

Kompas.com
Shutterstock

Ilustrasi inner court di area ruang makan.

Ruang Multifungsi untuk Semua

Ruang makan tidak perlu menjadi tempat untuk menikmati makanan saja.

Saat kita belajar untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan ini, area yang sama dapat digunakan sebagai area kerja, zona mengerjakan pekerjaan rumah untuk anak-anak, dan ruang keluarga ketika berdiri sebagai perpanjangan dari ruang tamu.

Rak buku yang indah di latar belakang dengan kursi di sudut dapat mengubahnya menjadi perpustakaan rumah atau zona belajar dengan penyimpanan pintar, atau juga dapat berfungsi sebagai ruang kerajinan.

Baca Juga: Warna Nyaman Tak Lekang oleh Waktu untuk Kamar Tidur, Mana Pilihanmu?

Pesona Alam dan Tekstur

Di luar fungsionalitas, mereka yang ingin memberikan ruang makan peningkatan dalam hal estetika harus secara serius mempertimbangkan dua tren yang tidak dapat dilewatkan—dinding bata dan tanaman hijau di dalam ruangan.

Kedua elemen ini mengantarkan kontras tekstur dan visual di dalam ruang kontemporer dan dapat menarik perhatian kita hampir seketika.

Elemen tersebut memberikan ruang makan kehadiran yang unik dan memastikannya tidak terasa membosankan atau tidak bernyawa.

Trendi dan ceria, tanaman dalam ruangan dan dinding bata memberi sentuhan estetik di ruang makan.

Desain Hemat Ruang

Jika rumah IDEA Lover tidak memiliki ruang untuk ide ruang makan besar yang merupakan bagian dari ruang terbuka, pikirkan alternatif yang lebih kecil seperti ruang makan sudut dan jamuan makan yang hampir menghilang ke latar belakang.

Meja makan bundar adalah salah satu yang selalu menghemat ruang dibandingkan dengan model persegi dan persegi panjang karena memungkinkan IDEA Lovers menyelipkan banyak kursi.

Baca Juga: Hanya dengan 4 Hal Ini bisa Bikin Kamar Tidur Sempit Tetap Nyaman

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : decoist.com