Paling Pantang Kalau Lantai Masih Bau Amis, Coba Pakai Air Lemon Dicampur Garam Saat Mengepel, Lantai Kinclong Tanpa Cairan Pembersih!

Kamis, 10 November 2022 | 09:55
instructables.com

Paling Pantang Kalau Lantai Masih Bau Amis, Coba Pakai Air Lemon Dicampur Garam Saat Mengepel, Lantai Kinclong Tanpa Cairan Pembersih!

IDEAonline -Ketika lantai di rumahmu terlihat kotor dan terasa lengket, sudah waktunya bagi IDEA lovers untuk mengepel.

Namun, agar proses membersihkan lantai menjadi efektif, mengetahui cara mengepel lantai dengan benar adalah kuncinya.

Nah, ternyata rahasia lantai kinclong bersih bukan melulu adalah cairan pembersih, lo.

Soalnya, ada bahan alami di sekitar kita yang bisa banget digunakan untuk membersihkan lantai.

Dua bahan itu adalah lemon dan garam.

Ya, campurkan keduanya ke dalam seember air dan gunakan untuk mengepel.

Dijamin, perubahan ini akan langsung terasa pada lantai rumah IDEA lovers.

Baca Juga:Persis Banget Dekorasi Sultan, Ini Inspirasi Furnitur Corak Emas dan Aksesori Senada yang Bisa Banget Diaplikasiin di Rumah

Baca Juga:Jangan Pakai Pelembut Kain, Cara Cuci Sport Bra Biar Enggak Gampang Melar Ternyata Begini, Cobain Deh!

Tips Mengepel Lantai dengan Lemon dan Garam

Ada berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan atau mengepel lantai.

Bahkan, permaslahaan saat IDEA lovers mengepel lantai seperti bau amis hingga lantai licin seperti berminyak bisa selesai.

Salah satu caranya ternyata memakai lemon dan garam.

Dengan menggunakan buah lemon, maka bisa membuat lantai bebas dari kuman, karena kandungan asamnya.Untuk menggunakan dua campuran ini, caranya cukup mudah, kok.

https://www.thespruce.com/easy-homemade-mopping-solutions-1901119
thespruce.com

tips mengepel lantai

Cukup larutkan air perasan lemon, garam, dan air, kemudian celupkan lap pel ke dalam larutan ini, lalu gunakan untuk membersihkan lantai.O iya, campuran ini paling baik digunakan untuk membersihkan lantai dari marmer.Namun, jika IDEA loverstidak memiliki lemon, beberapa bahan dapur berikut ini juga bisa IDEA lovers coba unntuk mengepel lantai tanpa pembersih lantai.1. Baking sodaSelain untuk memasak, baking soda juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai.Ada dua manfaat yang bisa didapatkan dari membersihkan lantai menggunakan baking soda, yaitu menghilangkan bau dan membersihkan kerak pada lantai.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan menaburkan baking soda pada bagian lantai yang berkerak atau berbau, lalu gosok dan lap lantai.2. Kulit jeruk dan cuka putih

Kulit jeruk yang biasanya dibuang ternyata bisa digunakan untuk membersihkan lantai, nih.Kulit jeruk dan cuka putih adalah campuran bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengepel rumah.Caranya adalah dengan mencampurkan segenggam kulit jeruk, seperempat cangkir cuka putih, dan air secukupnya, lalu gunakan untuk mengepel lantai.Campuran bahan-bahan ini akan membuat ruman berbau segar.

3. CukaKalau lantai rumah teman-teman terbuat dari kayu, maka cuka adalah bahan alami yang dapat dipakai untuk mengepel lantainya.

Baca Juga:Persis Banget Dekorasi Sultan, Ini Inspirasi Furnitur Corak Emas dan Aksesori Senada yang Bisa Banget Diaplikasiin di Rumah

Baca Juga:Jangan Pakai Pelembut Kain, Cara Cuci Sport Bra Biar Enggak Gampang Melar Ternyata Begini, Cobain Deh!

Pada lantai berbahan kayu, cuka berfungsi untuk membuat lantai menjadi lebih berkilau dan menghilangkan kusam.Selain pada lantai kayu, cuka juga bisa digunakan untuk mengepel lantai keramik.Fungsinya adalah untuk menghilangkan kerak dan jamur.Untuk menggunakan cuka saat mengepel, cukup menuangkan cuka pada lantai, lalu mengepelnya menggunakan kain.

Kalau cuka meninggalkan bau pada lantai, IDEA lovers bisa melanjutkan mengepel lantai menggunakan air bersih.

Selain penggunaan bahan alami di atas, IDEA lovers juga bisa memanfaatkan sabun cuci piring lho jika tidak ada pembersih lantai.

Cara Supaya Keramik Jadi MengkilapLantai keramik rumah awalnya selalu mengkilap, namun karena perawatan yang kurang tepat lantai keramik ini bisa berubah jadi kusam.

Lantai akan berkurang kilaunya karena tertutup tumpukan debu dan kotoran.Lantai keramik yang kusam sudah barang pasti akan mengubah suasana ruang menjadi nampak suram dan kotor.Banyak cara untuk bisa mengembalikan kilau keramik.Namun sayang, beberapa bahan justru membuat permukaan keramik menjadi licin sehingga membahayakan kaki-kaki seluruh anggota keluarga.Bahan pembersih lantai yang bisa bekerja efektif membersihkan debu tanpa membuat lantai menjadi licin tentu saja menguras pundi-pundi.Jadi untuk IDEA lovers yang ingin berhemat namun menginginkan suasana rumah yang nyaman dan berkilau, cobalah melirik bahan-bahan alami yang bisa digunakan mengkilapkan lantai rumah.Melansir dari Hunker, berikut ini bahan alami yang bisa digunakan membersihkan lantai keramik rumah:1. Cuka putih

Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.Cuka putih bisa sangat efektif digunakan membersihkan kotoran yang melekat pada lantai rumah.Caranya campurkan cuka dan air bersih dengan perbandingan 1:1 di sebuah ember cukup besar.

Aduk hingga larutan cuka larut dengan air.Cuka yang tak larut bisa merusak lapisan semen yang menghubungkan lantai keramik.Setelah semua tercampur rata, gunakan larutan tersebut untuk mengepel seluruh lantai rumah.Cuka bisa membersihkan sekaligus menghilangkan bau tak sedap yang menempel di lantai keramik rumah Anda.

Baca Juga:Dikasih Tau Desainer Interior, Kunci Ruang Tamu Minimalis Makin Estetik dan Luas Ternyata Ini Dia!

Baca Juga:Mau Nangis Bau Badan Enggak Hilang-hilang, Ternyata Modal Bahan Rumahan Ini Bau Tak Sedap dari Ketiak Enyah Selamanya!2. Baking sodaBaking soda juga bisa membersihkan kotoran yang menempel di lantai serta mengembalikan warna alami keramik lantai.Campurkan baking soda dengan air hangat sehingga terbentuk pasta yang agak kental.Celupkan sikat gigi yang sudah tak terpakai ke dalam pasta, dan gunakan sikat untuk membersihkan lantai keramik yang kotor atau kusam.

Baca Juga:Begini Cara Bersihkan Lantai Kamar Mandi yang Bernoda Kuning Cuma Pakai Cuka, Sekali Coba Bisa Langsung Kinclong

Biarkan pasta menempel selama 10 menit, baru bersihkan lantai dengan air hangat.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya