4 Tips Mendekor Ruang Sempit jadi Terkesan Luas dengan Penerapan Japandi Style

Rabu, 20 April 2022 | 13:35
Beddo Design Concept

Ilustrasi interior bergaya Japandi

IDEAOnline- Memanfaatkan perabot multifungsi, palet warna cerah, pencahayaan, serta penambahan elemen cermin dan karpet, adalah 4 tips yang diperkenalkan dalam penerapan Japandi Style untuk mengubah ruang sempit jadi terkesan luas.

Istilah Japandi merupakan akronim yang dipakai oleh para desainer saat menggabungkan dua tampilan interior “Jepang” dan “skandinavian” dalam desainnya.

Diketahui, gaya desain skandinavian sendiri berfokus pada minimalisme dan fungsionalitas.

Leni Calas dari Ward 5 Design mengatakan bahwa desain japandi adalah kombinasi dari fungsionalitas skandinavian dan minimalisme pedesaan Jepang untuk menciptakan perasaan seni, alam, dan kesederhanaan.

Perpaduan ini menciptakan perpaduan sempurna antara fungsi dan bentuk, dengan fokus pada garis yang bersih, ruang yang cerah, dan warna-warna terang.

Perpaduan sempurna antara Jepang dan skandinavian, desain japandi berfokus pada desain minimalis yang estetis, tetapi sangat fungsional.

Meskipun dekorasi Jepang dan skandinavian bukanlah hal baru, kombinasi keduanya diyakini menjadi tren yang makin naik daun selama beberapa tahun ke depan.

Keterbatasan lahan hunian dan kebutuhan penghuni dalam meningkatkan kenyamanan tinggal di rumah adalah alasan utamanya.

Baca Juga: Mengenal Board and Batten, Cara Praktis Mempercantik Dinding Rumah dengan Elemen Dekoratif

Japandi style jadi solusi menciptakan hunian dengan ukuran yang kecil akan terlihat luas, dan hunian yang besar terasa lebih luas lagi.

Ada 4 cara yang dapat diterapkan oleh IDEA Lovers jika ingin mendekorasi ruangan dengan gaya ini.

Penggunaan Palet Warna Light Tone

Pilih palet yang menenangkan, tenang, dan damai seperti warna putih, beige, krem, hingga abu-abu muda.

Warna-warna ini dapat menciptakan kesan luas dan bersih dalam ruangan yang terbatas.

Pilihan warna dan cat netral ini cocok untuk melengkapi furnitur dan aksesori Jepang.

IDEA Lovers juga dapat menggabungkan palet warna ini dnegan warna-warna cerah, namun lakukan ini dengan sangat bermakna dan halus.

Penggunaan Perabot Multifungsi

Mima Anisakusuma, Owner Hōmu Living dan Founder Artsy Living & Style mengatakan tantangan mendekorasi rumah adalah space dan styling.

Mengatasi keterbatasan ruang dnegan maksimalkan penggunaannya menjadi kebutuhan pemilik rumah agar rumah yang terbatas ruangannya menjadi lebih luas dan nyaman.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Warna Populer untuk Fasad Rumah, Beri Tampilan Baru saat Lebaran

Interior ditata dengan mengutamakan pada perpaduan sempurna antara fungsi dan bentuk, dengan fokus pada garis yang bersih, ruang yang cerah, dan warna-warna terang.

Pilihan perabot berfokus pada desain minimalis yang estetis, tetapi sangat fungsional.

Penggunakan perabotan yang multifungsi, selain meminimalisir budget, juga dapat mengurangi space yang digunakan dalam ruangan.

http://thatnordicfeeling.com

Ruang tamu gaya skandinavian dengan palet warna light, abu-abu dan putih.

Lampu yang Tepat untuk Penciptaan Ambience

Aspek pencahayaan merupakan salah satu elemen penting yang seringkali terlupakan oleh pemilik rumah.

Padahal, pemilihan dan peletakan sumber pencahayaan yang sesuai dapat memberi kesan ruangan yang kuat dan besar dalam ukuran ruangan yang terbatas.

Mima juga menjelaskan bahwa pencahayaan memiliki peranan sangat penting dalam memaksimalkan tampilan ruangan yang terbatas.

Dengan menggunakan pencahayaan yang tepat, sudut-sudut gelap dan area dalam ruangan yang kurang penerangan akan terlihat lebih terang, sehingga menghilangkan kesan ruangan tertutup dan sempit.

Ia menambahkan, terdapat beberapa jenis lampu yang dapat digunakan untuk memberikan ilusi visual yang membangun dimensi ruang menjadi lebih luas, misalnya dengan memadukan lebih dari satu LED spotlight, LED strip, atau lampu panel berwarna warm white dengan suhu warna minimal 3000k.

Baca Juga: Mengenal Konsep Lagom pada Gaya Desain Skandinavian

“Mulai beralih ke lampu LED, selain lebih hemat energi, juga lebih tahan lama, terlebih bagi lampu LED yang menggunakan chip premium yang berstandar SNI,” tambah Fransiska Darmawan, General Marketing Manager in-Lite.

Bicara dalam acara virtual bertajuk Maximizing Your Tiny House into Bigger Space bersama Homu Living, Farnsiska mengatakan bahwa selain fungsi penerangan, pencahayaan juga dapat digunakan untuk membangun ambience hanya dengan menggunakan warna serta jenis lampu tertentu.

“Dengan menggunakan lampu LED jenis strip light, panel light, atau spotlight Anda dapat meningkatkan nilai estetika di rumah Anda dengan menggunakan teknik layering dengan menggunakan lebih dari satu jenis lampu di dalam satu ruangan,” katanya.

Ciptakan Ilusi Visual dengan Cermin dan Karpet

Sebagai langkah akhir Mima menyarankan penggunaan cermin dan karpet untuk menciptakan ilusi visual.

Cermin dan karpet menurutnya dapat membangun dimensi ruangan yang lebih luas pada ruang.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Baca Lainnya