Jangan Terulang Lagi, Ini Kesalahan Tata Letak yang Paling Umum di Dapur!

Jumat, 25 Maret 2022 | 07:00
HGTV

Tata letak dapur

IDEAonline - Memang memiliki perlengkapan dapur yang komplit dan indah adalah hal yang penting.

Namun, tata ruang dapur juga sama pentingnya.

Dengan tata letak yang salah, peralatan dapur yang lengkap sekalipun tidak akan bisa digunakan secara efektif dan efisien.

Jadi, untuk memaksimalkan fungsi dapur beserta peralatannya, jangan sampai IDEA Lovers melakukan kesalahan terkait tata ruang dapur.

Berikut adalah beberapa kesalahan tata letak yang paling umum dilakukan pada dapur beserta solusinya, dilansir dari houzz.com (21/03/2022).

Baca Juga: Bawa Pesona Baru di Rumah dengan 5 Tanaman Trendi Mudah Dirawat Ini

1. Ruang Sirkulasi Tidak Memadai

Gagal memberikan ruang sirkulasi yang cukup dapat membuat dapur terasa sempit dan membatasi jumlah orang yang dapat menggunakannya dengan nyaman pada saat yang bersamaan.

Ini menyebabkan lebih banyak masalah ketika dapur juga berfungsi ganda sebagai “jalan raya” di rumah.

Kurangnya ruang di dapur juga bisa menyulitkan pengguna untuk membuka peralatan seperti kulkas dan mesin pencuci piring.

Untuk memberikan sirkulasi yang memadai, cobalah untuk memiliki jarak sekitar 120 cm di antara meja dapur, kata Jenefer Gordon, kepala di firma desain interior Eat Bathe Live.

Berikan sedikit lebih banyak ruang jika ada jalan yang mengarah melalui dapur.

Di dapur kecil, 1 meter akan menjadi jumlah ruang minimum di antara meja, tetapi sediakan lebih banyak ruang jika bisa.

2. Tidak Merencanakan Alur Kerja

Alur kerja dapur yang baik sangatlah penting.

Jika tidak memilikinya, dapur akan menjadi tidak efisien, dan kita bisa-bisa perlu berlari bolak-balik di antara berbagai bagian dapur setiap kali memasak, mencuci peralatan dapur, atau menyiapkan makanan.

Pada tahap perencanaan, pertimbangkan dengan cermat bagaimana IDEA Lovers menggunakan dapur.

Gordon menyarankan untuk meningkatkan fungsionalitas dengan memasukkan penyimpanan rempah-rempah dan minyak di dekat zona memasak dan menyimpan peralatan makan dan piring di dekat tempat mencuci piring.

Baca Juga: Lebih Baik Membeli Rumah dengan Halaman atau Tidak? Berikut Pertimbangannya!

3.Tidak Mempertimbangkan Kebutuhan Peralatan

Kurangnya perencanaan terkait peralatan dapur dapat menyebabkan pemilihan alat/perabot yang kurang efisien, misalnya kulkas yang terlalu besar dan justru menghabiskan tempat.

Hal ini dapat memengaruhi kemampuan untuk membuka lemari dan peralatan lain di dapur, dan mengurangi ruang sirkulasi.

Tidak mempertimbangkan peralatan yang lebih kecil seperti microwave, blender, dan pengolah makanan juga bisa menjadi masalah.

Tanpa tempat yang layak, mereka akhirnya bisa duduk di meja dan membuat dapur terlihat berantakan.

Untuk itu, pilih peralatan yang akan dibutuhkan di dapur jauh-jauh hari sebelumnya, periksa dimensi dan cara membuka peralatan untuk memastikan bahwa tata letak dapur dapat menampungnya dalam penyimpanan tersembunyi yang disesuaikan.

Ini juga berlaku untuk panci dan wajan.

4. Penempatan Pencahayaan yang Buruk

Jika IDEA Lovers tidak meletakkan perlengkapan lampu yang tepat di atas meja, IDEA Lovers akan berakhir menyiapkan makanan, memasak, dan membersihkan peralatan dapur di tempat yang gelap dan itu mungkin berbahaya.

