Kenali Manfaat Air Purifier dan Cara Kerjanya agar Efektif Pengunaannya

Sabtu, 27 November 2021 | 10:42
Orami

Ilustrasi air purifier dalam ruangan

IDEAonline - Semenjak pandemi Covid-19 merebak, kita pun menjadi lebih peduli terhadap udara yang kita hirup.

Pasalnya, virus Covid-19 sendiri memang dapat menular melalui udara.

Namun, tahukah IDEA Lovers? Terlepas dari virus Covid-19, udara yang kita hirup juga mengandung berbagai partikel lain yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Hal ini pun tidak hanya kita temukan pada udara yang kita hirup di luar rumah.

Udara di rumah kita sendiri pun bisa mengandung berbagai racun dan alergen yang tidak baik untuk tubuh kita.

Itulah sebabnya beberapa orang memiliki pembersih udara atau air purifier di rumah mereka. Kini pertanyaannya, apakah mereka benar-benar bekerja secara efektif?

Tapi tahukan IDEA Lovers, bagaiman cara alat pembersih udara atau air purifier bekerja?

Baca Juga: Mengenal Rain Shower, Hadirkan Sensasi Mandi di Alam Terbuka

Pembersih udara pada dasarnya bekerja dengan membersihkan udara, yang mungkin termasuk polutan, alergen, dan racun.

Mereka adalah kebalikan dari diffusers dan pelembap minyak esensial, yang menambahkan partikel ke udara dalam ruangan.

Pembersih udara juga bertindak berbeda dari filter. Filter hanya menghilangkan partikel, pembersih udara atau air purifier dapat membersihkannya.

Partikel yang dapat dihilangkan melalui pembersih udara pada akhirnya tergantung pada jenis alat yang IDEA Lovers pilih.

Versi tertentu dibuat dengan filter untuk menjebak partikel saat udara mengalir melaluinya, sementara versi lain dapat menetralkan partikel lain di udara tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Pilihan lainnya adalah pembersih udara yang memancarkan ion negatif, yang membantu menarik partikel ion positif di udara sehingga mereka dinetralkan. Kelemahan dari opsi ini adalah kemungkinan emisi ozon.

Baca Juga: Begini Cara Mengatur Layout Kamar Mandi yang Bentuk Lahannya Tak Biasa dan Kecil

Apakah pembersih udara efektif?

Jawaban singkatnya adalah ya. Namun, pembersih udara kemungkinan tidak akan menghilangkan atau menetralkan semua partikel yang mengganggu di rumah.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak partikel dapat menempel pada permukaan yang lembut, seperti furnitur, tempat tidur, dan karpet, serta permukaan yang keras, seperti dinding.

Pembersih udara dapat bertindak sebagai pelengkap filter dan strategi lain untuk membantu menyingkirkan partikel berikut.

Baca Juga: Didukung Filter Teknologi Ganda, Air Purifier AIOT Sharp Ciptakan Udara Bersih Bebas Virus, Begini Cara Kerjanya!

Sharp

Hasilkan udara bersih sehat bebas virus, air purifier dibenami ion plasmacluster.

Lantas apa saja yang bisa membuat udara di dalam rumah kotor dan berpotensi menyebarkan penyakit?

Alergen

Alergen adalah zat yang dapat menimbulkan respon imun yang merugikan berupa alergi atau asma.

Serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan tungau debu adalah salah satu alergen udara yang paling umum.

Pembersih udara dapat bekerja bersama dengan filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA), filter terakhir yang paling dikenal untuk menjebak alergen di udara.

Baca Juga: Retak Rambut Picu Jamur dan Bikin Rumah Tak Indah, Atasi dengan Ini!

Jamur

Seperti alergen, partikel jamur dalam ruangan bisa menjadi sangat berbahaya bagi penderita asma dan kondisi paru-paru lainnya.

Jamur di rumah bisa disebabkan katrena kondisi lembap di dalam rumah yang mengakibatkan dinding, plafon, dan barang-barang (umumunya yang terbuat dari kayu) di rumah menjadi ditumbuhi jamur.

Pada tingkat keparahan tertentu, dan pembersihan yang tidak tepat, spora jamur bisa terbang dan mengotori udra di dalam rumah.

Pembersih udara mungkin bekerja sampai tingkat tertentu, tetapi penyaringan jauh lebih efektif dalam menghilangkan jamur di udara.

Pembersih udara dengan filter HEPA akan bekerja paling baik, dapat sekaligus mengurangi tingkat kelembapan di rumah.

Baca Juga: Sambut Nataru, Ubah Desain Foyer agar Tampil Baru Yuk, Ini Idenya!

Asap

Pembersih udara yang dilengkapi filter juga dapat menghilangkan asap di udara, termasuk asap dari kebakaran lanskap dan asap tembakau.

Namun, pembersih udara tidak dapat sepenuhnya menghilangkan bau asap, dan mungkin masih ada noda asap di dinding dan langit-langit meskipun telah digunakan.

Berhenti merokok lebih baik daripada mencoba menyaring udara yang dipenuhi asap. Satu studi tentang pembersih udara menemukan bahwa perangkat ini tidak banyak menghilangkan nikotin dari udara dalam ruangan.

Racun dalam Ruangan

Rumah IDEA Lovers tidak hanya dapat menjadi sumber alergen dan jamur di udara, tetapi juga dapat menjadi sumber racun dalam ruangan dari produk pembersih, produk perawatan pribadi, dan banyak lagi.

Ketika partikel-partikel ini hidup di udara, mereka bisa menjadi berbahaya bagi tubuh. Pembersih udara juga dapat menjebak racun dalam ruangan, tetapi cara terbaik untuk membuang racun di rumah adalah dengan mengurangi penggunaannya sejak awal.

Baca Juga: Berteknologi UV-C, Pembersih Udara Desinfeksi Philips Ini Aman Digunakan di Sekitar Makhluk Hidup

Manfaat Pembersih Udara

Sementara obat untuk alergi dan asma dapat membantu meringankan gejala dan mencegah reaksi, pembersih udara dapat membantu menghilangkan sumber gejala sejak awal.

Setelah terus digunakan, ada kemungkinan IDEA Lovers mengalami lebih sedikit reaksi alergi dan gejala asma.

Namun, ini bukan pengganti obat IDEA, dan tetap penting untuk mencegah partikel yang mengganggu masuk ke rumah sejak awal. Selalu bicarakan dengan dokter sebelum mengurangi atau menghentikan obat apa pun.

Sementara pembersih udara dapat membantu membersihkan udara dalam ruangan, mereka cenderung bekerja lebih efektif bila dikombinasikan dengan filter.

Baca Juga: Imajinasi 7 Pemural Muda Tentang Indonesia Baru Tergambar di Tembok Sepanjang 110 Meter Ini

Ada juga ukuran pembersih yang perlu dipertimbangkan. Sistem yang lebih besar sangat ideal jika ingin mencoba mendapatkan udara yang lebih bersih untuk seluruh rumah.

Jika tidak, IDEA Lovers mungkin memerlukan beberapa pembersih yang lebih kecil atau portabel untuk setiap ruangan. Terlepas dari potensi manfaatnya, pembersih udara mungkin sia-sia jika IDEA Lovers tidak mengambil langkah lain untuk menciptakan udara yang lebih bersih di rumah.

Mereka hanya menghilangkan partikel di udara, tetapi tidak akan banyak membantu setelah partikel ini menempel di permukaan rumah IDEA Lovers.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti