Perbaiki Kualitas Tidur, Tata Kamar dengan Trik Ini

Selasa, 29 Maret 2022 | 10:00
Dok. Shutterstock

Ilustrasi tidur nyenyak

Idea-Online.com – Tidur nyenyak merupakan kunci untuk mendapat tubuh yang sehat serta perasaan bahagia. Sayangnya, tidak jarang beberapa orang sulit mendapatkan tidur berkualitas setiap malamnya.

Dilansir dariApartment Therapy, Sabtu (22/5/2021), ada beragam penyebab seseorang sulit mendapat tidur berkualitas. Salah satunya disebabkan oleh kamar berantakan, stres dan kelelahan, hingga tata letak kamar yang kurang pas.

Masih dikutip dari sumber yang sama, semakin nyaman kamar tidur, maka semakin pulas dan berkualitas pula tidur yang dimiliki. Oleh karena itu, kamar tidur sebaiknya memiliki tata letak dan desain yang tepat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa trik menata kamar tidur yang bisa iDea Lovers lakukan untuk memperoleh tidur berkualitas. Berikut rinciannya.

Baca Juga: Ciptakan Tingkat Privasi yang Dibutuhkan Kamar Mandi dengan Memilih Bahan-Bahan Berikut Ini!

Pilih warna interior yang netral

Warna memainkan peran besar dalam suasana ruangan. Namun, tidak jarang pemilik rumah kerap menggunakan warna dan motif ramai di kamar tidur. Padahal, hal inilah yang membuat suasana kamar jadi kurang nyaman untuk ditempati.

Dilansir dariTimes of India, Senin (11/10/2021) kamar tidur bukanlah tempat yang cocok untuk bereksplorasi dengan warna. Untuk itu, ada baiknya menggunakan warna netral atau lembut, seperti biru muda dan abu-abu jika ingin mendapat tidur berkualitas.

Apabila ingin menggunakanwallpaper, sumber tersebut juga menyarankan untuk memilih motif sederhana. Hindari menggunakan motif seperti geometris sepertizebra atauzigzagagar terhindar dari rasa pusing.

Ganti ketebalan gorden

Sinar lampu jalan dari luar jendela juga bisa mengganggu kualitas tidur. Menurut studi yang dipublikasikan diJournal of Clinical Sleep Medicinepada 2018, orang dewasa berusia di atas 60 dan terpapar polusi cahaya di malam hari cenderung menggunakan obat tidur untuk membantu masalah insomnia.

Baca Juga: Susah Tidur di Malam Hari? Letakkan Salah Satu dari Tanaman Berikut Ini di Kamar Tidur Anda!

Agarpaparan cahaya dariluar tidak masuk ke dalam kamar, iDea Lovers bisa membeli gorden pemblokir cahaya. Selain anti tembus pandang, gorden jenis ini juga cenderung awet dan memiliki banyak pilihan warna. Selain itu,ganti lampu berwarna terang dengan lampu tidur agar kamar lebih temaram.

Ubah posisi tempat tidur

Hal lain yang tidak kalah penting dalam menciptakan tidur berkualitas adalah posisi kasur. Dilansir dariReal Simple, Rabu (6/1/2021), kesalahan umum yang sering dilakukan pemilik rumah biasanya adalah meletakkan kasur di depan jendela atau dekat dengan pintu.

Ketika kasur berada tepat di depan jendela, pantulan cahaya dari luar dapat menyilaukanmata. Sementara apabila diletakkan di dekat pintu, iDea Lovers bisa sulit tidur karena suara dari ruangan sebelah terdengar melalui pintu.

Solusinya, posisikan tempat tidur sejauh mungkin dari pintu maupun jendela. Pilihlah sudut diagonal dari arah pintu sehingga iDea Lovers dapat tetap melihat pintu sambil berbaring. Gunakan jugaseprai kasur yang nyamanagar terbebas dari rasa gerah semalaman.

Baca Juga: Gaya Industrial dan Rustic Rupanya Dapat Dipadukan untuk Menciptakan Ruangan yang Ramah dan Nyaman Lho! Berikut Caranya!

Ganti furnitur yang sesuai

Sebagai area untuk beristirahat, lamanReal Simplemerekomendasikan untuk tidak menyimpan meja kerja atau barang serupa di kamar tidur. Sebagai gantinya, gunakansofa tempat tiduruntuk memberi kesan santai.atauMeletakkantanaman hijau di dalam kamarjuga akan menambahkesan santai dan nyaman.

iDea Lovers bisa juga menambahkan hiasan dinding bernuansa alam sehingga kamar tidak terkesan terlalu sepi. Untuk memudahkan pemilihan dekorasi, gunakan konsepmoodboarddengan mengumpulkan foto produk atau katalog dari internet ataue-commerce, seperti Lazada.

Dok. Lazada

Lazada 10th Birthday Sale

Selain memiliki katalog foto dan produk kamar tidur yang lengkap, Lazada juga menghadirkan promo spesial pada 27-29 Maret 2022 dalam rangka Lazada Epic 10th Birthday Sale. Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut menawarkan gratis ongkir sekaligus promo menarik.

Pada 29 Maret 2022, iDea Lovers bisa mengikuti promoCrazy Flash Sale Rp 1, Flash Sale lima kali sehari, Special Deals berupa Beli 1 Gratis 1, Cuma Bayar 10 persen padajam 12.00-14.00 WIB, dan Crazy Deals setiap jam 18.00 WIB.

Ada jugavoucherRp 1 juta setiap jam 12.00 WIB, Brand Voucher Party setiap jam 12.00 WIB, hingga mendapat Birthday Lucky Ticket seharga Rp 10.000 untuk membeli motor, tv, hingga gadget incaran.

iDea Lovers juga bisa menikmati potongan harga lebih besar dengan menggunakan Bonus dadakan yang bisa dikumpulkan hingga Rp 1 juta. Bukan cuma itu, ada juga promo Crazy Brand Mega Offer dengan diskon hingga 85 persen padajam 19.00-24.00 WIB. Lewat promo ini, iDea Lovers bisa membeli furnitur maupunitemfesyen daribrand-brandterkemuka.

Untuk menikmati sederet promo menarik dari Lazada, segeradownloadaplikasi Lazada di ponsel atau kunjungi situs web Lazada diLazada Indonesia.

Editor : Sheila Respati