Tak Perlu Mahal-mahal, Keset Dekil nan Lembab Jadi Bersih Kembali dengan Bahan Dapur, Begini Caranya..

Minggu, 03 April 2022 | 06:00
alibaba

Mulai Sekarang! Cuci Keset di Rumah Pakai Tambahan Soda Kue, Dijamin Kaget dengan Hasilnya yang Bikin Ketagihan

IDEAonline - Mungkin yang terbayang di benak IDEA lovers adalah kata welcome yang tertera pada banyak keset.

Keberadaan keset di rumah memang sering diremehkan.

Pasalnya, perabotan satu ini diletakkan di lantai dan sering diinjak oleh semua orang yang melaluinya.

Baca Juga:Awalnya Dikira Simpan Dampak Negatif, Ternyata Tidur di Lantai Miliki Banyak Manfaat Ajaib, Ini Dia!

Baca Juga:Jangan Sampai Terbuang Sia-sia, Penggunaan Shower Bisa Jadi Jawaban Tips Hemat Air di Kamar Mandi

Meski begitu, sebenarnya keset memiliki banyak manfaat untuk kebersihan rumah, lo!

Bahkan, di setiap ruang, benda ini memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda juga.

Fungsi keset tersebut adalah membersihkan kaki dari berbagai kotoran yang diinjak sebelum memasuki rumah.

Material plastik atau serabut kelapa yang kasar sangat efektif untuk menarik kotoran yang terdapat pada kaki, sandal, atau sepatu.

Selain digunakan untuk keringkan kaki, keset kaki juga kerap diletakan di tempat lembab, seperti di kamar mandi.

Alhasil, keset kaki rentan bau apek dan berjamur. Belum lagi debu yang rentan menempel akibat lembab.Mau keset kain berbahan perca atau microfiber (keset cendol), ada cara mudah dan ampuh membersihkannya dengan bahan dapur.

Baca Juga:Mulai Hari Ini Pilih Mesin Cuci yang Butuh Sedikit Air, Begini Cara Hemat Air di Rumah yang Bikin Tagihan Listrik Turun Drastis

Baca Juga:Ibunda Mawar Afi Sempat Syok dengan Kelakukan Susi Latifah di Kamar Saat Steno Ricardo Sedang Tidur, 'Sudah Ditegur Tetap Ingin Masuk'

Melansir sajiansedap, berikut cara mudah membersihkan keset kain bersih tuntas anti bau dan jamur.Ada dua cara membersihkan keset kain, yaitu menggunakan mesin cuci dan manual dengan tangan.Cara mencuci keset kaki dengan mesin cuci1. IDEA lovers sebaiknya menghilangkan noda dan pasir dengan cara mengibas-ngibaskan keset kaki.2. Setelah itu, masukan keset ke dalam tabung dan cuci dengan mode normal. Gunakan deterjen anti kuman supaya noda rontok total.Karena volumenya yang berat, biasanya mesin cuci membutuhkan air dan waktu lebih banyak untuk membersihkan keset dibandingkan pakaianMaka dari itu, IDEA lovers tinggal ikuti durasi dan volume air yang dibutuhkan mesin cuci secara otomatis.

3. Setelah selesai, jemur di matahari langsung sampai benar-benar kering.4.IDEA lovers sebaiknya mencuci tabung sebelum menggunakan mesin cuci untuk pakaian.

Baca Juga:Bukan Cuma Mimpi, Sekarang Kita Sudah Bisa Menikmati Hotel Berlapis Emas di Vietnam, Segini Kocek yang Harus Dibayar

Baca Juga:Jadi Negara Penghasil Sampah Makanan Terbesar, Mulai Sekarang Simpan Makanan di Kulkas dengan Benar, Ini Fungsi Rak Atas..

Cara mencuci keset kaki dengan tangan

Walaupun mencuci dengan mesin lebih mudah, hasil lebih baik jika menggunakan tangan saat mencuci keset kaki.Dengan mencuci manual menggunakan tangan, IDEAlovers dapat mencuci keset dengan fokus pada noda tertentu.Selain itu, IDEA lovers bisa mencuci dengan lembut sehingga kerusakan pada kain keset bisa dihindari.Berikut langkah-langkah mencuci keset kaki dengan menggunakan tangan:1. Kibas-kibaskan keset. Setelah itu, rendam keset kaki seperti biasa.Sebaiknya gunakan pemutih jika keset berwarna putih. Rendamlah selama 4-5 jam atau semalaman. Lalu tiriskan.

IDEA lovers juga bisa menggunakan soda kue supaya noda terangkat sempurna.2. Setelah itu, kuceg dan sikat keset kaki menggunakan sabun cuci, bisa dengan deterjen atau sabun colek.

3. Peras keset dengan kuat. Jemur di matahari langsung sampai benar-benar kering.4. Keset kaki siap digunakan kembali. Sebaiknya, cucilah keset kaki seminggu sekali.

Soda Kue dan Cuka Bisa Atasi Toilet Mampet

Baca Juga:Siapa Sangka Menata Layout Ruangan Semakin Mudah, Ibu-ibu Ini 6 Langkah yang Harus Diikuti!

Baca Juga:Hati-hati Saat Suami Punya Kebiasaan Merokok di Rumah, Bisa Sebabkan Penyakit Mematikan pada Anak

Selain toilet kotor, ada masalah lain yang cukup mengganggu bila tidak segera diselesaikan, yaitu toilet mampet.Sebagian besar perempuan akan bingung mengatasi hal ini sendiri.Apabila tiba-tiba toilet rumah IDEA lovers mampet dan tidak ada orang di rumah.Salah satu kebiasaan untuk mengatasi toilet mampet, yaitu dengan menyiramkan air sebanyak mungkin.

Bukannya bersih, kebiasaan menyiramkan air dengan jumlah banyak justru bisa membuat air toilet meluap.Bahkan, air luapannya bisa menggenangi lantai toilet atau kamar mandi.WC mampet dapat diatasi dengan soda kue dan cuka.

Baca Juga:Siapa Sangka Menata Layout Ruangan Semakin Mudah, Ibu-ibu Ini 6 Langkah yang Harus Diikuti!

Baca Juga:Hati-hati Saat Suami Punya Kebiasaan Merokok di Rumah, Bisa Sebabkan Penyakit Mematikan pada Anak

Pertama. Tuang bubuk soda kue ke dalam toilet yang mampet.Lalu, campur cuka putih dengan perlahan.Jika busa akan meluap, segera hentikan menuangkan cuka.Kemudian, biarkan campuran ini selama 5 menit, lalu siramkan dengan air panas.Gelembung-gelembung akan keluar, yang menandakan bahwa dua bahan tersebut tengah bekerja menghancurkan sumbatan.Diamkan semalaman, setelah itu bilas toilet dengan air bersih.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : sajiansedap

Baca Lainnya