Bahaya Mengintai pada Lantai, Waspada Begini Cara Bersihkan Jamur Hitam yang Tumbuh di Kamar Mandi

Selasa, 14 Juni 2022 | 13:18
kompas

Bahaya Mengintai pada Lantai, Begini Cara Bersihkan Jamur Hitam yang Tumbuh di Kamar Mandi

IDEAonline -Salah satu masalah yang sering timbul di kamar mandi adalah jamur dan lumut.

Area kamar mandi yang selalu lembab dan tergenang air menjadi tempat ideal bagi jamur untuk tumbuh.

Selain tak sedap di pandang, jamur di kamar mandi juga dapat menyebabkan bau apek, lantai licin bahkan masalah pada kesehatan pernafasan.

Terlebih lagi jika IDEA lovers menggunakan banyak furniture rentan jamur di kamar mandi seperti meja atau kursi kayu. Kelembaban dan jamur dapat merubah struktur kayu menjadi cepat lapuk.Melansir dariThe Spruce,jamur hitam atau nama latinnyastachybotrys chartarumteksturnya berlendir dan berwarna hijau tua atau hitam.Biasanya jenis jamur ini tumbuh di bagian rumah yang sering terpapar air dan kelembapan dalam jangka waktu lama.Misalnya, di sudut-sudut kamar mandi atau ruang mencuci baju.

Baca Juga:Tak Perlu Panggil Tukang, Begini Cara Perbaiki Pintu yang Susah Dibuka, Siapkan Bahan-bahannya

Baca Juga:Ditagih Biaya Desain Rumah, Iko Uwais Diduga Keroyok Pria Ini Hingga Akhirnya Dilaporkan ke Polisi

Jamur hitam juga bisa tumbuh di lantai kayu dan furnitur kayu.Jamur inimenghasilkan mikotoksin atau bahan kimia yang berpotensi beracun.Apabila ada kontak dengan kulit, indera penciuman dan indera perasa jamur ini bisa berbahaya bagi manusia dan hewan.

Nah IDEA lovers, bagaimana cara membersihkan jamur hitam di rumah?

Pada dasarnya, untuk membersihkan jamur hitam secara permanen, harus dengan bantuan tenaga pembersih profesional.

Sebab, mereka punya alat pembersih dan cairan kimia khusus untuk membasmi jamur dan mencegahnya supaya tidak tumbuh lagi.Sementara itu, yang bisa kita lakukan adalah mencegah pertumbuhan jamur hitam agar tidak semakin meluas.Saat berada di dekat jamur hitam, jangan lupa pakai masker supaya baunya tidak terhirup.Kemudian, ikuti langkah-langkah ini di rumah!

Baca Juga:Tunggu Apa Lagi, Segera Ambil Secangkir Air Garam Setiap Bangun Tidur, Batuk yang Meradang Jadi Sembuh Seketika!

Baca Juga:Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman, Bisa Usir Jamur Hingga Semut yang Ada di Sela-sela Tanaman Hias!

1. Temukan sumber kelembapanJamur hitam biasanya tumbuh di dekat wastafel, bak mandi, atau toilet.Periksa apakah ada kebocoran di keran air sehingga airnya terus menetes.Untuk sementara, tutupi keran yang bocor dengan plastik sampai diperbaiki oleh tenaga profesional.

2. Tutup area yang ditumbuhi jamur hitamJika memungkinkan, tutup area yang ditumbuhi jamur hitam dengan menempelkan terpal plastik.Apabila area tersebut sudah kering, semprotkan sedikit air untuk mencegah jamur menyebar ke udara.3. Bersihkan dengan deterjenApabila jamur menempel di ubin, kaca, dan benda lain yang memiliki permukaan tidak berpori bisa dibersihkan pakai deterjen.Pertama, campur 1 cangkir detergen dengan air, lalu oleskan ke permukaan berjamur dan sikat sampai bersih.4. Bersihkan dengan cuka putih

Baca Juga:Tunggu Apa Lagi, Segera Ambil Secangkir Air Garam Setiap Bangun Tidur, Batuk yang Meradang Jadi Sembuh Seketika!

Baca Juga:Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman, Bisa Usir Jamur Hingga Semut yang Ada di Sela-sela Tanaman Hias!

Apabila jamur sudah menyebar sangat parah, bersihkan dengan cuka putih murni dan air dengan perbandingan yang sama.Cuka sangat bagus untuk membersihkan jamur yang menempel di permukaan benda apa pun, termasuk kayu dan karpet.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya