Tak Perlu Bingung Lagi Membawa Tanaman Masuk ke Ruangan, Begini Cara Buat Interior Makin 'Aesthetic' Hanya dengan Unsur Tanaman!

Minggu, 17 Juli 2022 | 07:30
Springwise

Ilustrasi kebun hidroponik di rumah

IDEAonline - Tanaman sudah tidak diragukan lagi merupakan elemen pengisi ruang yang dapat meningkatkan estetika ruangan dalam sekejap, sekaligus membawa pengaruh baik terhadap pengguna ruang.

Jika IDEA Lovers ingin membawa masuk tanaman ke dalam rumah, tetapi ingin sesuatu yang lebih dari sekadar tanaman dalam pot, artikel ini mungkin akan menginspirasi IDEA Lovers.

Dilansir dari lifestyleasia.com (25/06/2022), berikut adalah beragam cara menarik untuk membawa tanaman masuk ke dalam ruangan.

Baca Juga: Ingin Menggunakan Hijau dalam Interior ? Pahami Dahulu Dampak Psikologis Warna Hijau terhadap Pengguna Ruangnya!

Dinding Tanaman

en.naturalgreenwalls.com

Ilustrasi dinding tanaman

Jika IDEA Lovers tidak memiliki akses ke ruang taman horizontal yang memadai, mengapa tidak berkreasi dan mendirikan taman vertikal di salah satu dinding kosong?

Dinding hijau atau green wall (juga dikenal sebagai dinding hidup/living wall, dinding tanaman, atau kebun vertikal) adalah sistem penanaman vertikal, yang terdiri dari substrat terintegrasi seperti tanah atau sabut kelapa, berbagai spesies tanaman hidup dan sistem irigasi otomatis dalam beberapa kasus.

Sistem ini mencakup panel yang dipasang di dinding dan pra-vegetasi yang dapat dibuat dari plastik, polistiren yang diperluas, atau kain sintetis.

Panci dan wadah lain juga bisa digunakan.

Tanaman seperti pakis yang tahan kelembapan, bromeliad berakar dangkal, sukulen, dan tanaman merambat dengan perawatan rendah, dan herba yang dapat dimakan dapat dengan mudah ditanam di kebun vertikal.

Kebun Hidroponik

Springwise

Ilustrasi kebun hidroponik di rumah

Teknik berkebun tanpa media tanah tradisional disebut hidroponik.

Jika kualitas tanah di luar ruangan menjadi masalah, kita dapat melakukan pengaturan hidroponik untuk menumbuhkan taman berkelanjutan impian kita.

Kebun hidroponik dibudidayakan dalam larutan air yang kaya mineral alih-alih tanah dan dapat berkembang dengan sedikit atau tanpa sinar matahari.

Mereka membutuhkan lebih sedikit air daripada kebun tradisional, yang sangat ideal jika kita ingin kebun yang ramah lingkungan dan menghindari berurusan dengan hama dan gulma yang tidak diinginkan.

Kebun ini adalah cara bebas repot untuk menghasilkan rempah atau sayuran berkualitas tinggi sepanjang tahun.

Baca Juga: Tidak Memiliki AC dalam Ruangan? Dinginkan Ruangan Anda dengan Beberapa Cara Berikut!

Tanaman Udara/Air Plants

Better Homes and Gardens

Ilustrasi tanaman udara

Dengan lebih dari 500 spesies tropis untuk dipilih, tanaman udara adalah epifit, yang berarti mereka tidak memerlukan tanah pot untuk tumbuh.

Tanaman genus Tillandsia, yang merupakan bagian dari keluarga Bromeliad, menyerap kelembapan dan nutrisi langsung dari udara melalui sisik kecil pada daunnya yang disebut trikoma.

Fitur ini juga melindungi tanaman dari terik matahari.

Tidak seperti tanaman yang terikat di tanah, tanaman udara menggunakan akarnya hanya untuk dukungan fisik atau menempel pada pot atau tanaman lain.

Tanaman Terarium

The New York Times

Ilustrasi terarium

Terarium adalah akuarium untuk tanaman.

Ini adalah ekosistem tanaman mini mandiri yang ditanam dalam wadah kaca.

Hutan mini yang mudah dirawat dan tumbuh lambat ini dapat mencakup kaktus, sukulen, atau tanaman tropis dan dapat tumbuh subur selama bertahun-tahun.

Jika IDEA Lovers seorang tukang kebun yang tidak berpengalaman atau penggemar tanaman dengan sedikit waktu luang, terarium adalah jalan pintas utama untuk menambahkan tanaman hijau ke rumah.

Baca Juga: Suami Dijamin Makin Sayang, Begini Cara Merawat Ketiak Hitam Hanya dengan Modal Bahan Rumahan!

Tanaman Kamar Mandi

All About Gardening

Ilustrasi tanaman di kamar mandi

Kamar mandi berfungsi sebagai latar belakang yang sempurna untuk beberapa tanaman hias yang menyukai kelembapan.

Mereka dapat meningkatkan dekorasi ruang dan bahkan bekerja sebagai penghilang stres, cocok untuk mandi pasca-kerja yang panjang dan santai.

Tiga faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih tanaman untuk sudut kamar mandi adalah cahaya rendah, kelembapan tinggi, dan perubahan suhu.

Tanaman dalam ruangan, termasuk pakis asparagus, bunga peace lily yang elegan, tanaman bambu, pothos, begonia, tanaman ular dan tanaman laba-laba bekerja paling baik untuk kamar mandi dan lingkungannya yang redup.

Kebun yang Dapat “Dimakan” (Herbal, Buah-buahan, dan Sayuran)

Garderner's Supply

Ilustrasi tanaman herbal di rumah

Sempurna untuk menghiasi tempat-tempat cerah di rumah, kita dapat menanam rempah segar dan sayuran di dalam ruangan, terlepas dari musimnya.

Beberapa herbal yang bisa kita tanam di rumah adalah basil, rosemary, thyme, dan oregano.

Herbal segar adalah tanaman indoor terbaik karena memberi kita pasokan aroma yang tak ada habisnya sepanjang tahun dan mudah diperbanyak.

Cukup ambil potongan batangnya dan tinggalkan dalam segelas air di ambang jendela yang cerah.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya