Tak Perlu Ahli, Idea Lovers Juga Bisa Pasang Bata Tempel Ekspos Sendiri, Begini Caranya!

Sabtu, 14 Mei 2022 | 09:30
Foto Adeline Krisanti

Langkah Memasang Bata Tempel Ekspos di Rumah, Bisa Hadirkan Kesan Industrial hingga Rustic!

IDEAonline-Bata ekspos merupakan salah satu material bangunan yaitu batu bata yang biasanya digunakan untuk membuat sekat dinding pada rumah.

Bata tipe ekspos umumnya terbuat dari tanah liat, namun saat ini ada beberapa bata ekspos yang terbuat dari material seperti gipsum.

Konsep batu bata ekspos yakni penyusunan batu bata secara rapi untuk dinding polos atau tanpa plester. Biasanya bata tipe ekspos dibiarkan dengan warna asli atau memberikan warna lain dengan mengecat dinding bata.

Dengan begitu karakter, tekstur, warna, dan bentuk dari batu bata tersebut akan terekspos dan terlihat menonjol dalam ruangan.

Penggunaan bata tipe ekspos pada rumah sering digunakan untuk memberikan nuansa industrial maupun natural yang kuat dengan konsep rumah unfinished.

Rumah dengan dinding bata ekspos kian digemari kalangan keluarga muda karena kesannya yang hangat dan unik.

Warna dari dinding batu bata ekspos tidak selalu merah bata, bisa putih, hitam, dan bisa disesuaikan dengan masing-masing gaya rumah seperti rustic, Skandinavia, bahkan modern.

Mau tau gimana cara pemasangannya?

Baca Juga:Coba Singkirkan 5 Hal Ini di Dapur, Wajar Saja Dapur Malah Jadi Makin Berantakan!

Baca Juga:Digadang-gadang Habiskan Rp 20 Miliar, Begini Konsep Rumah Ayu Ting-ting yang Diungkap oleh Sang Arsitek

Dilansir oleh IDEAonline dariomahbata.com. Beginilah cara memasang bata ekspos dengan gunakanBata Tempel Expose. Here!

1.Bersihkan dahulu dinding yang akan IDEA lovers pasang denganBata Tempel Expose

2.PasangkanBata Tempel Exposepada permukaan yang kasar pada dinding rumah IDEA lovers, anda bisa melakukannya pada tembok yang baru diplester atau multipleks yang permukaannya kasar.

Apabila sudah terlanjur IDEA lovers cat, maka permukaannya harus dikerik terlebih dahulu agar permukaannya menjadi kasar.

3.Bila ingin melakukan kombinasi dengan beberapa warna, susunlahBata Tempel Exposedi lantai terlebih dahulu sebelum anda pasang.

Baca Juga:Melahirkan Secara Normal di Rumah Sakit dengan Fasilitas Mewah, Kamar Perawatan Istri Vincent Verhaag Jadi Sorotan Warganet

Baca Juga:Agar Terhindar dari Bakteri, Ini 8 Hal yang Harus Dilakukan Saat Berada di Toilet Umum

home-designing.com

Langkah Memasang Bata Tempel Ekspos Muda di Rumah, Bisa Hadirkan Kesan Industrial hingga Rustic!

Tujuannya adalah untuk mencegah atau meminimalisir kesalahan pada saat pemasangan.

4.Perbandingan semen harus IDEA lovers buat dengan tepat. Anda bisa mengikuti petunjuk dari produsen agar mendapatkan adukan semen yang pas.

5.Pada awal pengerjaan, pasanglah bata pada sudut terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengerjaan IDEA lovers.

6.Tiap-tiapBata Tempel Exposeyang anda pasang, tekanlah ke permukaan dinding selama beberapa saat agar anda dapat memastikan bahwaBata Tempel Exposetelah sempurna dipasang pada dinding rumah anda.

Baca Juga:6 Alasan Tikus Menetap di Rumah, Nomor 2 Coba Dikurangi dari Sekarang

Baca Juga:Lemak dan Bau pada Piring Kotor Bisa Hilang Saat Dituangkan Minyak Satu Ini, Begini Caranya!

7.Supaya bata tempel yang telah IDEA lovers pasang tidak bergeser, gunakanlah nat dua jam setelah pemasangan bata tempel. Ukuran nat yang disarankan yaitu 8 – 10 mm.

8.Untuk mendapatkan hasil pemasangan bata tempel yang lebih rapi gunakan benang timbang.

9.Saat ingin memoles dengan semen, lakukanlah dengan hati-hati agar adukan semen tersebut tidak mengotori bata tempel.

Ketika ada adukan semen yang tercecer pada bata tempel segeralah bersihkan dengan menggunakan sikat nilon.

10.Setelah selesai melakukan pemasanganBata Tempel Expose, bersihkan bata tersebut dari sisa-sisa adukan semen yang masih tercecer menodai bata tempel hingga benar-benar bersih dengan menggunakan sikat nilon.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya