Ciptakan Tingkat Privasi yang Dibutuhkan Kamar Mandi dengan Memilih Bahan-Bahan Berikut Ini!

Minggu, 27 Maret 2022 | 20:25
Mymove

Ilustrasi jendela kamar mandi

IDEAonline - Dalam interior rumah, kamar mandi adalah salah satu ruangan yang bisa dibilang paling privat.

Namun nyatanya, banyak pula orang yang jendela kamar mandinya menghadap ke jalan, tetangga, atau bahkan alam terbuka.

Memilih jendela yang dapat menambahkan privasi ke kamar mandi memang tergantung pada anggaran, gaya, dan jenis jendela yang dimiliki, juga seberapa banyak privasi yang dibutuhkan.

Kamar mandi juga merupakan ruangan terbasah di rumah, membuat pemilihan bahan menjadi hal yang sangat signifikan.

Untuk IDEA Lovers yang ingin menciptakan tingkat privasi yang tepat dan memilih jendela yang sempurna untuk kamar mandi, berikut adalah beberapa bahan yang bisa dipertimbangkan, dilansir dari thespruce.com (03/01/2022).

Baca Juga: Susah Tidur di Malam Hari? Letakkan Salah Satu dari Tanaman Berikut Ini di Kamar Tidur Anda!

Baca Juga: Gunakan Pembatas Ruangan Alih-Alih Menambah Dinding, Berikut Adalah Berbagai Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan!

Roller Shades

Pinterest

Ilustrasi roller shades di kamar mandi

Roller shade dengan kain penyaring cahaya di kamar mandi, telah digunakan di banyak interior modern.

Fungsi roller shade seperti jendela buram, memungkinkan cahaya alami masuk.

Bahan PVC atau fiberglass sangat mudah dibersihkan dan tahan jamur.

Di sisi lain, bahan campuran poliester tidak melorot karena kelembapan, tetapi mereka masih menawarkan sedikit kelembutan di ruangan yang terkesan kaku.

Sebelum memesan, periksa pemandangan dari luar di malam hari untuk memastikan privasi total.

Nuansa roller shade berkisar dari warna putih sederhana hingga nuansa custom-made yang sangat dekoratif dalam pola, warna, dan berbagai tingkat transparansi.

Mereka dapat dipasang dengan tali untuk membuka dan menutup, atau otomatis dengan tombol tekan.

Untuk pilihan yang lebih murah, IDEA Lovers dapat memasang roller shade pada bahan seperti bambu yang akan menyaring cahaya sekaligus menerangi lingkungan IDEA Lovers.

Baca Juga: Berikut Delapan Warna yang Cocok Dipadukan dengan Abu-Abu untuk Menciptakan Berbagai Tampilan yang Berbeda!

Baca Juga: 5 Tren Penataan Ruang Keluarga yang Ciptakan Suasana Segar

Blinds

Sunburst Shutters

Ilustrasi blinds di kamar mandi

Jenis lain yang populer untuk kamar mandi adalah tirai blinds dengan bahan yang berkisar dari logam yang dicat hingga kayu dan dapat disesuaikan untuk membiarkan lebih banyak atau lebih sedikit cahaya masuk sesuai cuaca.

Meskipun mereka tidak terlihat secantik beberapa jenis tirai yang lain, mereka akan menjalankan pekerjaan dengan baik jika sisa kamar mandi didekorasi dengan baik dan kita menjaganya tetap bersih dan rapi.

Kita juga dapat memasang daun jendela kayu yang tahan lama untuk tampilan yang lebih tinggi dan klasik.

Baca Juga: Gaya Industrial dan Rustic Rupanya Dapat Dipadukan untuk Menciptakan Ruangan yang Ramah dan Nyaman Lho! Berikut Caranya!

Kaca Semi Buram

Sportsman Glass

Ilustrasi kaca semi-buram di kamar mandi

Jika ingin merenovasi atau membangun rumah dari awal, solusi terbaik untuk melestarikan cahaya alami tetapi menambahkan privasi ke kamar mandi adalah memilih kaca semi-buram untuk jendela kamar mandi.

Kamar mandi memang pada dasarnya adalah ruang privat, tetapi cahaya alami penting baik untuk estetika maupun untuk memerangi pertumbuhan jamur.

Menemukan cara untuk mendandani jendela untuk privasi dan cahaya bisa jadi rumit, tetapi ada banyak jenis kaca buram yang bisa mencapai kedua fungsi tersebut.

Kaca Film

Joom

Ilustrasi kaca film di kamar mandi

Jika IDEA Lovers seorang penyewa atau pemilik rumah yang tidak memiliki keinginan atau anggaran untuk mengganti jendela, menggunakan film kaca yang hemat biaya adalah pilihan yang tepat.

Kaca film yang murah dapat dipotong untuk disesuaikan dengan ukuran jendela.

Mereka datang dalam berbagai pilihan, dari polos hingga dekoratif, dan beberapa membantu menghalangi sinar UV.

Baca Juga: Jangan Salahkan Diri Sendiri Jika Rumah Hangus, Pelajari Kembali Kegunaan Perangkat Listrik, Wajib Hapal!

Tirai

Memasang setengah tirai yang ringan atau kasa di kamar mandi adalah cara mudah dan teruji waktu untuk menambahkan privasi tanpa menghalangi terlalu banyak cahaya.

Namun, banyak ahli memperingatkan agar tidak menggantung gorden, terutama jika menutupi lantai.

Banyak orang ingin menghindari tirai yang menyerap air karena lingkungan yang lembap lebih rentan terhadap jamur dan juga tidak akan memberikan banyak privasi ke ruangan itu.

Pilihan DIY

Jika IDEA Lovers mencari perbaikan cepat atau sementara, ada banyak pilihan kreatif DIY untuk menambahkan privasi ke jendela kamar mandi.

Tergantung pada tata letak kamar mandi dan ruang lantai yang tersedia, IDEA Lovers dapat menciptakan privasi menggunakan layar dekoratif ringan atau pembatas ruangan dengan bahan seperti anyaman rotan atau rotan alami yang akan menciptakan privasi sekaligus membiarkan cahaya masuk.

IDEA Lovers juga dapat membuat layar hijau ramah lingkungan dari tanaman untuk membangkitkan suasana hati.

Tambahkan banyak tanaman jika ingin mengaburkan pandangan sepenuhnya, atau hanya beberapa pot yang ditempatkan secara strategis di ambang jendela, tergantung seberapa banyak IDEA Lovers ingin menciptakan privasi.

Jendela yang dalam dapat bertindak seperti kotak bayangan untuk tampilan yang akan berfungsi sebagai pelindung privasi.

Misalnya, IDEA Lovers dapat memasang rak kaca dan melapisinya dengan botol kaca berisi parfum, sabun cair, atau keranjang anyaman longgar yang masih memungkinkan sedikit cahaya untuk masuk sekaligus menambah privasi.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : The Spruce

Baca Lainnya