Jangan Asal Pilih, Berikut Beberapa Tips untuk Memilih Warna Ruang Makan!

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 06:30
Decoist.com

Ilustrasi ruang makan

IDEAonline - Nyatanya, warna bisa memiliki banyak pengaruh terhadap suatu ruang dan penggunanya.

Di ruang makan, warna dapat memengaruhi persepsi kita terhadap makanan yang kita santap dan apa yang kita rasakan saat menghabiskan waktu di sana.

Untuk IDEA Lovers yang bingung seperti apakah seharusnya palet warna ruang makan, yuk simak artikel yang dilansir dari architectureartdesigns.com berikut ini.

Baca Juga: Program Kompor Listrik Batal, Simak Dulu Kelebihan Menggunakan Kompor Gas Tanam yang Jarang Tersorot Media

Gaya dan Warna Dekoratif

Sebelum memilih warna mana yang akan digunakan pada ruang makan, kita harus sudah menentukan gaya dekoratif apa yang akan digunakan pada lingkungan tersebut.

Nuansa earth tone, misalnya, cocok untuk dekorasi bergaya pedesaan atau boho, sedangkan warna netral cocok untuk dekorasi modern.

Gaya dekorasi membuat semua perbedaan dalam pilihan warna, jadi mulailah mengumpulkan referensi dan pahami skema warna yang digunakan.

Psikologi Warna dan Sensasi

Warna juga memberikan pengaruh yang kuat pada sensasi dan emosi.

Kita dapat mengekspresikan hal yang benar-benar berbeda hanya dengan menggunakan warna.

Ingin contoh? Perhatikan bagaimana biru selalu terkait dengan air dan dingin, misalnya, sementara merah selalu dikaitkan dengan matahari dan panas.

Ini bukan kecelakaan. Otak manusia "dilatih" untuk menghubungkan warna dengan berbagai sensasi berbeda.

Karena itu, misalnya, kita bisa merasa lapar di tempat yang didominasi warna-warna hangat, seperti kuning dan merah, daripada di lingkungan yang dihiasi warna-warna dingin.

Namun, itu tidak berarti ruang makan kita harus terlihat seperti waralaba makanan cepat saji yang didominasi warna hangat.

Hanya saja kita perlu memahami sensasi yang ditimbulkan oleh warna dan menggunakannya secara seimbang.

Untuk ini, ingatlah bahwa ruang makan adalah lingkungan sosial dan, karenanya, perlu terasa reseptif dan nyaman.

Dalam hal ini, kita harus mencari komposisi yang mampu menciptakan suasana ini.

Baca Juga: 'Alhamdulilah' Enggak Jadi Beralih ke Kompor Listrik, Simak Cara Rawat Kompor Gas yang Benar, Bikin Makin Awet

Persepsi Ruang

Tips lain yang sangat penting untuk membantu kita memilih warna untuk ruang makan adalah persepsi ruang.

Warna juga bagus untuk menambah, mengurangi, mengecilkan, atau menambah kedalaman lingkungan.

Jika ruang makan kita kecil, idenya adalah menggunakan warna-warna terang untuk menciptakan rasa lapang.

Namun jika niat kita, misalnya, untuk menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi, cobalah mengecat dinding dan langit-langit dengan warna yang lebih gelap, dengan hanya mengecat dinding belakang dengan warna terang.

Jika ruang makan kita sangat besar, kita dapat membuatnya lebih nyaman dan intim dengan menggunakan efek visual untuk mempersempitnya.

Untuk melakukan ini, cukup cat dinding samping dengan warna yang lebih gelap daripada dinding belakang dan langit-langit.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti