Ciptakan Dinding Aksen yang Ramah Anggaran dengan Beberapa Idea Berikut!

Senin, 08 Agustus 2022 | 06:00
The Zoe Report

Ilustrasi interior dengan dinding aksen

IDEAonline - Dinding aksen adalah salah satu tren desain interior yang kini digunakan banyak orang untuk menunjang estetika tampilan interior mereka.

Meski selama ini identik dengan dinding dengan warna yang berbeda dan menonjol, sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menciptakan dinding aksen.

Terlebih lagi, cara-cara tersebut tidak selalu memakan biaya.

Dilansir dari thespruce.com, (11/01/2022), berikut adalah beberapa cara untuk menciptakan dinding aksen yang terjangkau.

Baca Juga: Akan Segera Pindah Rumah? Berikut Tips yang Akan Berguna Saat Membeli Furnitur Baru!

Pilih Warna Cat

Membuat dinding aksen yang menakjubkan membutuhkan sedikit lebih dari satu galon cat dan satu sore untuk mengecatnya.

Memilih aksen warna cat tembok yang tepat sangatlah penting karena akan menjadi focal point ruangan.

Pilih warna yang cocok dengan warna lain di ruangan.

Jika warna dinding yang ada saat ini hangat, ada baiknya kita memilih warna dinding yang hangat.

Berhati-hatilah bahkan dengan warna-warna netral, karena mereka memiliki nada warna dan suhu yang dapat membuat dinding aksen terlihat tidak pada tempatnya.

Dinding aksen faux-finish tidak sepopuler dulu, tetapi menggunakan cat metalik atau teknik plester masih sangat bergaya.

Pastikan untuk mencoba teknik faux-finish pada sepotong papan dinding sebelum mencobanya di dinding, dengan begitu kita akan memiliki waktu latihan dan pratinjau bagaimana tampilannya.

Pertimbangkan untuk mengikuti lokakarya gratis di toko perbaikan rumah setempat untuk menyempurnakan teknik tersebut dan mendapatkan bantuan untuk membuat ulang dinding aksen di rumah.

Tambahkan Tirai

Singkirkan cat dan wallpaper—tirai dari lantai ke langit-langit dapat menambahkan dosis drama tak terduga ke sebuah ruangan.

Tirai putih ini mengalir dengan sisa dinding, tetapi kainnya memberikan tekstur yang tetap menciptakan aksen dinding yang sempurna.

Baca Juga: Aturan Penggunaan Bendera Merah Putih pada Ruangan Hingga di Lapangan Ternyata Berbeda, Jangan Asal Pasang! Simak Ukuran yang Tepat

Coba Wallpaper Sementara

Wallpaper sementara adalah tren besar dan sangat ramah anggaran.

Juga disebut "wallpaper untuk penyewa", produk ini dapat dilepas dan tidak memerlukan pasta atau air.

Kita dapat bersenang-senang dengan pola dan warna yang mungkin tidak ingin kita gunakan secara permanen.

Wallpaper temporer sangat cocok jika IDEA Lovers menyukai tampilan gaya tanpa komitmen.

Tempat terbaik untuk dinding aksen wallpaper sementara di foyer, di belakang kepala tempat tidur, dan di ruangan yang tidak memiliki fitur arsitektur nyata.

Memilih pola wallpaper yang berani dalam garis-garis vertikal dapat membuat langit-langit terlihat lebih tinggi, dan garis-garis horizontal membuat ruangan terlihat lebih besar.

Kita dapat menggunakan wallpaper sementara dengan cara yang cerdas untuk memperbarui ruang kita dengan mudah dan terjangkau.

Jangan membatasi diri pada aplikasi dinding sederhana; kita dapat menggunakan wallpaper ini untuk melapisi bagian belakang rak atau di dalam lemari untuk menambahkan sedikit warna dan pola.

Tambahkan Papan Kayu Sementara

Di mana-mana kita melihat kayu reklamasi bermunculan di dekorasi rumah.

Kita dapat dengan mudah dan terjangkau menambahkan gaya lapuk ke rumah dengan produk inovatif ini.

Papan kayu sederhana dapat membantu kita membuat dinding aksen hangat tanpa beban berat.

Tidak ada batasan di mana dinding aksen kayu bisa masuk di rumah.

Kita dapat menciptakan ruang keluarga yang hangat dan mengundang atau menambah gaya pada foyer.

Kita juga dapat menambahkan tampilan kayu reklamasi ke sisi pulau dapur, bar, atau bagian belakang rak atau lemari terbuka.

Baca Juga: Auto Dikira Pakai Pesugihan, Ternyata Hanya Menuangkan 5 Unsur Feng Shui Ini di Rumah, Bikin Rejeki Makin Melimpah!

Gunakan Ubin pada Dinding Aksen

Dinding aksen ubin menakjubkan dan dapat mengubah ruang.

Pilihan kita untuk dinding aksen ubin termasuk ubin seluruh dinding di kaca atau batu cantik untuk tampilan high-end.

Ini adalah cara paling dramatis untuk menambahkan dinding aksen ubin, tetapi mungkin tidak terjangkau untuk setiap anggaran.

Jika IDEA Lovers menyukai tampilan dinding aksen ubin yang ramping, tetapi tidak memiliki waktu atau anggaran untuk proyek ubin besar, pertimbangkan ubin untuk menciptakan titik fokus ruangan.

Ubin baru jauh lebih elegan daripada produk sebelumnya dan mencakup lebih banyak pilihan desain.

Menjadi Kecil dan Halus

Dinding aksen tidak perlu memenuhi seluruh dinding—terutama jika kita berurusan dengan sudut kecil atau ruang yang canggung.

Memilih warna interior yang benar-benar menonjol adalah kuncinya.

Ruang sudut ini mendapat upgrade dengan cat coklat netral di satu sisi, membuatnya menonjol di antara dekorasi putih lainnya.

Baca Juga: Tak Perlu Pergi ke Tempat Rekreasi Mahal, Warga di Negara Ini Bisa Nongkrong dan Pacaran di Atas Jembatan Layang!

Gunakan Cermin

Cat dan wallpaper bukanlah satu-satunya pilihan saat membuat dinding aksen.

Terutama di ruangan yang lebih kecil, dinding yang dilapisi cermin bisa menjadi gamechanger, memungkinkan ruang tampak lebih besar.

Sementara cermin itu sendiri bisa mahal, ada alternatif yang ramah anggaran—panel cermin.

Lembaran tipis panel reflektif ini memungkinkan kita menempelkan lembaran ke dinding untuk memberikan tampilan cermin tradisional.

Mereka datang dalam berbagai ukuran, bentuk, dan gaya yang dapat membantu kita menghidupkan ide dinding aksen kita.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti