Mau Setia dengan Desain Rumah Minimalis Tapi Berat di Ongkos? Dikasih Tips Sama Ahlinya, Ini Dia!

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:12
Real Living

Mau Setia dengan Desain Rumah Minimalis Tapi Berat di Ongkos? Dikasih Tips Sama Ahlinya, Ini Dia!

IDEAonline – IDEA loverssedang pusing? Istri ingin mengadopsigaya minimalis untuk hunian mereka yangbentuknya rumah standar dari pengembang denganatap pelana. Untuk merenovasi bangunan secarapenuh, rasanya berat di ongkos.

Beberapa dari IDEA lovers pasti ada yang menikmati rengekan istrinyayang ingin memakai desain rumah minimalisuntuk hunian mereka.

Desain rumahminimalis sebenarnya mulai ditinggalkan.

Walaupun begitu,Aliran minimalis pada intinya adalahgaya desain yang mengutamakanstruktur fundamental dari sebuahkarya.

Karena IDEA lovers berbicara dalamkonteks desain bangunan, makastruktur fundamental di sini berartibentuk/struktur dasar sebuah rumah.

Penggunaan ornamen yang sifatnyaadalah hiasan dan tidak berkaitanlangsung dengan struktur utamabangunan dikesampingkan.

Tak heranbila gaya minimalis banyak dicirikan olehpermainan garis geometris yang tegas. Salah satunya adalah pemakaian atapdatar yang terbuat dari dak beton.

Minimalis vs Tropis

Baca Juga:Amit-amit Ada Noda Kuning pada Bantal, Tinggal Siapkan Bahan Rumahan Ini, Bantal Kembali Bersih Bak di Laundry

Baca Juga:Belajar dari Desain Dapur Minimalis Milik Acha Septriasa, Kepoin Hunian Milik Artis yang Menikah dengan Insinyur Sukses Ini!

Di sisi lain, Indonesia adalah Negaratropis yang memiliki curah hujan dankelembaban tinggi. Untuk kondisi iklimseperti ini, bentuk atap yang palingcocok bagi rumah-rumah di Indonesiasebenarnya adalah bentuk atap pelana.

Bentuk atap pelana yang miring sangatberguna untuk mengalirkan air sehinggatidak mengakibatkan genangan airdi atap yang bisa menyebabkankebocoran.

Jika kita mengaitkan kondisi iklimini dengan bentuk atap dak beton yangrata, rasanya agak “bertolak belakang”.

Apa pasal? Karena atap dak betonjika tidak didesain dan dibuat dengancermat bisa menyebabkan genangan airyang berpotensi kebocoran.

Akali dengan Pengolahan Fasad

Lantas bagaimana jika IDEA lovers inginmengadopsi desain rumahminimalis di daerah tropis? Kembali kekasus, penjelasan berikut inijuga bisa menjadi solusi jitu untuknya.

Salah satu trik untuk mengadopsi desain rumahminimalis adalah dengan memainkanfasad rumah.

Baca Juga:Bau Apek Tak Hilang Hanya dengan Pewangi, Coba Cuci Handuk dengan Bahan Dapur Ini, Bye-bye Handuk Dekil!

Baca Juga:Pantas Saja Sering Dimiripkan dengan Gaya Modern, Ternyata Desain Rumah Minimalis Miliki Ciri Tersendiri, Begini Bedainnya!

Edha Architects

Fasad rumah minimalis modern dengan paduan material dan bentuk simpel geometris.

Dengan trik pengolahan fasad maka bisadiperoleh rumah bernuansa minimalistanpa harus merenovasi keseluruhanbangunan.

Selain relatif ringan diongkos, bentuk atap pelana yang idealuntuk rumah daerah tropis tetap dapatdipertahankan.

Sekat Ringan

Selesai dengan wajah luar rumah, bagian dalam pun perlu berhias agartampil minimalis. desain rumahminimalis dalam interior biasanya dicirikan olehpemakaian perabot yang berdesainsederhana dan berkesan ringan.

Desain rumahminimalis juga ditandai denganminimnya penggunaan pernak-pernikserta motif. Karenanya gaya ini cocokditerapkan untuk rumah yang luasannyajuga “minimalis”, karena akan memberiefek meluaskan.

Salah satu trik menarik yangbisa dicontek dari rumah ini adalahpenggunaan kain tipis sebagai sekatyang memisahkan ruang tamu danruang makan.

Baca Juga:Selama Ini Eggak Ada yang Tahu, Ternyata Ada Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Lebih Efektif, Tak Perlu Disikat Baju Bersih Bak Beli Baru!

Baca Juga:Terungkap Cara Cegah Kelabang Masuk Rumah, Selalu Siap Sedia Garam dan Cuka, Jangan Lupa Sapu Halaman Depan Rumah!

Archiproducts

Ilustrasi partisi gantung berbahan padat

Sekatberbahan kain memiliki kelebihan, misalnya murah biayapembuatannya, mudah perawatannya (hanya perlu dicuci dua minggu sekali).

Dan yang utama adalah tidak makanbanyak tempat sehingga ruang yangluasannya terbatas tidak terasa semakinsempit.

desain rumahminimalis dalam interior biasanyadicirikan oleh pemakaian perabot yangberdesain sederhana dan berkesan ringan. Perabotpada ruang makan ini biasanya menggunakanmaterial logam, plastik, dan kaca.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya