Postur Tidur Kita Dapat Berpengaruh pada Berbagai Aspek Kesehatan, Jadi Manakah Postur Tidur yang Terbaik?

Sabtu, 09 Juli 2022 | 14:30
The Sleep Judge

Ilustrasi tidur telentang

IDEAonline - Faktanya, kita menghabiskan kurang lebih ⅓ hari kita untuk tidur.

Saat tidur, postur tubuh kita pun akan tetap selama berjam-jam.

Untuk itu, postur tidur kita sangatlah penting dan berhubungan erat dengan postur tubuh kita.

Namun tidak hanya itu, postur tidur kita juga bisa berpengaruh pada kesehatan kita.

Dilansir dari drdavidtannenbaum.com, berikut adalah hal-hal yang harus IDEA Lovers ketahui mengenai postur tidur dan mana postur tidur yang terbaik untuk IDEA Lovers.

Baca Juga: Bikin Satu Komplek Jadi Iri, Begini Cara Bersihkan Bunga Es di Freezer Kulkas, Bau Amis Ikutan Hilang!

Apa itu Postur Tidur dan Kebersihan Tidur?

Postur tubuh kita saat tidur idealnya harus mendukung keselarasan tubuh dan tulang belakang yang benar.

Bahkan saat tidur atau beristirahat, menjaga keselarasan leher dan tulang belakang yang optimal diperlukan untuk kesehatan secara keseluruhan, sistem kekebalan yang kuat, dan sangat kondusif untuk kelengkungan alami punggung bawah.

Banyak orang yang tidur dengan postur tubuh yang buruk mengalami misalignment dan peradangan dan nyeri di leher terutama, meskipun rasa sakit itu sering menjalar ke tulang belakang dan ke anggota badan lain.

Selain itu, postur tidur yang buruk sering disamakan dengan postur tubuh yang buruk secara keseluruhan.

Meskipun kita tidak dapat secara aktif mengontrol postur tidur kita saat kita tidur, kita dapat meningkatkan kebersihan tidur dan kesadaran posisi tidur untuk mulai melatih tubuh kita menjadi kebiasaan yang lebih sehat.

Kebersihan tidur tidak hanya mencakup postur tidur kita, tetapi juga lingkungan yang memengaruhi kebiasaan tidur kita secara keseluruhan.

Rutinitas harian yang mendorong tidur yang baik, seperti lingkungan kamar tidur yang positif, tidak mengonsumsi kafein, alkohol, dan junk food sebelum tidur, dan rutinitas malam hari yang damai tanpa gangguan dapat berkontribusi pada kebersihan tidur yang sehat dan membuat kita tetap sadar akan posisi tidur kita.

Baca Juga: Cuma Hitungan Menit, Kulkas Bersih Total Seperti Beli Baru, Begini Caranya Mencucinya dengan Modal Bumbu Dapur!

Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan Optimal

Tidak ada satu posisi tidur yang sempurna yang cocok untuk semua orang.

Lebih dari segalanya, kita hanya perlu tidur dengan cara yang membuat tubuh kita tertopang dengan cara yang paling netral.

Tergantung pada faktor-faktor di atas, setiap posisi tidur mungkin tidak cocok untuk kita, dan masing-masing memiliki pro dan kontra.

Tidur Telentang

The Sleep Judge

Ilustrasi tidur telentang

Sering dipandang sebagai yang paling optimal, ironisnya juga yang paling tidak populer.

Namun, tidur telentang memungkinkan tubuh kita untuk beristirahat secara alami dengan distribusi berat yang sama.

Ini juga berarti lebih sedikit penyesuaian kembali dan bergerak, yang menyamakan tidur yang lebih nyenyak.

Tidur terlentang juga dapat membantu mengurangi refluks asam, dan bahkan memperbaiki kondisi kulit seperti jerawat dan pengurangan kerutan.

Mereka yang mungkin mungkin perlu menghindari tidur telentang termasuk mereka yang mendengkur, yang menderita sleep apnea, yang menderita sakit punggung kronis yang parah, atau yang memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Polisi Buktikan Bisa Tangkap Anak Kiai Jombang Terduga Kasus Pencabulan, Video yang Beredar Sebelum Dikepung Ada Aksi Dorong-dorongan dengan Santri

Tidur Miring

Vive Health

Ilustrasi tidur miring

Ini adalah posisi alternatif yang bagus untuk mereka yang tidak bisa tidur telentang, karena mengurangi dengkuran, sleep apnea, dan membantu mendukung mereka yang menderita radang sendi dan terowongan karpal. Hal ini juga dikatakan untuk mengurangi refluks asam, membantu pencernaan, dan membantu sirkulasi darah secara keseluruhan. Namun, ini memiliki beberapa kelemahan—tidur miring menyebabkan kerutan, dapat menyebabkan tidur gelisah karena membutuhkan lebih banyak penyesuaian dan gerakan, dan bahkan dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada anggota badan. Tidur dengan bantal di antara kedua kaki dan memastikan lengan dan tangan Anda tidak mengganggu keselarasan tulang belakang dan leher dapat membantu beberapa masalah ini saat tidur miring.

Tidur Tengkurap

HSS

Ilustrasi tidur tengkurap

Posisi ini mungkin adalah posisi tidur terburuk untuk kesehatan optimal dan keselarasan tulang belakang.

Saat tidur terkurap, tidak mungkin untuk tetap sejajar tanpa tekanan dan leher kita hampir selalu berada pada sudut yang tidak wajar untuk waktu yang lama.

Tidur tengkurap juga menyebabkan kesulitan bernapas dan meningkatkan tanda-tanda penuaan dengan kerutan.

Baca Juga: Begini Cara Tak Terduga Agar Dekorasi di Rumah Makin Bersinar di Tengah Keterbatasan, Mau Coba?

Tidur dalam Posisi “Janin”

Sleep Foundation

Ilustrasi tidur dalam posisi janin

Posisi tidur ini adalah yang paling populer, manfaatnya mirip dengan tidur menyamping.

Namun, dengan tetap duduk untuk waktu yang lama, tulang belakang dan anggota badan kita akan terasa kaku saat bangun dan ini dapat menyebabkan postur berdiri dan duduk yang buruk sepanjang hari.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya