Tak Perlu Tunggu Bocor, Mulai Hari Ini Tak Perlu Bingung Saat Merawat Kolam Ikan, Coba Lapisi dengan Ini Agar Antibocor!

Senin, 25 Juli 2022 | 10:40
Ked. Deasy Andriani, Duren Sawit, Jkt Timur

Tak Perlu Tunggu Bocor, Mulai Hari Ini Tak Perlu Bingung Saat Merawat Kolam Ikan, Coba Lapisi dengan Ini Agar Antibocor!

IDEAOnline -Banyak dari sebagian masyarakat memiliki tetangga yang berisik.

Hal inipun kemudian membuatIDEA lovers jengkel karena sifat tetangga yang berisik dan mengganggu jam istirahatIDEA loversdi rumah.

Apalagi ketika mereka menyalakan musik keras ataupun berdebat sepanjang hari. Kemungkinan, hal ini terjadi akibat dinding rumah yang saling berdempetan.

Mau redam suara tetangga sebelah? Coba gunakan kolam ikan.

Baca Juga:Ajaib, Ada yang Tahan Air, Ternyata Ini Ragam Material Wallpaper yang Ada di Pasaran, Bapak-bapak Wajib Tahu!

Baca Juga:Postur Tidur Kita Dapat Berpengaruh pada Berbagai Aspek Kesehatan, Jadi Manakah Postur Tidur yang Terbaik?

Lingkungan yang santai dan tenang di rumah, bisa diciptakan dengan menghadirkan kolam taman.

Tanaman akan memberikan pasokan udara segar ke dalam rumah, sedangkan kolam ikan dengan suara air yang gemericik memberi ketenangan batin.

Salah satu jenis kolam ikan yang banyak dihadirkan di rumah adalah, kolam ikan koi.

Untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan koi di dalam kolam, kondisi air menjadi faktor penting.

Setidaknya ada 3 parameter kualitasairyang perlu diperhatikan, yaitu suhu air, keasaman dan kebasaan air, serta kondungan oksigen di dalam air.

Kandungan oksigen di dalam air harus mencukupi.

Baca Juga:Sempat Heboh Diciduk Polisi Saat Lagi Asik Berhubungan Badan, Selebgram Ini Tak Pernah Lagi Unjuk Diri di TV Akibat kasus Jual Diri di Hotel Semarang

Baca Juga:Yang Suka Gaya Nyentrik dan Bebas Bisa Pakai Gaya Ini, Intip Inspirasi Gaya Bohemian di Dapur Agar Tetap Aesthetic dan Tak Berantakan!

Untuk kolam ikan koi, kandungan oksigen yang dibutuhkan sekitar 6 mg/ltr.

Kurangnya kadar oksigen di air kolam dapat menyebabkan kematian ikan.

Untuk menjaga kestabilan kadar oksigen, kamu harus membuat sistem aerasi yang baik.

Aerasi adalah penambahan oksigen ke dalam air dengan memancarkan air atau melewatkan gelembung udara ke dalam air, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan aerator.

Sistem aerasi akan membantu ketika suhu air meningkat dan kadar 02 tetap pada ambang batas.

Jadi, kondisi air menjadi faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ikan koi di dalam kolam.

Kolam ikan suka bocor?

Baca Juga:Bukan di Kulkas, Ternyata Menurut Ahli Begini Cara Menyimpan Cokelat Agar Awet Bahkan Bisa Sampai 2 Tahun

Baca Juga:Kasih Tahu Pembantu Menyimpan Gula Jangan Asal, Ternyata Begini Caranya Biar Awet Hingga Bertahun-tahun

akuariumhias.blogspot.com

Tak Perlu Tunggu Bocor, Mulai Hari Ini Tak Perlu Bingung Saat Merawat Kolam Ikan, Coba Lapisi dengan Ini Agar Antibocor!

Salah satu masalah di kolam ikan yang bisa memengaruhi terganggunya kondisi air, adalah jika terjadi kebocoran kolam.

Jika kebocoran terjadi, segera atasi supaya kehidupan ikan koi tak terancam.

Ada cara mudah dan praktis yang bisa kamu lakukan, untuk menyiasati dan mengatasi gangguan pada kolam ikan koi agar segera terdeteksi jika ada masalah.

Cara mengatasi kolam ikan bocor

1. Pengecekan berkala

Fungsi melakukan pengecekan berkala untuk mengetahui keadaan ikan dan kondisi kolam tentunya.

Bila air kolam ikan semakin berkurang, sebaiknya pindahkan ikan terlebih dahulu ke tempat yang aman dan cek kembali titik kebocoran.

Bila dalam kurun waktu beberapa hari dan air masih tersisa di kolam, dapat diindikasikan bahwa kebocoran terletak pada dinding kolam.

Namun bila air kolam terkuras habis, dapat diindikasikan kebocoran pada dasar kolam.

2. Gunakan pelapis anti bocor

Mengatasi kolam ikan yang bocor, kamu bisa gunakan pelapis antibocor aquagard.

Cara melapisi kolam ikan dengan Aquagard

Sebelum dilapisi antibocor Aquagard, kolam perlu dibersihkan terlebih dahulu.

Kemudian lapisi kolam dengan primer Super Cement + semen dengan cara dicampur mengikuti perbandingan volume 1:1,25.

Aplikasikan primer Super Cement + semen ini menggunakan kuas atau rol. Fungsi primer Super Cement + semen adalah untuk mengikat sisa kotoran yang tertinggal, meningkatkan daya lekat waterproofing serta menutup retak halus.

Selanjutnya siapkan pelapis anti bocor Aquagard yang merupakan salah satu produk dari Aquaproof.

Aquagard merupakan produk yang terdiri dari 2 komponen yaitu komponen bubuk dengan bahan dasar campuran semen dan komponen cair dengan bahan dasar emulsi polimer sintetis. Aquagard dengan teknologi “flexible cementitious” sangat cocok diaplikasikan pada area yang tergenang air seperti kolam ikan karena sifatnya yang kedap air, fleksibel, daya lekat tinggi, tahan lama, dan tidak beracun.

Baca Juga:Bisa Selamat dari Penyakit Berbahaya Ini, Ibu-ibu Coba Minum Air Rebusan 5 Lembar Daun Alpukat, Lalu Lihat Hasilnya!

Baca Juga:Pantas Bisa Lepas Obat-obatan, Mulai Pagi Ini Coba Rebus Kunyit dan Madu Lalu Minum, Bisa Halau Penyakit Berbahaya Ini

Idea.grid.id

Ilustrasi kolam ikan koi.

Pastikan kalian mengetahui luas kolam ikan untuk mengestimasi kebutuhan penggunaan Aquagard yaitu 1 kg untuk 0,75-1 m2 dengan dua kali pelapisan.

Aplikasi Aquagard sangat mudah, cukup campurkan seluruh komponen bubuk dan dan cairan , aduk rata dan aplikasikan menggunakan kuas maupun rol dengan dua kali pelapisan (setelah lapisan pertama kering, ulangi aplikasi untuk lapisan kedua).

Untuk area sudutan dapat diperkuat juga dengan Aquaproof polyester mesh saat lapisan pertama Aquagard masih basah. Di pasaran, kamu bisa menggunakan Aquagard solusi kolam ikan yang tersedia dalam beberapa ukuran yaitu 2,5 kg set, 4 kg set dan 20 kg set. Pilih sesuai kebutuhanmu.

3. Jaga kebersihan kolam

Sudah merasa aman dengan kolam bebas bocor?

Ada hal-hal rutin yang tentunya dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan kolam dan membuatnya tahan lama seperti: rutin mengganti air kolam, membersihkan sampah-sampah yang masuk terutama untuk kolam outdoor, mengecek pompa air & filter, serta buat sirkulasi udara berjalan baik dengan adanya air mancur atau air mengalir.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya