Menerapkan Gaya Minimalis Tidak Semudah Kelihatannya, Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Berikut!

Kamis, 14 Juli 2022 | 08:32
Designmaster

Ilustrasi interior bergaya minimalis

IDEAonline - Salah satu gaya desain yang sedang digandrungi akhir-akhir ini adalah gaya minimalis.

Banyak orang cenderung menafsirkan gaya ini sebagai gaya yang sederhana, yang memasukkan hanya apa yang dibutuhkan ke dalam interior.

Padahal, konsep minimalis sebenarnya lebih dari itu.

Meski terlihat sederhana, banyak orang secara tidak sadar melakukan banyak kesalahan dalam penerapan gaya desain ini.

Dilansir dari customhomegroup.com (10/12/2019), berikut adalah beberapa kesalahan yang umum dibuat saat menerapkan gaya desain minimalis ke dalam interior.

Baca Juga: Keluarga Mempertanyakan Luka Sayat di Tubuh Brigadir Yosua, Tak Hanya Itu Ini Fakta Sebelum Brigadir J Terkena Tembakan Hingga Meninggal Dunia

Tidak Memasukkan Dekorasi yang Cukup

Ini mungkin terdengar kontradiktif dengan konsep minimalis, terutama karena desain minimalis adalah tentang memasukkan hanya apa yang diperlukan, tetapi penting untuk menghindari ruangan yang terlalu kosong.

Desain minimalis bekerja dengan mengutamakan fitur-fitur yang diperlukan di dalam ruangan dan memastikan pencahayaan di area tersebut memungkinkan dampak yang maksimal.

Jika tidak ada cukup barang di dalam ruangan, itu bisa terlihat dingin, belum selesai, dan tidak menarik.

Ketika ini terjadi, desain minimalis justru menjadi meleset dari sasaran.

Salah satu ide desain interior minimalis untuk membantu mengatasi hal tersebut adalah dengan fokus pada furnitur dan aksesoris yang fungsional.

Jika kita fokus untuk memenuhi kebutuhan fungsional ruangan dan memastikan dekorasi yang kita sertakan menambah fungsionalitasnya, kita dapat memasukkan cukup banyak ke dalam ruangan dan sering kali tanpa berlebihan.

Memiliki Terlalu Banyak Warna

Sementara ruangan mana pun membutuhkan sedikit warna aksen, yang terbaik adalah mencapainya dalam tema desain minimalis dengan menggunakan aksesori berwarna-warni sementara warna dinding dibuat lebih netral.

Memisahkan palet warna netral dengan aksesori berwarna lebih cerah akan membantu menonjolkan aspek ruangan yang dimaksudkan sebagai titik fokus.

Dengan memilih warna dengan bijak, dekorasi minimalis akan memiliki dampak yang lebih besar.

Baca Juga: Kemeja Putih Jadi 100 Kali Lebih Kinclong, Ternyata Begini Cara Hilangkan Noda dengan Garam, Baju Jadi Putih Cemerlang!

Menambahkan Terlalu Banyak Aksesori

Tidak perlu banyak aksesori dan perabot untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan desain minimalis.

Faktanya, memiliki terlalu banyak aksesori cenderung merusak tujuan dan menghasilkan tampilan yang berantakan yang bertentangan dengan dekorasi minimalis yang sebenarnya.

Ini juga salah satu kesalahan yang harus dihindari dengan dekorasi rumah farmhouse juga.

Buat semuanya tetap sederhana karena menambahkan terlalu banyak aksesori dapat mengurangi bagian utama dekorasi kita yang seharusnya mendapat perhatian paling besar.

Selain itu, memiliki terlalu banyak aksesori menghilangkan kesan bebas stres dari desain minimalis dan pada akhirnya dapat membuat ruangan terlihat berantakan.

Ini juga salah satu kesalahan yang harus dihindari dengan desain Japandi.

Mengabaikan Fungsi

Meskipun kita ingin hal-hal sederhana, ruangan tetap harus fungsional.

Itu berarti memiliki furnitur yang cukup sehingga ruangan itu mengundang. Ini juga berarti memiliki furnitur yang nyaman.

Memiliki dekorasi bergaya minimalis dan memiliki rumah yang nyaman dan fungsional tidaklah selalu bertabrakan.

Luangkan waktu ekstra untuk menemukan dan memilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan bentuk dan fungsi kita.

Furnitur multifungsi dan fleksibel adalah pilihan populer untuk dekorasi minimalis karena sering menangani banyak fungsi dengan satu bagian dan dibangun dengan mempertimbangkan bentuk dan fungsi.

Baca Juga: Ajaib, Ada yang Tahan Air, Ternyata Ini Ragam Material Wallpaper yang Ada di Pasaran, Bapak-bapak Wajib Tahu!

Mencoba Mencocokkan Arti Minimalisme bagi Orang Lain

Gagal menjadikan rumah impian baru kita terasa seperti “milik kita” adalah kesalahan yang tidak ingin kita lakukan.

Dengan tema desain apa pun, yang terpenting adalah membawa tampilan, rasa, dan fungsi dengan cara yang paling sesuai untuk kita.

Meskipun kita harus memikirkan cara untuk menjaga segala sesuatunya tetap bersih dan sederhana dengan memilih hanya yang kita butuhkan, penting untuk diingat bahwa minimalisme, seperti halnya hygge, adalah tema desain interior pribadi.

“Kebutuhan” kita mungkin sangat berbeda dengan kebutuhan orang lain.

Jangan ragu untuk mengambil inspirasi dari orang lain, tetapi cobalah untuk menghindari membandingkan dan mengevaluasi kamar kita dengan inspirasi tersebut sebagai standar.

Setiap rumah unik dan layak mendapatkan pendekatan yang disesuaikan, jadi jangan takut untuk membuat pendekatan minimalis IDEA Lovers sendiri dan rancang serta hias dengan cara yang paling sesuai untuk IDEA Lovers!

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti