Nyesel Baru Tau Sekarang, Simak Cara Mendapatkan Pengobatan Penyakit Paru-paru Gratis dengan BPJS

Senin, 17 Oktober 2022 | 13:36

Cara mendapatkan pengobatan penyakit paru-paru gratis dengan BPJS Kesehatan.

IDEAonline - Mau tau informasi tentang cara mendapatkan pengobatan penyakit paru-paru gratis? Simak di sini.

Paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Tepatnya merupakan organ respirasi (pernapasan) yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi (peredaran darah).

Fungsi utama dari organ ini adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Jika paru-paru terganggu fungsinya, maka kesehatan tubuh manusia bisa terpengaruh secara keseluruhan.

Paru-paru merupakan organ yang jumlahnya sepasang, kanan dan kiri. Namun, masing-masingnya punya ciri yang berbeda. Salah satunya adalah soal bobot atau berat.

Sebab beragam penyakitparu-paru rentan dialami siapa saja,jadi penting untuk mengetahui lebih awal cara mendapatkan pengobatan penyakit paru-paru gratis dengan BPJS.

Jadi simak berikut inisyarat dan cara mendapatkan pengobatan penyakit paru-paru gratis dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga:Dikasih Tips oleh Ahli Feng Shui, JANGAN Lagi Gunakan Meja Makan Bentuk Persegi Lebih Baik Bentuk Bulat, Kenapa?

Baca Juga:Untung Punya Tetangga Ahli Feng Shui, Simak 7 Cara Letakkan Tong Sampah di Rumah, Hati-hati Malah Bikin Melarat Keuangan

Cara Mendapatkan Pengobatan Penyakit Paru-paru Gratis dengan BPJS

Terdapat banyak sekali penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru. Jenis penyakit paru-paru ini bisa memengaruhi saluran udara, jaringan paru-paru, atau sirkulasi darah masuk dan keluar paru-paru.

Meskipun memiliki gejala yang serupa seperti batuk dan sesak napas, setiap penyakit bisa memiliki tingkat keparahan gejala yang berbeda dan setiap penyakit paru-paru perlu diantisipasi, terutama yang menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

Pengobatan macam-macam penyakit paru-paru tergantung pada jenis dan penyebabnya. Ada penyakit paru-paru yang bisa sembuh dengan sendirinya, dan ada juga yang harus ditangani secara medis, mulai dari pemberian obat-obatan hingga operasi.

Jika mengalami keluhan pada paru-paru, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter spesialis paru guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Tanpa khawatir dengan biaya, bagi orang yang terindikasi penyakit paru-paru yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan maka dapat memperoleh perawatan dan penanganan dokter spesialis paru secara gratis.

Penyakit paru-paruyang termasuk dalam daftar penyakit ditanggung BPJS Kesehatanantara lain asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), bronkitis, tuberkulosis, pneumonia, dan lainnya.

Melalui program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, penderitapenyakit paru-paru bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar, meliputi puskesmas, klinik pratama, atau dokter praktik perorangan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Apabila menurut dokter perlu langkah berikutnya, akan dirujuk ke faskes rujukan tingkat lanjutan (rumah sakit).

Baca Juga:Bingung Tetangga Tidak Pernah Buang Ampas Kopi, Siapa Sangka Bisa Bermanfaat untuk Usir Hewan Satu Ini!

Baca Juga:Seluas 68 Meter, Ternyata Desain Rumah Minimalis Ini Tak Perlu Lagi Partisi Untuk Ruang Keluarga hingga Dapur

Bentuk perawatanpenyakit paru yangdapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan termasuk pemeriksaan awal dan lanjutan, biaya obat,biaya rumah sakit jika rawat inap, hingga kontrol rutin.

Biaya itu semua dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan asal memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku seperti berikut ini.

Syarat dan Prosedur Mendapatkan PengobatanPenyakit Paru-paru Gratis dengan BPJS

Adapun prosedur pelayanan berobat secara gratis dengan BPJS Kesehatan memiliki prosedur yang sama, yaitu melalui sistem rujukan berjenjang.

Namun ini dibedakan ketika pasien dalam kondisi darurat dan harus langsung masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Syarat utama agar bisa berobat gratis dengan BPJS adalah dengan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan aktif sebagai bukti kepesertaan. Kartu tersebut tak harus fisik, tapi bisa juga versi digital dengan mengunduh di aplikasi Mobile JKN di ponsel.

Dikutip dari laman resmi Portal Indonesia viaKompas.com, berikut prosedur berobat dengan kartu BPJS Kesehatan:

Kondisi berobat umum melalui faskes tingkat pertama

1. Datang ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama (puskesmas, klinik pratama, atau dokter praktik perorangan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan) yang sesuai dengan pada kartu BPJS Kesehatan.

2. Pasien diperiksa di faskes tingkat pertama. Apabila menurut dokter perlu langkah berikutnya, akan dirujuk ke faskes rujukan tingkat lanjutan (rumah sakit).

3. Di rumah sakit, pasien harus kembali menunjukkan kartu BPJS Kesehatan.

4. Pasien bisa saja mendapatkan pelayanan rawat jalan dan/atau rawat inap di RS jika dirujuk oleh dokter yang memeriksa.

5. Ada tiga kelas dalam kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional, maka kelas saat rawat inap disesuaikan. Jika tak dapat menunjukkan nomor kepesertaan, pasien dirawat dengan tarif pasien umum.

6. Dokter bisa saja memberikan surat rujuk balik, sehingga pelayanan kesehatan kembali ke faskes tingkat pertama.

7. Jika dokter di RS tak memberikan surat keterangan kontrol, pemeriksaan selanjutnya kembali ke faskes tingkat pertama.

Kondisi darurat

1. Pasien bisa langsung ke IGD di rumah sakit dalam kondisi darurat.

Baca Juga:Bingung Tetangga Tidak Pernah Buang Ampas Kopi, Siapa Sangka Bisa Bermanfaat untuk Usir Hewan Satu Ini!

Baca Juga:Seluas 68 Meter, Ternyata Desain Rumah Minimalis Ini Tak Perlu Lagi Partisi Untuk Ruang Keluarga hingga Dapur

2. Pasien (atau yang mendampingi) harus menunjukkan kartu BPJS Kesehatan berupa fisik atau digital di aplikasi Mobile JKN. Jika tidak, akan dimasukkan ke tarif pasien umum.

3. Pasien bisa mendapatkan pelayanan rawat jalan dan/atau rawat inap sesuai indikasi kesehatan.

Kebiasaan yang Menyebabkan Penyakit Paru-paru

Penyakit paru-paru bisa muncul oleh sejumlah kebiasaan yang bertahan dalam jangka waktu lama.

Kebiasaan IDEA lovers yang membahayakan kesehatan paru-paru sebagian mungkin Anda sadari, sebagian lainnya tidak Anda sadari.

Beberapa kebiasaan yang mungkin sudah umum diketahui banyak orang dapat menyababkan penyakit paru-paru adalah merokok dan terpapar polusi.

Mengutip Eat This, kebiasaan makan dan minum yang tidak terkendali hingga menyebabkan obesitas itu sebenarnya juga bisa menyebabkan penyakit paru-paru.

Selain itu, kebiasaan stres IDEA lovers juga dapat menjadi penyebab lain dari penyakit paru-paru.

Mengetahui kebiasaan yang menyebabkan penyakit paru-paru penting untuk dapat mencegah masalah kesehatan lebih jauh.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya