Dijamin Mropol! Begini Cara Merebus Daging Agar 'Selembut Tahu' dalam Waktu 12 Menit, Rahasia dari Chef Hotel

Selasa, 15 November 2022 | 07:00

Cara merebus daging sapi agar empuk tanpa panci presto dalam waktu 12 menit.

IDEAonline -Ada banyak bagian dari tubuh sapi yang dimanfaatkan sebagai menu sajian makanan, mulai sirlon maupun tenderloin.

Jika IDEA lovers pernah mengonsumsi steak daging mungkin sudah tak asing dengan kedua menu tersebut.

Padahal, ada alasan mengapa daging sapi menjadi bagian penting dari makanan sehari-hari. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi ada juga manfaat daging untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan nutrisi penting.

Australian Dietary Guidelines merekomendasikan makan daging merah seperti daging sapi, domba, dan kambing dapat memberikan asupan protein, zat besi, dan zink pada tubuh.

Demikian pula, Cancer Council Australia mengakui bahwa daging merah tanpa lemak merupakan sumber penting zat besi, zink, vitamin B12, dan protein.

Lembaga ini merekomendasikan orang untuk mengonsumsi daging merah matang dalam jumlah sedang yaitu 65 - 100 gram sebanyak 3 atau 4 kali dalam seminggu.

Selama ini beberapa orang mengandalkan menggunakan panci presto yang bisa cepat dalam mengempukkan daging.

Baca Juga:Pantas Saja Beli Rumah Baru, Lantainya pada Bocor Semua, Ternyata 6 Hal Ini yang Harus Diketahui Sebelum Merenovasi Kembali

Baca Juga:Catat! Cara Mencegah Pipa Saluran Bocor di Rumah, Dinding Rembes Berbulan-bulan Tak Perlu Khawatir Lagi

Tapi sebenarnya ada cara lebih mudah untuk mengempukkan daging sapi.

Penasaran bagaimana caranya?

Cara Mengempukkan DagingTanpa Panci Presto

Merebus daging dalam jumlah banyak bisa membuat penggunaan gas kompor jadi lebih boros daripada biasanya.

Ada satu solusi yang bisa IDEA lovers coba untuk merebus daging dengan lebih efisien dan efektif yakni metode memasak 5-30-7.

Angka 5-30-7 menit ini artinya Anda memasak daging selama 5 menit dan matikan api kompor lalu tutup panci dengan rapat.

Biarkan daging selama kurang lebih 30 menit di dalam panci. Kemudian, masak daging lagi selama 7 menit.

Jadi secara total, proses perebusan daging di atas kompor hanya selama 12 menit.

“Ini adalah teknik memasak yang sangat efisien dalam menghemat biaya terutama kompor gas yang digunakan,” kata Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo pada Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Prasetyo, pada dasarnya ini merupakan teknik blanching.

Baca Juga:Pantas Saja! Tak Perlu Lagi Simpan Mentega dan Selai Kacang di Dalam Kulkas, Begini yang Benar..

Baca Juga:Lebih Termotivasi, Produktif dan Terhubung, Wework Luncurkan Platform Wework Workplace

Blanching adalah proses memasak di mana makanan dimasukkan ke dalam air mendidih dalam waktu yang sebentar.

Untuk melakukan metode 5-30-7 ini, pertama IDEA lovers harus mempersiapkan panci yang diisi air.

Setelah itu, didihkan air sampai benar-benar mendidih. Lalu masukkan daging yang akan dimasak ke dalam panci berisi air mendidih tersebut.

Kemudian masak daging selama 5 menit. Setelah 5 menit, matikan api kompor lalu tutup panci dengan rapat. Biarkan daging selama kurang lebih 30 menit di dalam panci.

“Kemudian dimasak lagi selama 7 menit. Itu (panci) harus selalu tertutup rapat agar sirkulasi uap panas tidak keluar dari panci dan membuat daging menjadi empuk,” terang Prasetyo.

Proses pemasakan daging terus berlangsung selama 30 menit api kompor dimatikan berkat uap air yang terperangkap di dalam panci.

Maka dari itu, panci dipastikan harus selalu tertutup rapat dan tidak sering dibuka-tutup.

Ada baiknya juga menggunakan panci dengan bahan tebal dan tutup yang berat untuk hasil daging lebih empuk untuk metode 5-30-7.

Tips Mengolah Daging Sapi Agar Tidak Bau

Cara agar daging sapi cepat empuk dan tidak bau adalah dengan memperhatikan kebersihannya terlebih dahulu.

Namun, perlu diperhatikan daging sapi tidak dianjurkan dibersihkan menggunakan air mengalir dari keran karena justru bisa menimbulkan aroma amis dan akan ada bakteri yang menempel.

Baca Juga:Pantas Saja Beli Rumah Baru, Lantainya pada Bocor Semua, Ternyata 6 Hal Ini yang Harus Diketahui Sebelum Merenovasi Kembali

Baca Juga:Catat! Cara Mencegah Pipa Saluran Bocor di Rumah, Dinding Rembes Berbulan-bulan Tak Perlu Khawatir Lagi

Saat membersihkan daging sapi disarankan untuk membersihkannya dengan tepuk-tepuk menggunakan tisu khusus makanan atau lap bersih.

Jika ingin semakin bersih dan membuat daging empuk dan aroma bau berkurang, bisa diberikan perasan jeruk lalu merebusnya di air mendidih sebanyak dua sampai tiga kali.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi sisa-sia kotoran atau darah yang menempel sehingga daging akan mudah menjadi empuk dan tidak bau.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya