Padukan Berbagai Pola untuk Memberi Ruang Kedalaman yang Unik, tetapi Jangan Sampai Salah! Ikuti Tips Berikut Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:31
Architectural Digest

Ilustrasi interior yang memadukan berbagai pola

IDEAonline - Mencampur beberapa pola dalam sebuah ruangan bisa jadi hal yang menantang, dan bahkan menakutkan bagi sebagian orang.

Sementara perpaduan yang serasi akan langsung meningkatkan estetika ruang, perpaduan pola yang tidak serasi bisa jadi bencana untuk keseluruhan tampilan interior.

Tentunya, IDEA Lovers pasti ingin layering pola di rumah ini memberi ruang kedalaman dan kesan yang unik dan bukan bencana, bukan?

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus IDEA Lovers perhatikan saat menggabungkan pola.

Dilansir dari onekingslane.com, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu IDEA Lovers memadukan berbagai pola layaknya seorang profesional.

Baca Juga: Terungkap Alasan Ular Takut Bawang Putih, Simak 3 Tanaman yang Bikin Ular Ogah Menetap di Rumah

Gunakan Satu atau Dua Warna untuk Menyatukan Pola

Garis-garis, titik-titik, tenun ikat, bahkan motif bunga—apa pun polanya—semuanya akan terlihat serasi jika mempertahankan palet warna yang sama.

Namun, warna umum itu tidak harus menjadi yang paling menonjol di setiap cetakan.

Misalnya, mungkin hijau adalah warna utama dari kepala tempat tidur bergaris dan selimut bertitik, tetapi lebih merupakan aksen pada tirai bunga dan kursi ikat.

Variasikan Skala Pola

Pola geometris yang terlalu besar, motif bunga yang terlalu besar, dan titik-titik yang terlalu besar bisa terkesan berlebihan.

Anehnya, begitu juga bunga-bunga kecil di samping garis-garis kurus dan titik-titik kecil.

Saat kita memvariasikan skala pola yang kita gunakan, pola yang lebih padat bisa dianggap netral jika dibandingkan dengan yang lebih tebal.

Ini memungkinkan kita untuk menggunakan pola skala besar untuk menarik perhatian ke bagian tertentu.

Baca Juga: Bau Asap Rokok Meresahkan, Mertua Bisa Kegirangan Pas Tau Tanaman Hias Ini Ampuh Usir Bau Rokok di Rumah, Simak di Sini!

Jangan Ragu untuk Menggunakan Pola Berskala Besar di Ruang Kecil

Beberapa desainer menyarankan agar kita memulai dengan memperkenalkan pola ke dalam ruangan yang lebih kecil.

Pola, terutama yang lebih besar, dapat membuat ruang rias kecil, sudut baca, atau ruang tamu terasa lebih luas—atau setidaknya mengalihkan perhatian dari proporsi minimalnya.

Lagipula, jika kita akhirnya membenci tampilannya, lebih mudah untuk mengulang dekorasi di ruangan kecil daripada yang besar.

Jika IDEA Lovers Menyukainya, Lakukanlah

Lupakan apa yang orang lain katakan!

Selama IDEA Lovers menikmati perpaduan warna dan polanya, maka IDEA Lovers sudah melakukannya dengan benar.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya