Pecinta Rebahan Hati-hati, Pemuda Ini Sempat Kesulitan Bernapas Akibat Keseringan Diam Diri di Kamar Sambil Main Ponsel!

Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:00
dok tempo

ilustrasi rebahan

IDEAonline -Hindari gaya hidup berbahaya di masaseperti ini. Jangan terpaku pada sedentary lifestyle atau gaya hidup yang didominasi duduk dan rebahan di kasur tanpa adanya latihan tubuh.

Jangan terpaku pada sedentary lifestyle atau gaya hidup yang didominasi duduk dan rebahan di kasur tanpa adanya latihan tubuh.

Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati membagikan kiat NEPA atau non exercise physical activities agar tubuh bisa tetap fit dan tidak lagi diam di tempat yang bisa membuat tubuh tidak bekerja dengan optimal.

NEPA lebih efektif menjaga kondisi dan daya tahan tubuh jika didukung latihan fisik secara rutin dengan olahraga maupun asupan nutrisi yang seimbang setiap hari.

Beberapa contoh NEPA agar terhindar dari sedentary lifestyle di antaranya menyapu dan mengepel rumah, menggendong atau bermain dengan anak, kegiatan berkebun, sampai mencuci motor dan mobil.

Dan asal IDEA lovers tahu, sudah banyak kasus "rebahan" yang berujung pada malapetaka.

Baca Juga:Mega Build Indonesia 2022 Telah Dibuka! Bawa Persatuan Ekosistem Industri Pembangunan untuk Masa Depan

Baca Juga:Daya Tahannya Bisa Sampai 4 Bulan, Mulai Sekarang Lakukan Hal Ini Sebelum Telur Masuk Kulkas

Kasus yang terjadi pada pemuda asal Zhejiang, Cina, ini menjadi salah satu contohnya.

Pemuda berusia 21 tahun ini hampir saja meregang nyawa karena terus menerus berada di kamar dan menghabiskan waktunya hanya untuk bermain handphone.

Menurut Sohu, pemuda bernama Ah Wah ini sedang berbaring di tempat tidur pada pukul 11 malam sambil bermain handphone ketika ia tiba-tiba kesulitan bernapas.

Ia merasa tekanan yang cukup besar pada dadanya yang membuat ia menderita dan sulit bernapas.

Ah Wah berjuang untuk bisa bernafas dan beruntungnya teman sekamarnya menyadari kondisi Ah Wah dan memanggil ambulans.

Sekira 10 menit kemudian, ambulans tiba dan membawa Ah Wah yang memiliki berat hampir 90kg ke mobil tersebut.

Setibanya di rumah sakit, Ah Wah kehilangan kesadarannya.

Baca Juga:Perhatian! Pecahan Telur yang Jatuh Jangan Langsung Dipel Begitu Saja, Sediakan Garam dan Kertas Koran

Baca Juga:Bahkan Bau Lemari dan Rambut Lepek Musnah dalam Sekejap, Ternyata Menaburkan Bedak Bayi Manfaatnya Banyak Banget!

Kolase WIKEN.ID

Keseringan Diam di Kamar dan Hanya Bermain Handphone, Pemuda Ini Tiba-tiba Kesulitan Bernapas dan Henti Jantung Sampai Hampir Meregang Nyawa

Tim medis menemukan bahwa Ah Wah hilang kesadaran dikarenakan ia menderita henti pernapasan dan jantung.

Mereka kemudian mencoba Resusitasi jantung paru atauCPR selama 10 menit dan dokter lega ketika menyadari jantung Ah Wah kembali berdetak.

Baca Juga:Tak Perlu Panggil Tukang, Begini Cara Perbaiki Pintu yang Susah Dibuka, Siapkan Bahan-bahannya

Baca Juga:Ditagih Biaya Desain Rumah, Iko Uwais Diduga Keroyok Pria Ini Hingga Akhirnya Dilaporkan ke Polisi

Ketika mereka melakukan berbagai tes untuk melihat alasan kenapa Ah Wah tiba-tiba mengalami henti jantung, mereka terkejut menyadari bahwa jantungnya kembali berhenti berdetak.

Sohu

Keseringan Diam di Kamar dan Hanya Bermain Handphone, Pemuda Ini Tiba-tiba Kesulitan Bernapas dan Henti Jantung Sampai Hampir Meregang Nyawa

Baca Juga:Sudah Jadi Rahasia Para Koki, Ternyata Noda Minyak pada Talenan Dapat Hilang dengan Mudah Bermodal Soda Kue, Cuma Butuh 20 Menit Saja!

Baca Juga:Lantunan Dzikir Tak Henti Disuarakan, Begini Suasana Gedung Pakuan Saat Jenazah Eril Akan Dimakamkan

Spesialis yang memeriksa Ah Wah kemudian menyadari bahwa detak jantungnya sangat tidak menentu dan tekanan darahnya sangat rendah.

Tim medis kemudian berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan hidup Ah Wah.

Mereka bekerja sepanjang hari untuk memeriksa penyakitnya.

Beberapa orang berani terkena radiasi yang disebabkan oleh peralatan tertentu sementara dokter lain tidak makan sepanjang hari karena mereka bergegas melawan waktu untuk membuatnya tetap hidup.

Akhirnya, mereka menemukan bahwa Ah Wah memiliki banyak gumpalan darah di arteri pulmonalisnya, yang menghalangi saluran keluar jantungnya.

Para dokter segera memberikan obat antikoagulan kepada Ah Wah yang menyelamatkan hidupnya.

Ah Wah akhirnya bangun dan setelah memahami kondisinya, dia meneteskan air mata dan berterima kasih kepada para dokter karena menyelamatkan hidupnya.

Sohu

Keseringan Diam di Kamar dan Hanya Bermain Handphone, Pemuda Ini Tiba-tiba Kesulitan Bernapas dan Henti Jantung Sampai Hampir Meregang Nyawa

Baca Juga:Berjalan Tegar Sambil Gendong Putra Angkatnya, Ini Sosok Ridwan Kamil Saat Dampingi Jenazah Eril di Rumah Duka

Baca Juga:Anti Gagal, Begini Manfaat Ajaib Bawang Bombay yang Dapat Bersihkan Panci gosong

Direktur ICU yang bertanggung jawab atas kasus Ah Wah mengatakan bahwa ia menderita emboli paru-paru, yang kemungkinan disebabkan oleh kebiasaan sedentari dan gaya hidup yang tidak sehat.

Ah Wah ternyata terkilir pergelangan kakinya sebulan yang lalu dan dokter menyarankan dia untuk mengistirahatkan kakinya, dan dia menjadikan ini sebagai alasan untuk tidak bergerak sama sekali.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya