Jangan Sembarangan, Beli Bak Mandi Harus Sesuai Kebutuhan, Ini Pertimbangannya!

Senin, 18 April 2022 | 12:00
The Spruce

Ilustrasi bak mandi

IDEAonline - Apabila IDEA Lover hendak membeli rumah atau merenovasi rumah, salah satu pertanyaan yang muncul mengenai kamar mandi mungkin adalah, apakah IDEA lovers harus memiliki bak mandi?

Meski kebanyakan orang memiliki bak mandi di kamar mandi mereka, banyak pula yang tidak memilikinya.

Bak mandi sendiri datang bersama berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Untuk IDEA Lovers yang bertanya-tanya apakah bak mandi sungguh diperlukan di kamar mandi IDEA Lovers, artikel yang dilansir dari angi.com (18/10/2021) berikut ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele! Ternyata Sering Bertukar Handuk dengan Orang Lain Bisa Menjadi Malapetaka, Ini Sebabnya!

Nilai Jual Kembali

Memiliki setidaknya satu bak mandi di rumah dapat membantu IDEA lovers saat menjual rumah kita.

Namun, ini juga tergantung pada ukuran rumah dan target pasar IDEA lovers.

Memiliki setidaknya satu bak mandi dapat menjadi keuntungan jika kita memiliki rumah dengan banyak kamar mandi atau kita ingin menarik pembeli yang berencana untuk berkeluarga.

Pada akhirnya, memiliki bak mandi akan membantu kita menarik target pasar seluas mungkin.

Kenyamanan dan Kemewahan

Kita juga mungkin dapat mempertimbangkan bak mandi untuk alasan estetika.

Bathtub bisa menjadi tambahan yang cantik untuk kamar mandi kita.

Memiliki bak mandi besar di kamar mandi utama menciptakan perasaan mewah dan dapat menjadi titik fokus di ruangan yang luas.

Ditambah lagi, berendam di bak mandi bisa menjadi cara yang sempurna untuk beristirahat dan bersantai.

Baca Juga: Miliki Ruang Hidup yang Sehat dan Jauh dari 'Kacau' dengan Tips Ini!

Keuntungan untuk Kesehatan

Selain menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres, berendam di bak mandi dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya seperti menenangkan otot dan persendian yang sakit, meningkatkan pernapasan, menurunkan tekanan darah, dan membakar kalori.

Mandi garam juga dapat membantu mengatasi kondisi kulit, seperti eksim dan psoriasis, dan berendam selama satu jam dengan minyak lavender bahkan dapat membantu IDEA lovers mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Suatu Keharusan bagi Anak-Anak

Untuk alasan praktis, yang terbaik adalah memiliki setidaknya satu bak mandi di rumah jika IDEA lovers memiliki bayi atau anak kecil, berencana memiliki keluarga, atau ingin menjualnya kepada seseorang yang memilikinya.

Bak mandi merupakan solusi yang mudah untuk memandikan bayi atau anak kecil.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Kunci antara Gaya Minimalis dan Gaya Modern, Kemudian Terapkan secara Tepat!

Aksesibilitas

Namun, bak mandi bukanlah pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas—masuk dan keluar dari bak mandi bisa menjadi berisiko.

Dalam hal ini, bilik shower adalah pilihan yang lebih logis jika kita hanya memiliki satu kamar mandi dengan ruang terbatas.

Namun, memandikan anak kecil atau hewan peliharaan memang lebih mudah dilakukan di bak mandi, jadi jangan buru-buru membuang bak mandi jika IDEA Lovers hanya memiliki satu di rumah keluarga.

Pertimbangkan baik-baik prioritas keluarga IDEA Lovers.

Ruang

Kamar mandi rata-rata bisa terasa sangat sempit untuk bak mandi.

IDEA lovers mungkin memutuskan untuk merelakan bak mandi untuk memasang bilik shower, lemari rias yang lebih besar, atau bahkan memiliki ruang untuk menyikat gigi di wastafel.

Sering kali merelakan bak mandi dan memilih ruang shower membuat kamar mandi terasa lebih besar.

Baca Juga: Rupanya Tidak Semua Pakaian Harus Dicuci Usai Pemakaian, Pahami Seberapa Sering Baju Harus Dicuci!

Baca Juga: Bahaya Bisa Terpeleset, Ternyata Begini Cara Menghadirkan Rumah Aman untuk Anak

Biaya

Jika IDEA Lovers sedang merenovasi kamar mandi, mengganti bak mandi dengan yang baru bisa lebih murah daripada memasang bilik shower baru.

Namun, biaya dapat sangat bervariasi tergantung pada desain dan perlengkapan yang dipilih.

Pembersihan dan Pemeliharaan

Kaca ruang shower bisa jadi sulit dibersihkan, begitu pula bersandar di bak mandi untuk membersihkannya bisa sangat merepotkan jika punggung IDEA lovers sakit.

Selain itu, bak mandi yang sudah tua dapat dengan cepat mengumpulkan jamur dan lumut, dan permukaan bak mandi dapat tergores—membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan secara efektif.

Baca Juga: Saking Bersihnya, Lantai Kayu Bisa Awet Bertahun-tahun, Ternyata Tinggal Lakukan Hal Ini!

Pertimbangan Aspek Lingkungan dan Efisiensi Energi

Kecuali jika IDEA Lovers suka mandi dalam waktu lama, shower lebih hemat energi dan menggunakan lebih sedikit air daripada bak mandi.

Jika IDEA Lovers mencari penghematan tagihan listrik dan sering menggunakan bak mandi, menggantinya dengan shower dapat membantu.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya