Sudah Kenal Gaya Minimalis, Sekarang Kenalan sama Gaya Maksimalis Yuk!

Kamis, 27 Oktober 2022 | 07:30
Apartment Therapy

Sudah Kenal Gaya Minimalis, Sekarang Kenalan sama Gaya Maksimalis Yuk!

IDEAonline - IDEA Lovers pasti sudah familiar dengan tren desain minimalisme, ‘kan?

Namun, apakah IDEA Lovers tahu bahwa ada pula gaya desain yang disebut maksimalisme?

Sesuai namanya, maksimalisme adalah tren desain yang menentang minimalisme.

Apabila desain minimalis cenderung sederhana, kalem dan terkendali, sebaliknya, desain maksimalis cenderung berani, megah, eklektik, dan tanpa hambatan.

Jika IDEA Lovers ingin mencoba mendekorasi rumah dengan gaya maksimalis, cobalah mengambil langkah-langkah yang dilansir dari architectureartdesigns.com berikut ini.

Baca Juga: Terbongkar Cara Ciptakan Desain Dapur Minimalis yang Fungsional, Mudah! Begini Caranya

Rencanakan Skema Warna

Gaya maksimalis cenderung menolak dinding putih polos demi palet yang lebih berwarna.

Mereka berani dengan penggunaan warna mereka. Untuk menciptakan ruangan dengan gaya maksimalis, kita bisa mulai dengan merencanakan skema warna untuk dikerjakan.

Jika tidak yakin bagaimana caranya memilih warna yang tepat, kita dapat menggunakan trik desainer interior yang terbukti benar, terapkan aturan 60-30-10.

Untuk mencapai ini, kita akan memilih warna yang cukup lembut untuk digunakan pada sekitar 60 persen permukaan di ruangan yang didekorasi.

Kemudian gunakan warna sekunder yang lebih cerah untuk mendekorasi sekitar 30 persen permukaan.

Sisa 10 persen dari permukaan ruangan dapat dilengkapi dengan menggunakan warna aksen yang lebih cerah, lebih berani, dan menarik.

Tentu saja, kita tidak harus mengikuti aturan ini dengan tepat, tetapi menggunakannya sebagai pedoman dapat membantu menjaga ruangan terlihat kohesif dan terencana dengan baik.

Baca Juga: Berikut Hal-Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Mengubah Suasana Dapur, Jangan Kaget Melihat Perubahan Besar di Dapur Anda!

Pilih Material Lantai dan Karpet

Lantai IDEA Lovers mungkin sudah permanen, tetapi kita mungkin dapat mengubah warna atau finishingnya.

Apakah IDEA Lovers dapat membuat perubahan pada lantai atau tidak, mudah untuk menyesuaikan ruang dengan karpet area yang unik.

Karpet menawarkan kesempatan untuk menambahkan pola, warna, dan tekstur yang semarak ke dalam ruangan.

Jika IDEA Lovers akan mendekorasi dengan permadani, sebaiknya pilihlah modelnya terlebih dahulu sebelum membeli perabotan lainnya.

Pertimbangkan Dindingnya

Maksimalisme memanfaatkan ruang dinding dalam berbagai cara.

Beberapa mengecat dinding dan memangkasnya dengan warna-warna cerah.

Lainnya menggantung wallpaper.

Para maksimalis juga biasa menghiasi dinding mereka dengan cermin, karya seni, atau unit rak yang diisi dengan benda-benda dekoratif.

Jika IDEA Lovers akan mengecat dinding, ada baiknya untuk memilih warna cat terakhir. Dengan banyaknya variasi warna cat yang tersedia, akan lebih mudah untuk mencocokkan warna cat dengan perabotan daripada mencocokkan perabotan dengan warna cat.

Baca Juga: Jutaan Orang Engga Tahu, Ternyata Ada Deretan Furnitur Pintar yang Bikin Ruang Tamu Makin Nyaman, Fungsinya Edannn!

Pilih Furnitur yang Nyaman

Furnitur minimalis biasanya dipilih karena garisnya yang bersih dan tidak rumit.

Salah satu kesalahan dekorasi yang terkadang dilakukan orang-orang adalah mengkhawatirkan tampilan furnitur tetapi mengabaikan tingkat kenyamanan atau kekurangannya.

Bagi kaum maksimalis, furnitur mewah adalah prioritas utama; dan makin nyaman, makin baik.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya