Bebaskan Interior Mobil dari Virus Covid-19, Ini Cara dan Pilihan Pembersih yang Tepat

Jumat, 03 Desember 2021 | 07:35
Money Crashers

Ilustrasi membersihkan interior mobil

IDEAonline - Semenjak pandemi, kita menjadi makin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Tidak hanya kebersihan diri kita sendiri, tetapi juga lingkungan di sekitar kita.

Pasalnya, virus Covid-19 bisa menempel pada permukaan barang apa pun.

Itulah sebabnya kita harus rajin membersihkan interior rumah kita agar selalu terbebas dari virus. Sebab banyak orang sudah mulai beraktivitas di luar rumah, kita bisa membawa pulang virus dan membahayakan seisi rumah.

Namun, rupanya tidak hanya rumah kita yang perlu dibersihkan, interior mobil kita pun perlu dibersihkan.

Ketika kita berpergian menggunakan mobil, mau tidak mau mobil kita berisiko membawa virus dari luar ke rumah.

Dilansir dari healthline.com, berikut adalah langkah-langkah yang dapat IDEA Lovers lakukan untuk membersihkan dan melakukan disinfeksi pada interior mobil.

Baca Juga: Inilah Peran 11 Jenis Warna dalam Feng Shui untuk Mengundang Energi yang Diinginkan ke Rumah

Pertama-tama, pembersih mana yang aman untuk sanitasi mobil?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), produk yang paling efektif untuk membunuh virus Covid-19 adalah sabun dan air, dan larutan alkohol yang mengandung setidaknya 70 persen isopropil alkohol. Produk ini juga aman untuk interior kendaraan.

Produk yang mengandung pemutih, hidrogen peroksida, dan amonia efektif membunuh virus Covid-19, tetapi dapat merusak pelapis dan kulit, serta dapat menghitamkan kain.

Mereka juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata, bahkan luka bakar. Membersihkan dengan pemutih juga dapat menciptakan polutan udara dalam ruangan, menurut penelitian baru.

Baca Juga: Sembilan Tanaman Ini Mudah Ditanam di Rumah dan Dapat Menjadi Alternatif Air Purifier

Produk alami seperti cuka, minyak pohon teh, dan vodka belum terbukti efektif melawan virus Covid-19 baru, menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA).

Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan pembersih agresif pada layar infotainment dan layar sentuh lainnya.

IDEA Lovers harus menggunakan tisu layar atau kain lembut yang dibasahi dengan sabun dan air, dan lap hingga kering.

IDEA Lovers juga dapat meletakkan penutup yang dapat dilap pada barang elektronik agar pembersihan dan disinfektan menjadi lebih mudah dan aman.

Alkohol Isopropil

Alkohol isopropil harus mengandung setidaknya 70 persen alkohol. Alkohol mengganggu membran virus dan dapat membunuh virus Covid-19 saat kontak.

Sabun dan Air

Sabun dan air saja sudah cukup untuk mengganggu lapisan luar yang dibutuhkan virus untuk menyebabkan infeksi. Namun, ini membutuhkan gesekan, jadi IDEA Lovers harus benar-benar menggosok permukaan yang ingin desinfeksi.

Baca Juga: Cara Bikin Interior Tak Ketinggalan Zaman dengan Paduan Gaya Victorian dan Kontemporer

Perlengkapan Lain yang Diperlukan

Saat bersiap untuk mendisinfeksi interior kendaraan, IDEA Lovers harus mengumpulkan beberapa persediaan selain larutan pembersih.

Ini termasuk sarung tangan; masker; tisu layar (jika kendaraan memiliki layar sentuh); kain microfiber (untuk membersihkan dan mengeringkan); ember untuk mencampur sabun dan air; pakaian kerja yang dapat dicuci segera sesudahnya; sikat untuk menggosok noda; pembersih jendela/kaca untuk membersihkan kaca setelah didesinfeksi; kondisioner kulit (jika memiliki jok kulit).

Cara Mensterilkan Mobil

Saat membersihkan, buka pintu dan jendela karena beberapa produk pembersih dapat mengiritasi mata atau tenggorokan.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membersihkan mobil secara menyeluruh:

  1. Pertama, cuci tangan dan kenakan sarung tangan sekali pakai. IDEA Lovers juga harus memakai masker wajah saat membersihkan untuk melindungi diri dari debu, inhalasi bahan kimia, dan potensi paparan virus.
  2. Lepaskan semua alas lantai dan kebaskan.
  3. Vakum celah secara menyeluruh untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  4. Campur air hangat dan sabun dalam ember.
  5. Celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan sabun dan bersihkan permukaan kursi secara menyeluruh. IDEA Lovers harus benar-benar menggosok, tetapi jangan menjenuhkan pelapis atau kulit dengan terlalu banyak larutan. Terlalu banyak air dapat meresap ke dalam bantal dan menyebabkan jamur tumbuh.
  6. Gosok keset lantai yang sebelumnya dilepas dengan larutan sabun. Lap bersih dengan kain lembap kedua dan keringkan secara menyeluruh dengan handuk.
  7. Gunakan kain lembut yang dibasahi untuk menyeka kotoran, debu, dan apa pun yang lengket dari semua permukaan kendaraan lainnya.
  8. Celupkan kain mikrofiber atau kain lembut ke dalam alkohol isopropil 70 persen atau gunakan tisu berbasis alkohol untuk menyeka permukaan yang sering disentuh (roda kemudi, kenop, gagang, tuas, dll.).
  9. Biarkan kering selama 5 hingga 10 menit. Permukaan harus tetap basah dengan pembersih selama beberapa menit agar efektif membunuh virus dan bakteri.
  10. Disinfeksi jendela dan cermin dengan sabun dan air atau alkohol. Pembersih jendela tradisional tidak membunuh virus Covid-19. Setelah disinfektan, IDEA Lovers dapat menyemprotkan larutan pembersih jendela ke jendela dan membersihkannya dengan kain mikrofiber.
  11. Buang semua sarung tangan dan alat pelindung diri (APD) sekali pakai lainnya yang digunakan untuk membersihkan.
  12. Segera setelah membuang sarung tangan, cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.
  13. Cuci semua pakaian yang dikenakan selama pembersihan dan disinfektan dengan air hangat atau panas.
Baca Juga: Cara Bikin Interior Tak Ketinggalan Zaman dengan Paduan Gaya Victorian dan Kontemporer

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Sumber : Healthline