Kesalahan pencahayaan lainnya yang umum adalah memprioritaskan estetika daripada fungsionalitas.

Lampu liontin memang terlihat indah, tetapi jika tidak cukup terang untuk menyinari permukaan kerja di dapur, maka itu bukan pilihan yang baik.

Sebaiknya, IDEA Lovers memposisikan pencahayaan sedikit di depan kita daripada langsung di atas atau di belakang kita.

Memasang downlight, lampu gantung, dan sconce di rangkaian terpisah akan memudahkan kita untuk mengontrol tingkat pencahayaan dan suasana.

Jangan lupa untuk memilih bohlam yang memancarkan cahaya yang cukup, sehingga IDEA Lovers dapat melihat apa yang IDEA Lovers lakukan saat memotong dan memasak.

Baca Juga: Daur Ulang Yuk! Cara Sederhana Kelola Sampah dan Barang Bekas di Rumah

5. Melupakan Fungsi

Saat merencanakan perombakan pada dapur, pastikan IDEA Lovers menempatkan area tersibuk di dapur—wastafel, kompor, dan kulkas—di lokasi praktis yang relevan satu sama lain sambil memberikan ruang yang cukup bagi orang untuk menggunakan dan mengaksesnya dengan nyaman.

Saat memilih lemari atau kulkas, pastikan pintunya tidak menghalangi alur kerja kita saat dibuka.

Untuk itu, rencanakan tata letak dapur sedini mungkin, dan pilih peralatan yang akan dibutuhkan sebelum IDEA Lovers mulai melihat lemari, kabinet, atau tempat penyimpanan lain.

Ini akan memungkinkan kita untuk menyesuaikan unit kita dengan peralatan kita, dan bukan sebaliknya.

Perencanaan ini akan membantu kita memberi dapur kita tampilan mulus yang cerdas dan hemat ruang.

6. Ruang Terbuang di Kitchen Island

Island dapur sangat bagus untuk menambah ruang persiapan dan penyimpanan, tetapi hanya akan berfungsi jika IDEA Lovers memiliki ruang yang cukup.

Jika dapur kecil, kitchen island bisa malah menjadi pemborosan ruang.

Selain itu, island yang diletakkan di tempat yang tidak tepat dapat menghalangi pola sirkulasi di sekitar wastafel, kulkas, kompor, dan daerah kerja utama.

Sebagai solusi, pilihlah kitchen island hanya jika dapur IDEA Lovers cukup luas untuk menampungnya.

Setidaknya sediakan sekitar 1 meter di kedua sisi island untuk ruang sirkulasi yang baik.

Memutuskan seberapa besar atau kecil unit kitchen island juga akan tergantung pada apa yang dibutuhkan untuk rumah dan proporsi dapur kita.

Lebar minimum untuk kitchen island yang disarankan adalah 1,2 meter.

Namun, jika IDEA Lovers tidak berencana memasang wastafel atau kompor di dalamnya, lebarnya bisa hanya sekitar 60 cm.

Baca Juga: Miliki Market Milenial, Pengembang Shila at Sawangan Gandeng WIR Asia Bawa Properti Indonesia Masuk Dunia Metaverse

7. Ruang yang Tidak Memadai antara Wastafel dan Kompor

Area antara wastafel dan kompor adalah area persiapan makanan utama, jadi meskipun tidak ada pedoman yang ditetapkan, kita akan menginginkan ruang yang luas untuk itu.

Saat merencanakan tata ruang dapur, pastikan tata letak setiap elemen pengisi ruang memenuhi kebutuhan praktis sehari-hari pengguna dapur.

8. Pintu dan Laci Kabinet yang Diposisikan dengan Buruk

Pintu dan laci kabinet dapat menghalangi jalan saat dibuka.

Untuk itu, perencanaan adalah kunci. Sebelum menentukan tata letak setiap perabot, pikirkan tentang bagaimana dan di mana semua elemen di dapur akan terbuka, termasuk lemari, laci, kulkas, dan mesin pencuci piring jika ada.

Pertimbangkan juga bagaimana orang akan bergerak di sekitar dapur.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : houzz.com

Baca Lainnya