Terungkap Cara Agar Cahaya Masuk ke Dalam Rumah, Tanpa Harus Buat Jendela!

Kamis, 05 Mei 2022 | 11:30
hgtv

jendela

IDEAonline -Manfaat sinar matahari dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi manusia.

Sinar matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dan memberi penerangan. Selain itu, jika didapatkan dengan benar, sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh. Sinar matahari membantu produksi vitamin D yang baik untuk tubuh manusia.

Produksi vitamin D terkait sinar matahari dipicu oleh komponen sinar matahari yang disebut ultraviolet B, atau UVB.

Menurut WHO, mendapatkan 5 hingga 15 menit sinar matahari di lengan, tangan, dan wajah 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menikmati manfaat penambah vitamin D matahari.

Ada banyak cara yang dapat IDEA Lovers lakukan untuk menambah intensitas cahaya alami di rumah tanpa harus buar jendela.

Baca Juga:Gorden Butek Bikin Malu, Tak Perlu ke Laundry, Cukup Siapkan Baking Soda Sekarang Juga!

Baca Juga:Seminggu Lagi Lebaran Tapi Bau Kulkas Tak Kunjung Hilang? Bersihkan dengan Sampah Dapur Ini!

Dilansir dari housebeautiful.com (23/10/2019), berikut adalah beberapa tips yang dapat IDEA Lovers ikuti untuk memiliki rumah yang kaya akan cahaya alami.

1. Warna Terang

Perkenalkan warna yang lebih terang ke dinding dengan menghilangkanwallpaperyang mencolok dan warna blok gelap demi warna lembut cat putih.

Baca Juga:Tak Perlu Takut Dinyiyirin Tetangga, Kaca Jendela Cuma Butuh 3 Bahan Rumahan Ini Biar Nampak Kinclong Kembali

Baca Juga:Manfaat Ajaib Baking Soda untuk Tanaman, Siapa Sangka Bisa Bikin Subur Dalam Sekejap!

Nuansa putih akan membuat ruang terasa lebih terang karena memantulkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan, bukan menyerapnya.

Hindari penggunaan cat putih cemerlang pada dinding karena dapat membuat ruangan terasa dingin, warna putih pudar akan menciptakan efek yang jauh lebih hangat.

Trik lain adalah mengecat langit-langit beberapa warna lebih terang dari dinding untuk menciptakan ilusi ketinggian ruang.

Memilih cat dengan lapisan satin akan membantu memantulkan cahaya lebih banyak daripada catmatt.

2. Permukaan Mengilap

Permukaan mengilap sekali lagi akan memantulkan cahaya ke dalam ruangan dan membuat ruang terlihat lebih terang dan lebih besar.

Charles Bettes, direktur pelaksana praktik arsitektur dan desain interior menjelaskan bahwa ketika mendesain dapur, kita harus memilih skema warna terang, dan tetap konsisten pada dinding dan pintu lemari.

Ini akan membuat cahaya alami memantul ke permukaan dan membuatnya terasa lebih luas.

“IDEA Lovers tidak harus memilih warna putih atau krem; warna pucat apa pun, seperti biru atau abu-abu bekerja sama baiknya,” katanya.

Di ruangan lain, menambahkan furnitur dan aksesori dengan permukaan reflektif dapat membantu menyebarkan cahaya.

Aksesori logam, kaca, dan cermin semuanya dapat membantu memaksimalkan cahaya yang tersedia dan menambahkan sentuhan gaya di seluruh rumah.

3. Lantai yang Tepat

Baca Juga:Ajaib, Ini yang Terjadi Saat Kondisioner Bayi Dicampur dengan Air Hangat Saat Merendam Pakaian

Baca Juga:Ibu-ibu Jangan Coba Konsumsi Vitamin C Berlebihan, Segini Takarannya Menurut Ahli

Lantai juga dapat diubah menjadi reflektor yang ramah cahaya dengan memilih lantai kayu, keramik atau batu dengan hasil akhir yang dipoles, yang akan memantulkan lebih banyak cahaya daripada karpet.

Jika IDEA Lovers lebih suka karpet, pilihlah warna-warna netral yang terang.

4. Penghijauan

Jangan lupa dampak penghijauan di luar rumah IDEA Lovers terhadap tingkat cahaya di dalam.

Alihkan perhatian IDEA Lovers ke taman rumah dan rapikan semua pohon, semak, atau tanaman merambat yang tumbuh di sekitar pintu dan jendela IDEA Lovers.

5. Membersihkan Jendela

Saat IDEA Lovers berada di luar, bersihkan jendela dan pintu kaca IDEA Lovers secara menyeluruh untuk memastikan sebanyak mungkin cahaya dapat menembus kaca dan masuk ke rumah IDEA Lovers.

6. Kaca

Jika IDEA Lovers memiliki anggaran, maka cara terbaik untuk meningkatkan cahaya alami di rumah IDEA Lovers adalah dengan memasang jendela dan pintu baru yang besar.

Pintu lipat dua adalah pilihan yang sangat baik karena dapat mengubah seluruh dinding rumah IDEA Lovers menjadi kaca untuk pemandangan yang menakjubkan dan tingkat cahaya yang maksimal.

7. Cahaya Buatan

Tingkatkan kecerahan dengan cahaya buatan yang akan meningkatkan kualitas pencahayaan, alih-alih menggantikan peran cahaya alami.

Berikan perhatian khusus pada area di mana cahaya dari jendela tidak mencapai seluruh sudut, koridor atau ceruk.

Baca Juga:Tak Malu Lagi Dilihat Tetangga, Bak Cuci Piring Jadi Kinclong Kembali dengan Bantuan Bumbu Dapur Satu Ini

Baca Juga:Mau Mengatasi Insomnia? Siapa Sangka Cermin dan Wewangian di Kamar Bisa Jadi Jawabannya

Memasang sakelar peredup akan memungkinkan IDEA Lovers untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas bagaimana ruang dinyalakan, juga memungkinkan IDEA Lovers untuk secara bertahap mengubah tingkat cahaya saat cahaya alami di rumah IDEA Lovers berubah sepanjang hari.

8. Perabotan Berwarna Terang

Hapus furnitur dan aksesori gelap demi warna yang lebih terang di mana pun IDEA Lovers bisa, terutama jika mereka menghalangi cahaya dari jendela dan pintu.

Berikan perhatian khusus pada tirai dan gorden, karena perawatan jendela yang berat dan gelap dapat menghalangi cahaya masuk ke rumah IDEA Lovers. (Sesilia Alexandra)

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya