Pas Weekend Enaknya Berenang, Tapi Hati-hati Jika Terlalu Lama di Kolam Renang Juga Tak Baik, Ini Kata Ahli!

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:00
Freepik/prostooleh

Mengapa Klorin Buat Mata Perih? Ternyata Ini Alasan Tak Boleh Berlama-lama di Kolam Renang

IDEAonline -Berenang memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi siapa saja, tanpa terkecuali anak-anak. Selain itu, berenang secara rutin diketahui berperan penting dalam pertumbuhan anak.

Sebab, olahraga tersebut dapat membantu membangun kekuatan dan kesehatan tubuh Si Kecil secara keseluruhan.

Berenang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan disukai Si Kecil. Maka dari itu, ayah dan ibu bisa memilih aktivitas air ini untuk dilakukan bersama anak.

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari berenang adalah kesehatan fisik yang lebih baik. Rutin berenang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, melatih kekuatan dan fleksibilitas, serta meningkatkan stamina.

Baca Juga:Diduga Selingkuhi Mantan Istri Hingga Kasus KDRTnya Jadi Bahan Omongan Seantero Indonesia, Artis Sinetron Ini Malah Asik Bawa Pacar Baru ke Publik?

Baca Juga:Stop dari Sekarang Jika Tak Ingin Alami Kemandulan, Ternyata Mengisi Ulang Botol Plastik Bisa Berbahaya untuk Kesehatan, Ini Kata Ahli!

Tidak hanya itu, anak yang rutin berenang juga cenderung memiliki keseimbangan dan postur tubuh yang lebih baik.

Tapi IDEA lovers,saatberenang tanpa mengenakan kacamata renang, seringkali mata kita terasa perih.

Ini karena mata kita menganggap air sebagai benda asing di dalam air kolam renang dan membuat mata kita perihyang berasal dari kaporit.

Dilansir dari Bobo.id, Ini dia alasan kenapa kolam renang di tempat umum harus di beri kaporit yang mengandung klorin.

Zat Kimia di Dalam Kolam Renang

Selain mata menjadi kemerahan karena perih, klorin di dalam air kolam renang juga membuat kulit terasa kering setelah berenang beberapa jam.

pixabay/adrit1

Mata Terasa Perih Saat Lama Berada di Kolam Renang ? Ini Faktanya!

Ini juga disebabkan oleh adanya senyawa klorin di dalam air kolam renang.

Kenapa air kolam renang umumnya diberi zat kaporit yang mengandung klorin?

Jadi, klorin dalam kaporit ini berguna untuk menjaga air tetap segar, bersih, dan bebas dari bakteri, IDEA lovers.

Serba-Serbi Senyawa Klorin

Baca Juga:Belajar dari Meninggalnya Presenter Kondang Ini, Mulai Sekarang Hindari Makan-makanan Manis Berlebihan, 'Ia Meninggal Dalam Keadaan Tersenyum'

Baca Juga:Bikin Mertua Kegirangan, Ternyata Bersihkan Bunga Es Tak Perlu Sampai Seharian, Hanya Habiskan Hitungan Menit!

Senyawa klorin ini ditemukan oleh ahli kimia asal Swedia, Carl Wilhem Scheele.

Klorin sendiri merupakan senyawa yang sangat mudah dijumpai di Bumi. Namun, klorin murni sangat jarang dijumpai.

Senyawa klorin murni ini bukanlah benda cair lo, melainkan gas. Gas ini berwarna kuning atau hijau dan beracun, IDEA lovers.

Bahkan, gas klorin dulu juga digunakan sebagai senjata saat perang.

Namun, jika digunakan dalam jumlah yang tepat dengan senyawa lainnya, klorin adalah bahan yang aman.

Klorin juga terkandung dalam bahan makanan kita, seperti garam. Klorin pada garam menjadi aman karena digabungkan dengan sodium dan menjadi sodium klorida.

Senyawa Klorin Sebagai Pembersih

Senyawa klorin memiliki kemampuan memutihkan dan disinfektan. Disinfektan adalah sifat mencegah terjadnya infeksi atau membasmi kuman penyakit.

Karena kemampuan itu, klorin banyak digunakan dalam produk kebersihan.

Nah, salah satunya adalah kaporit yang digunakan untuk membunuh bakteri dalam air kolam renang supaya airnya tetap bersih.

Klorin juga digunakan untuk memurnikan air minum di pabrik pembuatan air minum sehingga air aman diminum.

Baca Juga:Nyesel Banget Baru Tahu, Freezer Gagal Mendingin Karena Beberapa Alasan Berikut, Jangan Langsung Beli Kulkas Baru!

Baca Juga:Diduga Selingkuhi Mantan Istri Hingga Kasus KDRTnya Jadi Bahan Omongan Seantero Indonesia, Artis Sinetron Ini Malah Asik Bawa Pacar Baru ke Publik?

Saat berenang, klorin mungkin akan membuat mata kita perih dan kemerahan, serta kulit menjadi kering, namun zat itu aman, IDEA lovers.

Tapi, kalau merasa tidak nyaman karena efek klorin di kulit dan mata, IDEA lovers bisa berenang di kolam dengan waktu yang tidak terlalu lama, ya.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya