Tips Memastikan Tata Ruang Kamar Tidur yang Tepat, Pertama Petakan Dimensi

Rabu, 30 Maret 2022 | 10:37
Evolve India

Ilustrasi kamar tidur

IDEAonline - Layout atau tata ruang memiliki peran yang esensial dalam interior.

Tata ruang yang tepat dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam sebuah ruang.

Berkat tata ruang yang tepat, suatu ruangan yang kecil bisa terlihat lebih besar, dan bahkan ruangan yang gelap bisa terasa lebih terang.

Sebaliknya, tata ruang yang tidak baik dapat membuat ruangan terasa kurang nyaman karena terkesan gelap atau sempit.

Sebab itulah, kita harus benar-benar memperhatikan tata ruang saat mendesain suatu interior.

Ketika membahas mengenai tata ruang, kamar tidur adalah salah satu ruangan di mana tata ruang memiliki peran yang besar.

Bagi IDEA Lovers yang ingin memastikan tata ruang kamar tidur di rumah sudah tepat, inilah beberapa cara yang dapat IDEA Lovers lakukan untuk menciptakan ruang yang dimanfaatkan secara optimal secara tata ruang, dilansir dari thespruce.com (21/12/2020).

Baca Juga: Jangan Asal, Wallpaper Bisa Buat Ruangan Tampak Sempit Jika Salah Memilihnya, Ini Pertimbangannya!

Baca Juga: Tak Sekadar Bebas Karat, Ini Keuntungan Pakai Tandon Air dari Plastik

Petakan Dimensi

Sebelum mengatur tata ruang kamar tidur, kita perlu tahu persis apa yang sedang kita kerjakan.

Gunakan pita pengukur untuk memetakan dimensi ruangan, pastikan untuk memperhitungkan pintu, lemari, dan jendela.

Dari sana, IDEA Lovers dapat meletakkan dimensi pada selembar kertas grafik (1 persegi bisa mewakili 30 cm), atau IDEA Lovers dapat memasukkan hasilnya ke dalam software interior.

Akurasi adalah kuncinya di sini, jadi pertimbangkan untuk mendapat bantuan untuk memastikan pengukuran benar.

Setelah selesai, IDEA Lovers harus memiliki representasi yang benar-benar sesuai dengan ukuran dan bentuk kamar tidur yang akan memudahkan untuk merencanakan apa yang ingin dituju.

Jika IDEA Lovers meletakkan dimensi di atas kertas, buat beberapa salinan sebelum mulai bekerja agar dapat bermain-main dengan ide-ide yang berbeda (dan memiliki cadangan jika membuat kesalahan).

Kumpulkan Inspirasi

Melihat tata letak kamar tidur yang sudah ada akan membantu kita membidik dengan tepat apa yang ingin kita capai di ruangan, terutama dalam hal gaya dan nuansa.

Pinterest, Instagram, dan situs desain adalah tempat yang bagus untuk memulai, dan akan menawarkan banyak variasi sehingga kita dapat mulai mengurangi preferensi kita.

Saat mencari inspirasi, coba ingat fitur spesifik apa yang menonjol bagi IDEA Lovers berulang kali.

Apa gaya keseluruhan yang paling menarik bagi IDEA Lovers? Perasaan apa yang ingin IDEA Lovers coba tangkap dan ciptakan kembali?

Bahkan jika kita tidak (atau tidak bisa) menerjemahkan semua yang kita suka ke dalam ruang kita sendiri, memulai dengan inspirasi dari luar sangat penting untuk merumuskan pemikiran kita dan mendapatkan ide terbaik dari hasil yang kita inginkan.

Baca Juga: Siapa Sangka Zaskia Adya Mecca Pernah Diseret dan Dijambak di Ruang TV oleh Ibu Kandungnya, Ibunda: Masa Sih?

Baca Juga: Siapa Sangka Menata Layout Ruangan Semakin Mudah, Ibu-ibu Ini 6 Langkah yang Harus Diikuti!

Temukan Garis Keseimbangan dan Fokus Ruang

Terlepas dari referensi, nyatanya kita hanya dapat bekerja dengan ruangan yang ada yang kita miliki.

Namun, itu tidak berarti kita tidak memiliki pilihan, tetapi itu berarti kita harus menetapkan apa yang membuat ruangan kita unik dan bagaimana kita dapat mewujudkan ide-ide kita di dalamnya.

Untuk melakukan ini, mulailah dengan menemukan garis keseimbangan IDEA Lovers.

Ini adalah garis yang memotong ruangan menjadi dua secara vertikal dan horizontal, dan pada akhirnya meninggalkan kita dengan empat kuadran yang perlu diseimbangkan satu sama lain dalam hal komposisi—yang menyangkut furnitur dan detail material lainnya.

Selanjutnya, temukan titik fokus ruangan. Ini bisa menjadi jendela atau furnitur, atau mungkin hanya dinding yang dapat menarik perhatian saat kita masuk ke dalam ruangan.

Titik fokus juga bisa menjadi sesuatu yang ingin IDEA Lovers masukkan saat mendekorasi ruangan—bisa jadi galeri atau dinding aksen.

Miliki hanya satu fokus, karena IDEA Lovers akan membangun desain ruangan IDEA Lovers dari sini.

Atur Perabotan

Catat ukuran furnitur IDEA Lovers (atau estimasi ukurannya, berdasarkan apa yang ingin dibeli) letakkan setiap furnitur tersebut di peta tata letak IDEA Lovers untuk merencanakan tata ruangnya.

Ingatlah bahwa setiap perabot utama—yang dalam hal ini adalah tempat tidur—harus ditata terlebih dahulu, dan harus ditempatkan secara strategis sesuai dengan titik fokus ruangan.

Baca Juga: Waspadai 10 Titik Ini Saat Menginap di Hotel, Banyak Kuman Hingga Virus Mengintai!

Baca Juga: Jadi Negara Penghasil Sampah Makanan Terbesar, Mulai Sekarang Simpan Makanan di Kulkas dengan Benar, Ini Fungsi Rak Atas..

Beberapa aturan umum yang perlu diingat saat mengatur furnitur:

Ingatlah pola sirkulasi dan pastikan kita menyisakan ruang untuk pergerakan alami di seluruh ruangan.

Gunakan garis keseimbangan yang sudah digambarkan untuk menjaga aliran ruang, dan pastikan untuk tidak menempatkan banyak furnitur berat dalam satu kuadran.

Gunakan permadani untuk membuat area-area yang berbeda di kamar tidur yang lebihbesar, dan untuk menambahkan kemewahan dan kenyamanan ke ruangan kecil.

Gunakan permadani berwarna terang di kamar tidur kecil agar tampak lebih besar.

Setelah menggambarkan tata letak di atas kertas atau layar, gunakan selotip untuk menandai pemetaannya di lantai itu sendiri, atau mengatur dan mengerjakan ulang tata letak sesuai kebutuhan.

Tinggalkan sentuhan akhir seperti karya seni dan dekorasi untuk langkah terakhir, setelah setiap perabot berada di tempatnya.

Dengan meluangkan waktu untuk melalui semua langkah yang diperlukan untuk membuat tata letak kamar tidur, kita akan mendapatkan ruangan yang tidak hanya paling masuk akal, tetapi juga kemungkinan besar akan membuat kita puas.

Jika nantinya IDEA Lovers sudah merasa bosan dengan tata ruang yang ada, kembalilah ke papan gambar dan mulai dari awal.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : The Spruce

Baca Lainnya