Biasanya Cuma Buat Masakan, Ternyata Micin Bisa Bikin Tanaman di Rumah Makin Subur, Belum Coba?

Selasa, 01 November 2022 | 14:04
Freepik.com/tontoey2531

Biasanya Cuma Buat Masakan, Ternyata Micin Bisa Bikin Tanaman di Rumah Makin Subur, Belum Coba?

IDEAonline-Monosodium Glutamat (MSG) atau lazim disebut micin atau vetsin dikenal sebagai bahan pelengkap masakan.

Asam glutamat berfungsi sebagai neurotransmitter di otak, yang berfungsi merangsang sel-sel saraf untuk menyampaikan sinyalnya.

Beberapa orang mengklaim bahwa MSG menyebabkan glutamat yang berlebihan di otak dan stimulasi sel-sel saraf yang berlebihan. Peningkatan aktivitas glutamat di otak memang dapat menyebabkan kerusakan.

Baca Juga:Hati-hati Risiko Kanker Kulit Hingga Penuaan Dini, Ini Cara Efektif Hindari Terpaan Sinar Matahari Secara Langsung, Enggak Takut Gerah Pas di Rumah

Baca Juga:Pantas Makin Hari Makin Harmonis Sama Suami, Ternyata Cuma Ganti Model Lemari di Rumah, Jangan Lagi Pakai yang Seperti Ini!

Namun, hal itu bisa trjadi jika kita mengonsumsi MSG dalam jumlah yang terlalu besar. Penelitian juga membuktikan konsumsi MSG dalam jumlah besar bisa meningkatkan kadar darah sebesar 556 persen.

Selain itu, riset 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition juga menemukan, individu yang mengonsumsi MSG dalam jumlah tinggi lebih rentan terhadap obesitas.

Namun, dibalik efek samping yang ditimbulkan justru micin bisa sangat bermanfaat untuk tanaman IDEA lovers.

Micin Bisa Buat Tanaman Makin Subur

Dilansirkompas.com,Pernah ramaipada Mei 2018, akun Instagram milik Apria, @apria_wi, mengunggah sebuah video yang menyebutkan bahwa air larutan vetsin (MSG) dapat menyuburkan tanaman.

Banyak yang berkomentar tentang video ini.

“Baru 2 minggu nyiram pake larutan micin, suerrr deh itu bunga langsung say hello ke aku. Apalagi di video terakhir itu tanaman udh tinggal 5 cm doank daunnya yang tersisa, mau mati, emejing jadi subur segar bugar begitu,” tulis Apri di unggahannya.

Tidak sulit untuk membuat larutan tersebut, cukup sediakan air dan bubuk vetsin yang akan digunakan.

Apri menggunakan seperempat bungkus bubuk vetsin kemasan 250 gram pada setengah ember air berukuran sedang, kemudian diaduk hingga kristal MSG terlarut.

“Micin awal-awal jangan terlalu banyak, biar tanaman gak kaget,” tulisnya dalam video kedua yang diunggah.

Pada keterangan unggahan itu, Apri juga menyarankan untuk tidak terlalu sering menyiramkan larutan vetsin padatanaman.

Baca Juga:Hati-hati Risiko Kanker Kulit Hingga Penuaan Dini, Ini Cara Efektif Hindari Terpaan Sinar Matahari Secara Langsung, Enggak Takut Gerah Pas di Rumah

Baca Juga:Pantas Makin Hari Makin Harmonis Sama Suami, Ternyata Cuma Ganti Model Lemari di Rumah, Jangan Lagi Pakai yang Seperti Ini!

Screenshoot Instagram @apria_wi via Kompas.com

Larutan micin untuk tanaman

Atas informasi yang ia sampaikan, banyak netizen yang memberikankomentar di unggahan tersebut, sebagian dari mereka membenarkan apa yang disampaikan oleh Apri.

Tanaman Anggrek saya berbunga terus dan daun-daunnya lebat banget karena saya kasih micin, 1 minggu 2 kali aja,” tulis akun @shaqueenaalthea.

Namun, benargak sih larutan micin bisa menyuburkan tanaman?

Nah ternyata ada seorang ahli yang membeberkan faktanya, lho!

Fakta Soal Larutan Micin untuk Tanaman

Dikutip dari Kompas.com, mengonfirmasi mengenai kebenaran larutan micin bisa menyuburkan tanaman kepada Ahli Kimia Tanah dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Dr. Ir. Eko Hanudin, MP. Eko membenarkannya.

“Iya terutama untuk tanaman pangan dan sayur-sayuran,” ujar Eko kepada Kompas.com, Senin (9/7/2018).

Baca Juga:Nyesel Banget Baru Tahu, Karpet Jenis Ini Ternyata Tahan Api dan Awet, Simak Biar Rumah Makin Rapi dengan Karpet

Baca Juga:Desain Dapur Minimalis Berbahan Stainless Steel, Cara Bergaya Mewah tapi Anti Noda plus Anti Penyok

Menurut Eko, kandungan di dalam MSG bisa berperan banyak dalam menyuburkan tanaman.

"(MSG) Mengandung hara Fe, S, Ca, Mg, Mo, Na, P, K dan N," kata dia.

Micin, Serbuk Penuh Kontroversi Dalam ilmu pengetahuan, air larutan MSG disebut sebagai Monosodium Glutamate Wastewater (MSGW).

Banyak jurnal penelitian yang menjelaskan tentang manfaat MSGW, salah satunya berjudul "Impacts of Monosodium Glutamate Industrial Wastewater on Plant Growth and Soil Characteristics" dari Yenepoya Research Center, Yenepoya University, India.

MSGW dapat digunakan sebagai sumber nutrisi pada tanaman karena merupakan air limbah organik yang kaya akan kandungan nutrisi.

Larutan ini dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan penggunaan yang moderat atau tidak berlebihan.

MSGW mengandung nitrogen (N), karbon organic (organic C), zat padat, dan kandungan mineral lain.

Kandungan-kandungan itu membantu menyuburkan tanah sebagai tempat tanaman hidup.

Menyiramkan MSGW pada tanaman dapat meningkatkan aktivitas mikroba tanah dan memperbaiki proses pernafasan tanah itu sendiri.

Hal itu yang kemudian berpengaruh pada kesuburan tanaman yang ditanam pada tanah yang disiram MSGW.

Selamat mencoba IDEA lovers!

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya