Vaksin Covid-19 Mulai Diizinkan untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Amankah?

Selasa, 02 November 2021 | 17:30
Alodokter

Vaksin Covid-19 untuk anak-anak, apakah aman?

IDEAonline - Pemerintah sedang gencar menjalankan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Indonesia dalam beberapa bulan terakhir.

Setelah kelompok masyarakat yang menjadi prioritas mulai memenuhi jatah dosis vaksin mereka, kini tibalah saatnya kelompok usia yang lebih muda menerima dosis vaksinasi mereka.

Setelah sebelumnya hanya untuk anak di atas 11 tahun, kini pemerintah Indonesia, melalui BPOM RI telah mengizinkan anak usia 6 tahun mendapat vaksin Covid-19.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap Vaksin Sinovac pada anak usia 6-11 tahun.

"Kami dapat menyampaikan pengumuman telah diterbitkannya izin penggunaan vaksin Covid-19 dari vaksin Sinovac Coronavac dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma untuk anak usia 6 sampai dengan 11 tahun," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers secara virtual, Senin (1/11/2021).

Baca Juga: Hati-Hati, Covid-19 Lebih Berisiko Berbahaya pada Pasien Psoriasis

Masih menurut Penny, BPOM RI harus berhati-hati untuk memberikan izin penggunaan vaksin bagi anak usia dini. "Tentunya anak usia dini kehati-hatian yang lebih untuk memberikan izin bersama dengan tim evaluasi," ucapnya, dikutip dari Kompas.com (1/11/2021).

Menanggapi keputusan BPOM tersebut, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Piprim Basarah Yanuarso, menyatakan pihaknya akan segera menyusun aturan detail terkait penggunaan vaksin Sinovac pada anak usia 6 hingga 11 tahun.

Hal itu disampaikan Pirprim setelah BPOM memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Sinovac untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

"Nanti kita akan mengeluarkan secara detail, ya, rekomendasi vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun," ujar Piprim dalam konferensi pers Persetujuan Penggunaan Vaksin Sinovac pada Anak, Senin (1/11), dikutip dari Kumparan.com (1/11/2021).

Baca Juga: Bikin Interior Cantik Biaya Murah, Kertas Kontak pada Furnitur Bertuliskan 'Dapat Dilepas' Salah Satu Caranya, Cek Lainnya!

Kontra Indikasi Vaksin Covid-19 pada Anak

Pirprim pun menyebut hanya sedikit kasus yang menunjukkan adanya kontra indikasi terhadap vaksin jenis tertentu pada anak.

Namun untuk mengantisipasinya, pihaknya siap segera menyusun detail penggunaan vaksin, khususnya bagi anak yang memiliki kondisi khusus tertentu.

"Tapi pada prinsipnya amat sedikitlah yang akan mengalami ada kontra indikasi, jadi sebagian besar anak kita harapkan dapat menerima vaksin ini," ungkap Pirprim.

Baca Juga: Pandemi Tak Kunjung Usai, Virus Covid-19 Kian Bermutasi Hasilkan Varian Baru, Perlukah Formula Vaksin Diperbarui secara Berkala?

"Tentu saja pada kondisi-kondisi tertentu seperti yang imunocompromise, ya, atau anak sedang sakit berat sedang menderita keganasan, sesak, gagal jantung dan sebagainya tentu tidak bisa, tapi nanti detailnya IDAI akan mengeluarkan rekomendasi secepatnya," lanjut dia.

Pada kesempatan tersebut pun Pirprim memastikan penggunaan vaksin COVID-19 ini tak akan berimplikasi langsung pada vaksin lain yang digunakan pada kelompok umur tersebut.

Artikel ini telah tayang di Health.grid.id dengan judul “BPOM Ijinkan Anak 6 Tahun Divaksin Covid-19 Sinovac, IDAI Langsung Bertindak”.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : health.grid.id