Pernah Dengar Istilah 'Kitchenette'? Ternyata Kitchenette Tidak Sama dengan Dapur Standar!

Jumat, 25 Maret 2022 | 09:42
Homedit

Ilustrasi kitchenette

IDEAonline - Apakah IDEA Lovers pernah mendengar istilah “kitchenette”?

Apabila IDEA Lovers pernah mendengar istilah “dampur kompak” atau melihat dapur yang membaur dengan ruang lain seperti ruang tamu, maka sebenarnya IDEA Lovers telah melihat secuplik dari kitchenette.

Pada dasarnya, kitchenette adalah versi dapur yang lebih kecil, tetapi dengan beberapa perbedaan yang bisa dibilang penting.

Dilansir dari apartmenttherapy.com (25/07/2020), berikut adalah penjelasan tentang apa yang membedakan dapur kecil ini dari dapur standar menurut Kerry Melcher, seorang ahli real estate in-house di perusahaan real estate Opendoor.

Baca Juga: Ternyata Bersihkan Microwave Sangat Sederhana, Hanya Butuh Lemon dan Soda Kue!

Apa perbedaan antara dapur dan dapur kecil?

Ukuran sesungguhnya bukan pembeda yang sebenarnya antara dapur dan dapur kecil.

Itu adalah apa yang ada di dalam ruangan, dan jenis serta ukuran peralatan tersebut.

“Sementara dapur memiliki meja, rak, dan peralatan berukuran penuh seperti kompor dan lemari es, dapur kecil sebagian besar mencakup beberapa kebutuhan kecil,” kata Melcher.

Kebutuhan kecil itu bisa mencakup kulkas mini dan kompor.

Bisakah IDEA Lovers memasak di dapur kecil?

IDEA Lovers tentunya pasti bisa memasak di dapur kecil.

Dalam dapur kecil kita mungkin tidak memiliki semua peralatan besar atau megah dan ruang counter yang biasanya ada di dapur yang sepenuhnya dihias, tetapi kita sudah bisa memiliki semua yang kita butuhkan untuk memasak—meskipun mungkin hanya untuk diri sendiri.

Baca Juga: Lebih Baik Membeli Rumah dengan Halaman atau Tidak? Berikut Pertimbangannya!

Apa yang biasanya terdapat di dapur kecil?

Meskipun peralatan dan fitur dapur kecil terbatas, ia masih memiliki hal-hal penting yang akan kita butuhkan dari dapur.

“Sebuah dapur kecil mungkin memiliki microwave, wastafel, hot plate, dan kulkas kecil,” kata Melcher.

Dapur kecil juga biasanya memiliki beberapa fasilitas penyimpanan, seperti satu atau dua lemari atau rak.

Banyak orang yang tinggal di rumah dengan dapur kecil bahkan juga berinvestasi dalam peralatan seperti pengukus makanan, ketel listrik, pemanggang roti, dan panci instan.

Hal terpenting yang harus disediakan di dapur kecil, katanya, adalah counter yang bagus dan stop kontak yang berlimpah.

Kemudian jika IDEA Lovers ingin menambahkan sentuhan pribadi, IDEA Lovers dapat mengganti rak penyimpanan dengan sesuatu yang lebih unik.

Baca Juga: Gaya Kontemporer dan Modern Tidaklah Sama, Kenali Perbedaan-Perbedaan Kuncinya!

Seberapa besar luas dapur kecil?

Dapur kecil tidak semuanya berukuran sama, tetapi ukurannya pasti tidak cukup besar untuk peralatan masak berukuran standar.

Sering kali, IDEA Lovers akan menemukan dapur kecil di sudut ruang tamu yang lebih besar, memungkinkan cukup ruang untuk membawa counter beroda juga.

Properti seperti apa yang biasanya menggunakan dapur kecil?

Dapur kecil muncul di berbagai properti dan ruang—di mana saja mulai dari guest room, rumah sewa jangka pendek, dan rumah yang lebih kecil.

Menurut Melcher, dapur kecil ini juga bisa muncul di halaman belakang, terutama di rumah dengan halaman yang lebih besar yang mencakup dapur luar ruangan.

Namun, pada akhirnya, apakah ada dapur kecil atau tidak tergantung pada zonasi.

“Dalam banyak kasus, jika Anda melihat dapur kecil, itu berarti unit tersebut mungkin tidak dikategorikan untuk kompor atau oven, karena hal itu membuat unit tersebut melintas ke tipe hunian yang berbeda dan banyak properti memiliki batasan,” kata Melcher.

Baca Juga: Daur Ulang Yuk! Cara Sederhana Kelola Sampah dan Barang Bekas di Rumah

Apa manfaat dapur kecil?

Beberapa penyewa mungkin tidak perlu membayar untuk tempat dengan dapur lengkap yang kemungkinan besar tidak akan pernah digunakan.

Dapur kecil sangat ideal bagi mereka yang tidak membutuhkan dapur lengkap untuk memasak.

“Mereka mampu mengakomodasi situasi kehidupan yang berbeda, seperti untuk mahasiswa, pengasuh, teman, atau kakek-nenek, dan kebutuhan mereka akan privasi dan otonomi,” ungkap Melcher.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Apartment Therapy