Gaya Hidup Sehat jadi Tren Keluarga Pasca Pandemi, Ingin Menerapkan di Rumah? Ini Inspirasinya!

Jumat, 22 April 2022 | 07:00
Kompas.com

Ilustrasi-Menerapkan gaya hidup sehat dari asupan makanan yang dikonsumsi.

IDEAOnline-Rumah jadi tempat sangat penting di saat pandemi di mana waktu lebih banyak dihabiskan di rumah.

Tak hanya jadi tempat istirahat, rumah juga jadi tempat di mana penghuninya bisa menikmati me-time dan hobinya.

Setidaknya ada beberapa ruang di rumah yang karena pandemi menjadi tempat awal dimulainya gaya hidup yang baru di masa pandemi dan faktanya, akan berlanjut diterapkan oleh keluarga Indonesia pasca pandemi nanti.

Gaya hidup yang menjaga standar kebersihan dan kesehatan yang dapat dilakukan dengan serbapraktis dengan pilihan perlengkapan rumah tangga yang fungsional dan estetis untuk mendukungnya.

Hal ini menciptakan kebutuhan baru bagi rumah tangga untuk bisa memilki home appliances yang mendukung gaya hidup sehat yang baru diterapkan.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Dapur menjadi tempat diproduksinya semua makanan yang disantap oleh keluarga.

Kebutuhan perlengkapan masak dari ruang yang jadi jantungnya keluarga ini diharapkan bisa memberikan kemudahan saat membuat hidangan favorit seluruh keluarga, mengeksplor hobi memasak, mendukung komitmen menjalankan hidup sehat, hingga menunjang kegiatan bisnis.

Maka tak heran banyak orang melirik peranti di antaranya air fryer untuk menggoreng tanpa minyak, slow juicer untuk membuat minuman tinggi nutrisi, dll.

Baca Juga: Pakai Saja Abu-Abu jika Bosan Warna Krem dan Putih di Kamar Tidur, Terkesan Lebih Cerah Lho!

Semua ini dihadirkan oleh keluarga masa kini di rumahnya karena membuat aktivitas rumah menjadi lebih mudah dan menyenangkan dan mendukung di masa kebiasaan baru.

“Sekarang saatnya untuk menyesuaikan diri dengan situasi endemi. Maka dengan aktivitas yang sudah kembali normal, gaya hidup serba cepat serta jadwal pekerjaan yang makin padat, menjaga kesehatan menjadi yang terpenting,” ujar Indra Herdian, Product Manager Modena dalam talkshow Healthy Home Living bersama Andira Utami-Doctor, Health & Nutrition Consultant.

Memahami adanya dorongan untuk hidup sehat dari perubahan yang tengah terjadi kepada masyarakat, dikatakan Indra, perusahaannya menghadirkan produk air fryer barunya.

Konsep dasar dari produk air fryer adalah memasak dengan menggunakan sistem sirkulasi udara panas yang suhunya mencapai 200° celcius.

Dengan adanya fitur 360° rapid heat circulation yaitu sistem sirkulasi udara paling efektif, peranti ini akan menghemat banyak waktu dan minyak saat memasak.

“Sebagai perbandingan, pada resep gorengan dengan sistem deep fried umumnya membutuhkan sekitar 750ml minyak goreng. Nah untuk air fryer ini, kita cukup menggunakan satu sendok makan, sekitar 15ml minyak goreng. Jadi karena less oil, makanan lebih sehat, rendah kalori dan pastinya hemat juga di kantong,” papar Indra.

Selain untuk menggoreng tanpa minyak, fungsi lainnya seperti dehydrate, bake, defrost pun bisa dilakukan oleh peranti ini.

Dengan fitur touch control pada produk, menjadikan orang yang tidak memiliki pengalaman memasak sama sekalipun kini juga dapat membuat makanan yang lezat.

Baca Juga: Jangan Salah, Ada Perbedaan antara Pembersihan, Sanitasi, dan Desinfeksi, Lakukan dengan Tepat Yuk!

Kompas.com
SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIO

Ilustrasi- Menjaga kesehatan keluarga dari faktor eksternal, pakaian bersih bebas kuman.

Menjaga Kesehatan dari Faktor Eksternal

Selain dari makanan yang dikonsumsi, menjaga imun dari sisi eksternal juga tidak kalah penting dengan banyaknya habid baru yang muncul karena pandemi.

“Sekarang kita harus lebih aware dengan pakaian yang digunakan sehari-hari. Jadi pakaian yang sudah digunakan keluar, harus langsung dicuci agar kuman dan bakteri yang menempel tidak tersebar di rumah,” ujar Dr Andira.

Saat memilih mesin cuci, pemilik rumah juga harus memperhatikan kebersihan di dalam mesin.

Karena walaupun sering terkena sabun, mesin cuci merupakan habitat yang ideal untuk banyak jenis mikroba, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Sebagian besar bakteri muncul dari pakaian kotor, maka dari itu harus dipastikan mesin cuci dibersihkan secara rutin.

Beberapa fitur wajib dimilki mesin cuci untuk mendukung kebutuhan ini.

Dikatakan Indra, fitur seperti 99,9% Bacteria-Blasting Wash pada mesin cuci Modena diklaim dapat membasmi bakteri secara efisien pada pakaian sehingga pengguna tak lagi harus khawatir dengan bakteri yang berbahaya.

Selain itu fitur drum clean, yaitu program spesial untuk mensterilkan drum selesai mencuci untuk memastikan semua bakteri berbahaya tidak berkembang biak.

Tak kalah penting tersedianya pengaturan suhu yang bisa disetel hingga 85°C sesuai kebutuhan untuk mematikan kuman.

Nah IDEA Lovers, yuk mulai gaya hidup baru yang sehat di masa endemi mulai dari rumahmu.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Baca Lainnya