Lancarkan Kunci Pintu hingga Hilangkan Hama, Ini Ragam Manfaat Petroleum Jelly

Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:01
DOK. Shutterstock

Ilustrasi petroleum jelly

IDEAonline -Petroleum jellymerupakansalah satuprodukyang dikenal memiliki banyak manfaat bagikulit.Dilansir dariHealthline, beberapa manfaat daripetroleum jelly,yaituuntuk melembapkankulit, membantu menyembuhkan luka gores dan luka bakar ringan, serta mencegah ruam popok.

Sebagai informasi,petroleum jellydibuat dari campuran lilin dan minyak mineral yang membentuk zat semipadat seperti jeli. Produk ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli kimia asal Amerika Serikat, Robert Augustus Chesebrough, pada 1859.

Saat itu, Augustus terinspirasi dari pekerja industri minyak di Pennsylvania yang kerapmenggunakanproduk inipada luka bakar dan gores.

Meskilebih banyak dikenal sebagaiprodukskincarekaum hawa,lamanBobvilamenyebutpetroleum jellybisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga.Berikut sejumlahkegunaanpetroleum jellydirumah.

Baca Juga: Hindari Hal-Hal Berikut Saat Mendekorasi Ruangan yang Terbatas!

  1. Menutupi permukaandari percikan cat
Ketika akan mengecat tembokrumah,seseorangbiasanyaakanmenutupi area permukaan atau bagian tertentu menggunakan selotip dan kertasagartidak terkena percikanatautetesancat, misalnya pada kusen jendela dan pintu, engsel atau kenop pintu, tepi linoleum, dan ubin.

Selainmembuangbanyak selotipdan kertas, cara tersebut juga cukup merepotkan dan memakan waktu.Agar lebih praktis, Andadapatmengoleskanpetroleum jellypada areapermukaan yang tidak ingin dicat.

Cukup oleskanpetroleum jellysecaratipisdan merata hinggamenutupipermukaanareatersebut.Setelah selesai mengecat ruangan, bersihkanpetroleum jellydengan lap basah.Hindari menyekaterlalu kerasagar tidak memicu goresan pada permukaanbenda yang dioles denganpetroleum jelly.

  1. Menghilangkan bunyi derit padapintu
Pintu rumah yang berderit atau macet merupakan hal yang umumditemui di hampir setiap rumah. Meski tidak mengganggufungsi pintu, bunyitersebuttak jarang membuatpenghuni rumah merasa risi.

Baca Juga: Ingin Tahu Mengapa Banyak Orang Menggemari Gaya Desain Minimalis? Berikut Alasannya!

Bunyi derit biasanya disebabkan engsel pintu yang sudah kering.Untuk mengatasi hal tersebut, oleskanpetroleum jellypada engsel pintuyang berderit, lalu diamkan beberapa menit.Dijamin, engsel pintu akan kembali berfungsilebihlancar tanpa mengeluarkan bunyi berderit.

Selainengselpintu,petroleum jellyjuga bisadigunakan untuk melumasiengsellaci,rak, danpintu kulkasagar pergerakannya lebih halus saat dibuka dan ditutup.

  1. Melancarkankuncipintuyangmacet
Melancarkankuncipintuyangmacetmerupakanmanfaatlain daripetroleum jellydirumah.Ada beberapa sebab kunci pintu macet, salah satunya adalah sistem mekanis pada silinder kunci yang sudah berkarat.

Anda bisa melancarkan kembali sistem mekanis kunci dengan melumasipetroleum jellypadakunci danlubang silinderkunci.Setelah itu,masukkan kunci ke lubangsilinder, lalugerakkankuncike posisi mengunci dan membuka beberapa kaliagarpetroleum jellymenyebarke sistem mekanis kuncihingga putaran terasa lancar.

Baca Juga: Ciptakan Ruang yang Nyaman Tanpa Peduli Anggaran! Berikut Tipsnya!

  1. Membasmi hama
Manfaatlainpetroleum jellydi rumahadalah mengatasi hama,seperti semut, serangga,cecak, dan kecoa.

Untuk mengusirberbagaihama tersebut, Anda hanya perlu mengoleskanpetroleum jellydi pinggir jendela dan pintu.Teksturpetroleum jellyyang licin dan lengket akanmenjebak seranggasehinggatidak bisa masuk kerumah.

Bukan cuma itu,petroleum jellyjuga bisa dimanfaatkansebagai perangkap serangga dengan mengoleskannyapada area-area tertentu yang biasa didatangi serangga,salah satunya dapur.

Itulahempat manfaatpetroleum jellyyang bisa Andacobaselain untuk perawatan kulit. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba sendiri di rumah?

Editor : Sheila Respati