Biasa Dipakai Buat Hajatan, Memilih Lantai Carport Harus Lebih Teliti, Ini Caranya!

Senin, 20 Juni 2022 | 13:26
Sydney News

Lantai dan Saluran Air adalah Hal Penting Saat Membangun Carport, Kenapa?

IDEAonline -Selain tempat bernaung mobil, carport juga berfungsi sebagaitempat persinggahan sementara bagi kendaraan, saat aktif digunakan.

Kalaumobil masih akan keluar masuk, akanlebih praktis kalau diparkir di carportketimbang di garasi.

IDEA lovers tidak perlumembuka dan menutup pintu garasiyang biasanya lebar dan berat. Bilasudah tidak ingin digunakan lagi (biasanya malam hari), baru mobil “dikandangkan” di dalam garasi.

Carport juga berfungsi sebagaitempat untuk mencuci mobil.

Karenagarasi bersifat tertutup, sangat tidakmungkin mencuci mobil di dalam garasi.

Alasan-alasan ini membuat carport wajibhadir, bahkan di rumah yang sudahmemiliki garasi.

Penambahan Fungsi

Baca Juga:Tetanga Sampai Kaget, Ternyata Bahan Rumahan Ini Bisa Atasi Wastafel Mampet Sampai Hilangkan Noda Dekil di Sofa

Baca Juga:Nyesel Engga Dicoba, Kamar Jadi Tak Pengap Lagi dengan Bantuan 3 Cara Ini, Tidur Makin Nyenyak!

Bila secara makna terjadi sedikitpergeseran, secara fungsi carportmendapat tugas tambahan. DiIndonesia, area ini menjadi semacamekstension ruang bagi rumah.

Peraturan membatasi pembangunanrumah tidak boleh melebihi batas garis sepadan bangunan (GSB).

Karena terbuka, carport bisa dibuatmepet dengan jalan utama. Namunadanya atap pada area tersebutmembuat ruang itu jadi bisa difungsikanuntuk macam-macam aktivitas.

Ketikapemilik rumah mengadakan hajat (pesta), carport bisa difungsikan sebagaiperluasan ruang dalam, misalnya untuktempat makan atau tempat duduk paratamu.

Karena mengemban tugas sebagaikandang si roda empat sekaligus jugaruang tambahan bagi rumah, carportharus memenuhi syarat. Ia harus kuat (sanggup “diinjak” mobil), dan ia jugaharus indah karena sering digunakanuntuk tamu.

Pilih Lantai carport yang Masif atau Tidak

Baca Juga:Biasa Masuk Tempat Sampah, Benda Ini Ternyata Bisa Jadi Kompos Alami, Tanaman Jadi Makin Subur!

Baca Juga:Tunggu Apalagi, Noda Karat Bisa Dihilangkan dengan Bantuan Aseton, Begini Caranya!

Lantai carport adalah bagian yangsangat penting. Bukan hanya pelapispermukaannya, tetapi juga strukturlandasannya.

Sebelum menentukan jenis lantaicarport yang akan digunakan, perludipertimbangkan terlebih dulu, apakah IDEA lovers menginginkan lantai yang massifatau tidak.

Lantai masif membuat tanahtertutup sepenuhnya sehingga air tidakbisa merembes lagi ke dalam tanah. Sedangkan lantai yang tidak massifmemungkinkan air masuk ke dalamtanah.

Saluran Air

Pada lantai masif, IDEA lovers harusmembuat saluran air, sehingga ketikamencuci mobil, air tidak menggenangdi lantai.

IDEA lovers bisa memilih satu daribeberapa bentuk saluran air. Salahsatunya adalah saluran seperti got kecilyang dangkal (lebarnya bisa hanya5—10 cm dan dalamnya cuma 5 cm), yang memanjang di salah satu sisicarport yang berbatasan dengan dindingtetangga.

Got kecil ini akan mengalirkanair ke got besar yang ada di bagiandepan atau belakang rumah.

Pilihan lain adalah saluran drain holeseperti yang ada di kamar mandi, yangdiletakkan di salah satu pojok lantaicarport.

Atau, kalau persis di muka pagarada got, buatlah agar tepat di depancarport, got itu tidak ditutup, rapat, melainkan diberi penutup berupa jerujibesi.

Baca Juga:Bocoran dari Desainer Interior, Ternyata Sliding Door dan Cermin Bisa Bikin Rumah Kontrakan Makin Lega, Ini Triknya!

Baca Juga:Efek Obat Serangga Engak Main-main, Lebih Baik Usir Kecoa dengan Sayuran Satu Ini, Anti Gagal!

Agar air bisa mengalir denganbaik ke saluran pembuangan (tidakmenggenang), lantai carport harusdibuat miring.

Menurut Achmad SadiliSomaatmadja (dosen PerancanganArsitektur Jurusan Arsitektur UI), kemiringan yang disarankan adalah 2%.

Tapi bila permukaannya cukup kasar, lantai harus dibuat lebih miring lagi, sampai kira-kira 5%.

Material Lantai Carport

Saat ini, material yang paling banyakdigunakan untuk lantai carport adalahkeramik—khususnya keramik bertekstur.

Ya maklum saja, mungkin bahan inimemiliki paduan paling sempurnaantara keindahan dan ekonomis. Selain keramik, banyak juga yangmenggunakan batu alam—yangtampilannya lebih eksklusif tapi lebihmahal dari keramik. Di samping itu jugaada conblock, grass block, atau betonsikat.

Sekarang ada beberapa bahan lain yang bisa jadi pilihan—sehingga IDEA lovers tidak harus puas dengan bahan-bahanlama. Ada yang disebut floor hardener, beton stensil, beton cap, atau batapaving.

Apapun bahannya, yang pentingpermukaan carport haruslah kasar, agarban mobil tidak mudah tergelincir. Dan yang lebih penting lagi, struktur landasannya harus kuat.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya