Ingin Memiliki Apartemen Satu Kamar yang Cantik dan Fungsional? Berikut Tipsnya!

Senin, 08 Agustus 2022 | 01:00
Otosection

Ilustrasi apartemen satu kamar

IDEAonline - Apakah IDEA Lovers seseorang yang tinggal di apartemen satu kamar atau memiliki apartemen satu kamar?

Jika ya, IDEA Lovers mungkin bingung bagaimana mendesainnya agar terlihat cantik dan fungsional.

Dilansir dari decoholic.org (24/07/2022), artikel berikut akan membagikan kepada IDEA Lovers tips untuk mendesain apartemen satu kamar.

Gunakan Warna Terang dan Cerah untuk Membuka Ruangan

Warna terang dan cerah selalu menjadi pilihan yang baik saat mendekorasi ruangan kecil.

Warna gelap membuat ruangan lebih tertutup, jadi sebaiknya gunakan warna terang seperti putih dan biru.

Kita juga dapat menambahkan beberapa warna dalam bentuk karya seni atau permadani.

Misalnya, jika dinding dicat biru, gunakan aksen kuning di seluruh ruangan untuk semburan warna yang menarik tanpa membebani ruang.

Ini akan memberi ruangan perasaan lapang, membuatnya tampak lebih besar dari itu.

Baca Juga: Dambakan Ingin Jadi Sosok Ini, Ayu Ting-ting Pasrah Walau Gagal Jadi Istri Konglomerat, Siapa Sangka Pernah Pula Diisukan Jadi Simpanan Polisi

Manfaatkan Cermin

Gunakan cermin di dinding atau pintu pada sudut yang berbeda untuk memantulkan cahaya ke ruangan, menciptakan ilusi lebih banyak ruang.

Ini bekerja dengan baik dengan jendela besar di ruang tamu atau kamar tidur yang membiarkan cahaya alami bersinar di siang hari.

Dengan sedikit usaha, kita juga dapat menggantung cermin besar di area konsol televisi untuk menciptakan ilusi kedalaman dan lebar.

Manfaat lain dari menggunakan cermin adalah mereka juga dapat membantu memantulkan suara, membantu mengurangi gema di ruangan yang tidak memiliki perawatan akustik, seperti kedap suara atau karpet di dinding.

Investasikan dalam Perabotan Ringkas

Berikut beberapa jenis furnitur yang tidak akan memakan terlalu banyak ruang di apartemen kecil:

Lemari dan rak - Lemari dan unit rak sangat ideal untuk menyimpan barang-barang di apartemen kecil.

Mereka dapat dipasang di dinding atau berdiri bebas, dan tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, sehingga kita dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Meja kopi dengan laci - Meja kopi dengan laci menyediakan ruang penyimpanan untuk majalah, buku, remote control, dan barang-barang lainnya.

Mereka juga datang dalam semua jenis gaya, sehingga kita akan dapat menemukan satu yang cocok dengan skema dekorasi kita.

Lemari dinding - Lemari dinding adalah pilihan lain untuk menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan di rumah tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang di lantai atau meja.

Lemari dinding dapat dipasang di dinding apartemen mana pun dan menyimpan apa pun mulai dari piring, perlengkapan pembersih, hingga peralatan dapur.

Baca Juga: Tak Perlu Pergi ke Tempat Rekreasi Mahal, Warga di Negara Ini Bisa Nongkrong dan Pacaran di Atas Jembatan Layang!

Jadilah Kreatif dengan Tata Letak Ruang Tamu

Pilih furnitur yang memiliki banyak kegunaan.

Misalnya, pilih tempat tidur sofa daripada dua perabot terpisah sehingga kita dapat menggunakannya sebagai tempat tidur saat tamu datang dan sebagai tempat duduk di siang hari.

Kita juga dapat memilih meja makan yang dapat diubah menjadi tempat duduk lain jika diperlukan.

Jaga agar dekorasi tetap sederhana. Banyak aksesori bahkan dapat membuat ruang kecil terasa berantakan.

Oleh karena itu, jagalah agar tetap minimalis dengan hanya menggunakan apa yang diperlukan dan menambahkan sentuhan pribadi seperti gambar dan tanaman untuk menghidupkan tempat itu.

Selain itu, cobalah kombinasi warna berbeda yang tidak berbenturan satu sama lain atau mengalahkan skema warna ruangan yang ada.

Pertimbangkan untuk menggunakan seni dinding untuk menghias dinding.

Jenis dekorasi ini tidak memakan ruang lantai apa pun, tetapi tetap menambah karakter pada ruangan.

Mereka juga mudah untuk dipindahkan dan diganti dengan menambahkan potongan baru, jadi kita tidak perlu khawatir membuat lubang di dinding atau mengecatnya nanti.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti